Ini 9 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2023

“Daun sembung atau Blumea balsamifera adalah tanaman herbal yang banyak mengandung flavonoid. Tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari pemulihan luka, mengatasi infeksi jamur, hingga mengatasi gangguan kesuburan.”

Ini 9 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan yang Jarang DiketahuiIni 9 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai jenis tanaman herbal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Salah satunya adalah daun sembung dan daun sambong.

Daun sembung yang memiliki nama latin Blumea balsamifera ini terkenal dengan manfaatnya untuk membantu mengatasi diare, mengobati demam, hingga menurunkan nyeri haid.

Mau tahu apa saja manfaat daun sembung untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Berbagai Manfaat Daun Sembung

Daun sembung merupakan tanaman herbal yang cukup terkenal di negara Filipina. Namun, bukan hanya negara tersebut, tanaman herbal ini juga banyak terkenal pada kawasan Asia lainnya, seperti Indonesia, China, Bhutan, Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Kamu juga perlu tahu berbagai tanaman obat yang sebaiknya ada di rumah melalui artikel “Ini 13 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah”.

Kandungan minyak atsiri pada daun sembung membuat tanaman ini sangat baik untuk dijadikan obat herbal. Selain itu, ada berbagai kandungan antioksidan flavonoid, seperti blumeatin, quercetin, rhamnetin, tamarixetin, dan luteolin. 

Lalu, apa saja manfaat daun sembung untuk kesehatan tubuh?

1. Membantu pemulihan luka

Kamu bisa mencoba menggunakan tanaman herbal, seperti daun sembung untuk mengatasi luka karena kandungan antiperadangan di dalamnya. 

Cobalah mengonsumsi obat-obatan yang mengandung daun sembung, atau menikmati secangkir teh daun sembung untuk merasakan manfaat ini. Namun, jika luka tidak membaik, segera kunjungi rumah sakit untuk mencegah perburukan kondisi luka.

2. Mengatasi infeksi jamur pada kulit

Infeksi jamur dapat terjadi akibat paparan jamur pada kulit yang memicu infeksi. Penyakit ini juga menjadi salah satu penyakit menular sehingga perlu segera diatasi dengan baik.

Nah, daun sembung terkenal dapat membantu mengatasi infeksi jamur. 

Menurut studi dalam Digital Chinese Medicine dengan judul Recommended Medicinal Plants as Source of Natural Products: A Review, daun sembung menjadi salah satu rekomendasi obat herbal karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri di dalamnya.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi teh daun sembung bersamaan dengan pengobatan medis lainnya untuk mengatasi keluhan ini.

3. Mengatasi diare

Daun sembung memiliki sifat antibakteri di dalamnya sehingga mampu mengatasi diare. Kondisi diare terjadi dengan peningkatan frekuensi buang air besar, perubahan bentuk feses yang lebih cair, dan tubuh menjadi lebih lemas.

Kondisi ini umumnya terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada saluran pencernaan. Dengan begitu, mengonsumsi obat-obatan herbal yang mengandung daun sembung bisa membuat bakteri dalam saluran pencernaan berkurang karena sifat antibakteri dalam obat herbal ini.

Cari tahu juga berbagai obat diare alami lainnya melalui artikel “Ini Obat Diare Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah”.

4. Mencegah perkembangan sel kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit ini dapat berkembang sehingga menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan tubuh.

Kandungan flavonoid dalam daun herbal ini dapat membantu menghambat perkembangan sel-sel kanker. Flavonoid mencegah pertumbuhan kanker melalui kemampuan dalam meregulasi beberapa protein kinase yang berperan dalam patogenitas sel kanker.

Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan khasiat daun sembung terhadap kanker.

5. Mengatasi penyakit lambung

Ada berbagai cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Seperti mengelola jumlah makanan, mengatur pola makan, hingga mengonsumsi berbagai obat herbal, salah satunya daun sembung.

Sifat antiinflamasi pada daun sembung bisa menurunkan gejala yang berlangsung. Caranya, kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun sembung saat pagi hari.

Mau tahu obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit asam lambung? Baca di artikel ini: “Ini 7 Pilihan Obat Diare yang Ampuh untuk Orang Dewasa”.

6. Mengoptimalkan kesehatan otak

Kandungan terbesar dalam daun sembung adalah flavonoid. Mencukupi kebutuhan flavonoid dalam tubuh dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan kesehatan otak.

Kamu bisa mengonsumsi obat-obatan herbal yang mengandung daun herbal ini atau mengonsumsi tehnya untuk mendapatkan asupan flavonoid dalam tubuh.

7. Mencegah batu ginjal

Mengonsumsi obat herbal dengan kandungan daun sembung dapat membuat batu ginjal menjadi lebih kecil. Hal ini berkat kandungan flavonoid yang dapat mencegah penumpukan kristal kalsium oksalat yang memicu batu ginjal.

Cari tahu juga berbagai obat alami lainnya untuk batu ginjal melalui artikel “4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Batu Ginjal”.

8. Mengatasi flu

Antibakteri dalam tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk mengatasi perkembangan virus dalam tubuh yang memicu penyakit flu. Kamu bisa menikmatinya dalam bentuk teh atau rebusan air daun sembung.

9. Mengatasi gangguan kesuburan

Daun herbal ini mengandung flavonoid di dalamnya. Memenuhi kebutuhan flavonoid dalam tubuh nyatanya mampu mengatasi gangguan kesuburan. Misalnya pada pria, flavonoid mampu meningkatkan kualitas sperma.

Itulah berbagai manfaat daun sembung bagi kesehatan. Perlu kamu ketahui, tanaman herbal ini memiliki rasa yang unik, seperti pedas, sedikit pahit, dan harum. Pastikan sebelum mengolah daun sembung, kamu mencuci bersih tanaman herbal ini menggunakan air mengalir.

Kamu bisa temukan produk herbal untuk kesehatan yang kamu dan keluarga butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc. Klik gambar di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Pemerintah Kota Medan. Diakses pada 2023. Manfaat Daun Sembung Untuk Obat Tradisional.
Digital Chinese Medicine. Diakses pada 2023. Recommended Medicinal Plants as Source of Natural Products: A Review.
Medical Health Guideline. Diakses pada 2023. Sambong | Blumea balsamifera Herbal Medicine.
Philippine Medical Herb. Diakses pada 2023. Blumea camphor/Sambong.
Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 2023. Mengungkap Potensi Aktivitas Antikanker Senyawa Citrus Flavonoid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan