Alami Nyeri Pergelangan Tangan, Ini 4 Cara Pengobatan di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
nyeri pergelangan tangan

Halodoc, Jakarta - Nyeri pergelangan tangan dapat terjadi karena banyak faktor. Karena hal tersebut, diperlukan diagnosis yang akurat guna menentukan perawatan apa yang harus diambil. Ketika kamu mengalami kondisi ini, kamu bisa lakukan beberapa cara rumahan di bawah ini guna meredakan gejala yang kamu alami.

Baca juga: Ini 7 Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Patah Pergelangan Tangan

Nyeri Pergelangan Tangan, Dapat Disebabkan oleh Banyak Faktor

Nyeri pergelangan tangan merupakan rasa sakit pada pergelangan tangan akibat adanya cedera. Pengidap kondisi ini umumnya akan merasakan rasa sakit pada daerah sendi, jaringan, dan tulang di area yang terkena cedera. Selain karena cedera, kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya masalah kesehatan, seperti asam urat, sindrom carpal tunnel, atau artritis.

Gejala yang Muncul Ketika Mengalami Nyeri Pergelangan Tangan

Pengidap nyeri pergelangan tangan biasanya akan mengalami gejala berupa:

  • Tangan terasa kaku dan sedikit kram, terutama pada malam hari.

  • Adanya pembengkakan pada jari-jari tangan.

  • Kesulitan menggenggam atau memegang benda karena adanya rasa nyeri.

  • Mengalami nyeri yang mendadak dan terasa sangat menusuk.

  • Bengkak dan kemerahan pada area pergelangan tangan.

  • Adanya sensasi rasa hangat pada pergelangan tangan, kemudian pergelangan tangan mendadak tidak bisa digerakkan.

Jika kamu mengalami nyeri pergelangan tangan tanpa mengalami cedera sebelumnya, diskusikan segera dengan dokter, ya! Karena hal tersebut merupakan indikasi nyeri pergelangan tangan akibat adanya kondisi medis tertentu.

Baca juga: Tangan Nyeri Saat Menulis, Bisa Jadi Gejala Terkena Tennis Elbow?

Ini yang Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Awalnya nyeri ini akan menimbulkan pembengkakan yang disertai dengan memar pada pergelangan tangan. Kondisi tersebut menjadi tanda kalau nyeri pergelangan tangan diakibatkan oleh cedera. Beberapa hal lain yang dapat menjadi faktor terjadinya nyeri pergelangan tangan, antara lain:

  • Asam urat. Pada pengidap kondisi ini, kadar asam urat yang berlebihan akan tertimbun dalam sendi dan menimbulkan rasa nyeri.

  • Seseorang yang pernah mengalami keseleo, serta patah tulang pada pergelangan tangan.

  • Melakukan aktivitas dengan gerakan berulang yang membutuhkan kerja otot pada pergelangan tangan. 

  • Mengidap kelainan fungsi tulang pada pergelangan tangan. Hal ini terjadi karena minimnya sirkulasi darah pada tulang tersebut.

Alami Nyeri Pergelangan Tangan, Ini Cara Pengobatan di Rumah

Mengalami nyeri pergelangan tangan tentunya akan menghambat aktivitas harian yang akan kamu lakukan. Nah, sebagai upaya pengobatan guna meringankan gejala yang kamu rasakan, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Baca juga: Ketahui Penanganan yang Tepat pada Patah Pergelangan Tangan

  1. Jika pergelangan tangan sudah terasa sakit, istirahatkan pergelangan tangan kamu. Jangan dulu melakukan aktivitas berat, agar tidak memicu timbulnya rasa nyeri.

  2. Memakai belat pada pergelangan tangan guna meredakan nyeri yang dialami. Belat ini dijual bebas dengan banyak ukuran dan bahan. Jadi, kamu bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  3. Tempelkan kompres es batu pada area yang terkena rasa sakit. Menempelkan es batu merupakan salah satu cara yang paling efektif guna mencegah terjadinya pembengkakan dan rasa nyeri pada pergelangan tangan yang mengalami cedera.

  4. Lakukan peregangan sebelum melakukan aktivitas guna melatih kelenturan dan mencegah terjadinya nyeri dan cedera.

Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!