• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah?

Adakah Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Januari 2022

Gagal ginjal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kronis dan akut. Pada kondisi kronis, pengobatan yang dilakukan adalah cuci darah atau hemodialisis. Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin dan alat yang menggantikan fungsi organ ginjal yang rusak.

Adakah Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah?

Halodoc, Jakarta – Gagal ginjal merupakan penyakit yang terjadi karena ada kerusakan pada organ ginjal. Kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja, sebab ginjal memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Organ ini memiliki peran untuk menyaring limbah sisa metabolisme yang nantinya akan dibuang melalui urine. Pada pengidap penyakit gagal ginjal, fungsi tersebut mengalami gangguan. 

Karena itu, dibutuhkan terapi atau perawatan yang berguna untuk menggantikan fungsi ginjal. Salah satu metode pengobatan yang sering dilakukan adalah cuci darah alias hemodialisis. Prosedur ini dilakukan dengan mesin khusus yang bekerja serupa dengan fungsi ginjal. Lantas, adakah pengobatan yang bisa dilakukan selain cuci darah? Cari tahu jawabannya di artikel ini! 

Pengobatan Gagal Ginjal selain Cuci Darah 

Ginjal memiliki fungsi menyaring limbah sisa metabolisme tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan organ yang satu ini. Saat terjadi gangguan atau penurunan fungsi ginjal, proses pembuangan limbah tidak akan berjalan lancar. Alhasil, limbah akan menumpuk di dalam tubuh sehingga memicu gangguan penyakit. 

Salah satu gangguan fungsi organ ginjal yang bisa terjadi adalah gagal ginjal. Penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gagal ginjal akut dan kronis. Secara umum, kedua kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor yang berbeda. Pada kondisi akut, kerusakan bisa terjadi secara tiba-tiba dan mungkin disebabkan oleh gangguan aliran darah ke ginjal, kerusakan ginjal, atau masalah sumbatan pada urine.

Pada gagal ginjal kronis, kerusakan ginjal biasanya disebabkan oleh penyakit jangka panjang. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh penyakit diabetes dan hipertensi. Cuci darah adalah pengobatan yang dilakukan pada kondisi gagal ginjal kronis. Selain itu, kerusakan parah pada kondisi akut juga harus ditangani dengan prosedur hemodialisis. 

Hemodialisis adalah prosedur untuk penyaringan limbah dan cairan di dalam tubuh yang dilakukan dengan menggunakan mesin khusus. Mesin tersebut akan dilengkapi dengan alat yang berperan sebagai pengganti ginjal. Apakah selain cuci darah ada cara lain untuk menangani kondisi ini? 

Selain cuci darah, pengobatan gagal ginjal yang juga bisa dilakukan adalah CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis). Pada terapi ini, pengidap penyakit ginjal harus memasukkan cairan dialisis ke dalam perut. Cairan ini dimasukkan melalui lubang yang sebelumnya sudah dibuat. Fungsi cairan untuk merangsang pengeluaran limbah melalui urine. 

Selain kedua terapi di atas, pengidap penyakit ini juga bisa menjalani transplantasi ginjal. Prosedur yang satu ini dilakukan dengan mengganti ginjal yang rusak dengan ginjal dari pendonor yang sesuai. Metode pengobatan jenis penyakit ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Selain menjalani pengobatan, menerapkan gaya hidup sehat juga perlu dilakukan agar penyakit gagal ginjal tidak memburuk.  

Pengidap penyakit ini harus membatasi atau menghindari konsumsi makanan yang tinggi garam dan kalium. Sedangkan pada pengidap gagal ginjal kronis, diwajibkan juga untuk membatasi asupan protein dari makanan untuk meringankan kerja ginjal. Selain mengatur pola makan, pengidap penyakit ini juga disarankan untuk rutin berolahraga, sesuai dengan kemampuan tubuh. 

Faktanya, menjalani gaya hidup sehat bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko penyakit memburuk. Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen tambahan yang bisa dibeli di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Kidney Disease.
Healthline. Diakses pada 2022. Acute Kidney Failure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Chronic Kidney Disease.
NHS UK. Diakses pada 2022. Chronic Kidney Disease.