• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Otak Tetap Cemerlang, Ingat Konsumsi Ini

Agar Otak Tetap Cemerlang, Ingat Konsumsi Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sebagai pusat kendali tubuh manusia, otak adalah organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Otak bertugas untuk menjaga jantung berdetak, menjaga paru-paru untuk bernapas, memungkinkan tubuh untuk bergerak, merasakan, dan berpikir. Apa pun yang masuk ke dalam tubuh dapat berpengaruh pada tubuh, termasuk jantung. 

Oleh sebab itu, cara untuk menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsinya dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral. Berikut ini makanan yang mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsinya:

Baca Juga: Yakin Otak Kiri Lebih Dominan atau Sebaliknya? Ini Kata Sains

  1. Ikan Berminyak

Dikutip dari Prevention, 60 persen otak manusia terdiri dari lemak. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan asam lemak omega-3 DHA dan EPA untuk mempertahankan kekuatan otak. Ikan berminyak, seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan kembung adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh.

Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak, sehingga struktur sel otak yang disebut neuron dapat diperbaiki. Omega 3 tidak hanya dapat diperoleh melalui ikan berminyak. Kamu bisa memperoleh kandungan ini melalui kacang kedelai, kacang-kacangan, biji rami, dan biji-bijian lainnya.

  1. Cokelat Hitam

Selain punya cita rasa manis dan sedikit pahit, cokelat hitam bermanfaat untuk kesehatan otak, lho! Melansir dari Medical News Today, cokelat hitam mengandung kakao yang terkenal dengan antioksidan yang disebut flavonoid. Antioksidan penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif. Stres oksidatif berkontribusi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak. 

Terkadang, cokelat hitam diolah dengan dicampurkan bersama gula yang cukup banyak. Hindari mengonsumsi cokelat hitam terlalu banyak karena dapat meningkatkan gula darah. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar kandungan cokelat hitam dan makanan lainnya, kamu bisa bertanya ke ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: 5 Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan Otak

  1. Beri-berian

Sebagian besar beri-berian juga mengandung antioksidan flavonoid. Selain flavonoid, beri-berian mengandung antioksidan lain, seperti antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin. Penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine mencatat, senyawa antioksidan di dalam beri memiliki efek positif pada otak, seperti meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan meningkatkan plastisitas.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam beri-berian juga membantu sel-sel otak membentuk koneksi baru serta meningkatkan pembelajaran dan memori dan mengurangi atau menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia dan penurunan kognitif. Contoh beri-berian untuk meningkatkan kesehatan otak, yakni stroberi, blackberry, bluberi, blackcurrant, dan mulberry.

Baca Juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

  1. Sayuran

Selain sebagai sumber serat makanan rendah kalori, sayuran baik untuk otak. Sayuran silang seperti, brokoli, kubis, pakcoy, kembang kol, dan lobak mengandung senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecah ini, glukosinolat menghasilkan isotiosianat. Dikutip dari Medical News Today, isotiosianat dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Selain itu, sayuran silang tersebut juga mengandung vitamin C dan flavonoid. Kedua antioksidan tersebut mampu meningkatkan kesehatan otak. Tidak hanya sayuran silang, sayuran hijau seperti kangkung juga mengandung glukosinolat, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga fungsi otak agar tetap berjalan dengan optimal. Selain itu, seimbangkan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan baik, ya.

Referensi :
Prevention. Diakses pada 2020. Foods for Your Brain.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Neuroprotective effects of berry fruits on neurodegenerative diseases.
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory.
Medical News Today. Diakses pada 2020. 12 foods to boost brain function.