15 August 2018

Agar Tumbuh Cerdas, Terapkan 4 Kebiasaan Ini pada Anak

kebiasaan pada anak

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar orangtua tentunya akan merasa sangat bangga bila melihat anaknya berprestasi. Karena itulah, orangtua biasanya tidak ragu memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak, mulai dari sekolah, gadget terbaru sampai kursus tambahan agar anak semakin pintar dan cerdas. Sebenarnya kecerdasan anak bisa ditingkatkan dengan cara memberikan stimulasi yang tepat. Salah satunya adalah dengan menerapkan 4 kebiasaan berikut pada anak yang bisa membuatnya tumbuh semakin cerdas.

1. Berikan Anak Sarapan Sehat Setiap Hari

Ibu perlu membiasakan Si Kecil untuk menyantap sarapan setiap pagi bila ingin melihatnya tumbuh cerdas. Dengan mengonsumsi sarapan, Si Kecil bisa mendapatkan asupan nutrisi termasuk energi yang diperlukan tubuhnya untuk beraktifitas sepanjang hari. Jadi  ia pun bisa berkonsentrasi dengan lebih baik ketika belajar. Apalagi sarapan juga membantu memenuhi 10-15 persen kebutuhan gizi harian anak. Jadi, selalu siapkan sarapan sehat yang bergizi tinggi ya untuk Si Kecil. Beberapa makanan yang direkomendasikan ahli untuk sarapan anak antara lain, produk olahan susu, gandum, oat, kacang-kacangan, selai kacang, kuning telur, sayur dan buah.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

2. Dorong Anak untuk Aktif Melakukan Kegiatan

Bila ingin anak tumbuh cerdas dan memiliki kreativitas yang tinggi, ibu wajib membiasakan Si Kecil untuk aktif berkegiatan sejak kecil. Jangan biarkan anak bermalas-malasan sepanjang hari atau hanya bermain game di rumah. Namun, ajak untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan, salah satunya seperti olahraga. Misalnya, bila Si Kecil sangat senang bermain air, ibu bisa mengajaknya berenang secara rutin agar tubuhnya aktif bergerak.

Selain membuat tubuh Si Kecil menjadi bugar, olahraga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak, sehingga otak dapat menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi. Dengan demikian, otak anak pun cenderung akan bekerja lebih baik dan membuatnya menjadi cerdas.

Baca juga: Ajarkan Anak Olahraga Sejak Dini, Kenapa Tidak?

3. Ajak Anak untuk Membaca Bersama

Terapkan kebiasaan membaca sejak kecil pada anak. Bila usia anak masih kecil, ibu dapat mulai membangun minat bacanya dengan cara membacakan dongeng setiap ia mau tidur. Namun, seiring bertambahnya usia anak, jangan hanya membacakan buku untuk mereka. Ajak juga Si Kecil untuk membaca bersama-sama. Sebuah penelitian mengungkapkan cara ini dapat membantu membangun keterampilan membaca anak. Ibu bisa memilihkan beberapa buku yang kira-kira menarik bagi Si Kecil dan luangkan waktu tertentu untuk membaca.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

4. Pastikan Waktu Tidur Anak Terpenuhi

Membiasakan anak tidur yang cukup juga sangat penting, karena tidur yang cukup membuat proses tumbuh kembang otak anak menjadi lebih baik. Kehilangan satu jam tidur saja dapat mengurangi kematangan kognitif anak. Selain itu, tidur juga turut mengoptimalkan pertumbuhan otot dan jaringan pendukung pada tubuh Si Kecil.

Waktu tidur yang dibutuhkan bayi berusia 0-3 bulan adalah 15-18 jam, sedangkan bayi berusia 4-11 bulan butuh tidur selama 15 jam. Anak berusia 1-2 tahun butuh tidur selama 11-14 jam, sedangkan anak berusia 3-5 tahun perlu tidur selama 11-13 jam. Beranjak ke usia 6-13 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan hanya selama 9-11 jam. Sedangkan anak berusia 13-18 tahun sudah mulai tidur selama 8-9 jam saja.  

Bila ibu ingin tahu lebih jauh seputar cara meningkatkan kecerdasan anak, tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter untuk berdiskusi soal kecerdasan anak melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.