15 December 2017

Agar Maag Tak Lagi Kambuh, Begini Tips Atur Pola Makannya

Agar Maag Tak Lagi Kambuh, Begini Tips Atur Pola Makannya

Halodoc, Jakarta – Maag adalah kondisi di mana lambung mengalami peradangan. Saat maag menyerang, sakit yang biasa muncul umumnya rasa melilit dan perih pada perut. Penyebab maag cukup banyak, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS), hingga stres berkepanjangan.

Penyakit ini cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. 

Saat mengatasi maag, mengonsumsi obat mengandung antasida saja sebenarnya tidak cukup. Ingat, obat maag tidak menyembuhkan secara total. Memulai pola makan sehat dengan menu yang tidak sembarangan akan lebih efektif meredakannya. Sebab jika asupan makananmu sudah tepat, otomatis lambung tidak akan mengalami masalah apapun. Ingin maag tak lagi kambuh? Yuk, atur pola makan untuk pengidap maag dengan cara berikut!

Inilah Menu Makanan Pengidap Maag yang Dianjurkan
Dalam mengatur pola makan untuk pengidap maag, hindari mengonsumsi cokelat, peppermint, kafein, alkohol, makanan berlemak, jus jeruk, tomat dan jus tomat, cabai dan lada hitam, alkohol, serta minuman bersoda. Pastikan kamu hanya memilih makanan yang aman bagi lambung, seperti:

  • Sayuran. Brokoli, asparagus, kacang hijau, seledri, dan kembang kol semua rendah asam dan boleh dikonsumsi.

 

  • Kentang. Salah satu menu pola makan sehat ini sangat serbaguna. Tapi, kentang yang dimaksud adalah kentang rebus ya. Selain itu, sayuran akar lainnya seperti bit dan wortel pun baik untuk dikonsumsi karena tidak mengandung gas yang mengganggu lambungmu.

 

  • Oatmeal. Selain bisa dijadikan pengganti nasi, oatmeal juga rendah gula dan memiliki banyak serat, serta tidak akan menyebabkan refluks asam lambung.

 

  • Roti. Konsumsi roti yang terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses karena dipenuhi dengan serat, vitamin, dan nutrisi lainnya.

 

  • Nasi. Memang sulit makan tanpa nasi, namun jika memungkinkan, gunakan beras merah sebagai alternatifnya.

 

  • Daging dan unggas, atau ikan dan seafood non-lemak. Maag bukan berarti tidak memperbolehkanmu makan daging. Kamu tetap bisa menikmati lezatnya daging-dagingan dengan memilih potongan yang tidak mengandung lemak.

 

  • Putih telur. Penuh protein dan rendah lemak. Sebisa mungkin hindari kuning telur karena dapat menyebabkan gejala.

 

  • Buah. Semua buah baik untuk kesehatan, namun pengidap maag sebaiknya mengurangi buah-buahan tinggi asam seperti lemon, jeruk, atau tomat.

 
Satu lagi, kamu juga perlu untuk mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh untuk membantu tubuh tetap beraktivitas dengan maksimal dan optimal. Usahakan mengonsumsi 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan serta sebelum tidur.

Pengidap Maag Sebaiknya Memasak dengan Cara Ini
Pola makan sehat juga harus didasari dengan cara mamasak yang benar. Ketika kamu memasak makanan tersebut, jangan menggunakan minyak atau lemak. Itu berarti tidak dianjurkan menggoreng makanan. Makanan yang digoreng akan lebih sulit untuk dicerna sepenuhnya, sehingga akan tinggal lebih lama di lambungmu. Sebaliknya, cobalah resep makanan yang dikukus, direbus, dibakar, atau di panggang.

Terakhir agar pola makan untuk pengidap maag ini berhasil, coba kontrol stresmu. Diskusikan pula rencana ini dengan dokter spesialis penyakit dalam lewat  fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat maag jika sewaktu-waktu dibutuhkan secara online di sini, lho dan akan sampai hanya dalam waktu 1 jam. Download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui Google Play dan App Store, demi kesehatan yang lebih terkontrol setiap harinya!

BACA JUGA: Atasi Penyakit Maag Secara Cepat dan Tepat dengan Obat Ini!