Alami Hipoalbuminemia, Tubuh Akan Alami Hal Ini

Alami Hipoalbuminemia, Tubuh Akan Alami Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Cara untuk menjaga kesehatan tubuh banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh. Dengan melakukan pemeriksaan tubuh, maka kamu akan mengetahui gangguan-gangguan yang ada pada kesehatan, khususnya pada darah.

Baca juga: Cegah Hipoalbuminemia dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Banyak penyakit yang muncul akibat adanya gangguan pada darah, salah satunya adalah kondisi hipoalbuminemia. Kondisi ini merupakan ketika kadar albumin dalam darah berada di bawah normal. Kondisi ini rentan menyerang seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis yang sudah diidap dalam waktu yang cukup lama.

Normalnya, kadar albumin dalam darah seseorang berkisar antara 3,5 hingga 5,9 gram per liter. Seseorang dikatakan mengidap hipoalbuminemia ketika memiliki kadar albumin dalam darah di bawah 3,5 gram per liter.

Dampak pada Tubuh Akibat Hipoalbuminemia

Kadar albumin memiliki banyak peran yang cukup penting dalam tubuh, misalnya menjaga keseimbangan cairan tubuh serta menyalurkan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Jika kadar albumin dalam tubuh kurang akan banyak berdampak bagi tubuh kamu.

Hipoalbuminemia menyebabkan penumpukan cairan pada rongga perut atau yang dikenal dengan istilah asites. Kondisi asites bisa lebih buruk dampaknya jika kamu mengalami gangguan fungsi hati. Waspada jika kamu mengalami pembengkakan yang tidak normal sekitar perut.

Selain itu, kadar albumin yang rendah menyebabkan tubuh merasa pegal. Hal ini berkaitan dengan kekuatan otot yang dipengaruhi oleh kadar albumin dalam tubuh. Ketika kadar albumin rendah, tentu penyaluran vitamin tidak optimal sehingga kadar protein dalam tubuh bisa menjadi rendah yang berpengaruh langsung pada kekuatan otot.

Hipoalbuminemia menyebabkan penurunan tekanan onkotik tubuh. Tekanan onkotik sendiri merupakan tekanan yang berfungsi untuk membawa cairan ke dalam sistem peredaran darah.

Baca juga: Selain Diabetes, Kenali Penyebab Lain Hipoalbuminemia

Penyebab Hipoalbuminemia

Penyebab hipoalbuminemia disebabkan karena adanya peradangan dalam tubuh. Peradangan bisa terjadi akibat proses operasi atau tindakan medis lainnya. Tidak hanya peradangan, kurangnya asupan protein, kalori dan vitamin juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar albumin yang cukup rendah dalam darahnya.

Namun, rendahnya kadar albumin juga dapat disebabkan beberapa kondisi ini:

1. Hipertiroidisme. Kondisi kelenjar tiroid yang memproduksi hormon secara berlebihan.

2. Sindrom Nefrotik. Gangguan ginjal yang menyebabkan protein bocor melalui urine.

3. Diabetes. Kondisi tingginya kadar gula darah akibat kurangnya produksi insulin dalam tubuh.

4. Sirosis. Kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan jangka panjang.

5. Lupus. Penyakit yang membuat sistem imun menyerang tubuh.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Kadar Albumin Rendah

Hipoalbuminemia dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan darah. Sampel darah yang diambil dicek kadar serum albuminnya. Selain itu, tes urine juga dapat dilakukan untuk memastikan kadar albumin dalam tubuh.

Jika kamu dinyatakan mengidap hipoalbuminemia atau kadar albumin rendah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk pengobatan penyakit ini:

  1. Transfusi albumin.

  2. Memperbaiki pola makan kamu. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, telur maupun produk susu.

  3. Sebaiknya hentikan kebiasaan konsumsi alkohol. Kadar alkohol dalam tubuh dapat menyebabkan menurunnya kadar protein yang dapat memperburuk kondisi tubuhmu.

  4. Jika kamu memiliki penyakit ginjal sebaiknya konsumsi obat tekanan darah untuk mengurangi pelepasan albumin melalui urine.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi hipoalbuminemia. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Makanan Sehat untuk Pengidap Hipoalbuminemia