Alasan Blewah Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Blewah Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta - Buah-buahan dengan kandungan air yang banyak selalu menjadi pilihan menu utama ketika berbuka puasa. Tidak heran, buah dengan kandungan air mengembalikan asupan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Hal ini dapat membuat kamu terhindar dari dehidrasi.

Nah, salah satu buah yang banyak dipilih untuk menu saat berbuka puasa adalah blewah. Buah mirip melon dengan warna oranye dan memiliki bentuk berlekuk yang khas ini memiliki kandungan air yang banyak. Terlepas dari hal tersebut, berikut manfaat blewah yang membuat buah ini dicari saat berbuka puasa adalah:

Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh, Ini Manfaat Blewah

  • Sumber Vitamin A dan C

Faktanya, blewah mengandung vitamin A dan C yang tinggi dalam bentuk asam askorbat, mencegah kerusakan akibat radikal bebas dengan melawan stres oksidatif dalam tubuh. Antioksidan vitamin A pada blewah disebut beta karoten dan alpha karoten. Kamu bisa mendapatkan nutrisi turunan dari kedua antioksidan vitamin A ini, seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karotenoid yang ditemukan dalam blewah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi. Beta karoten memainkan peran penting dalam hal ini. Hal ini menjadi alasan buah blewah juga menjadi menu yang tepat untuk melawan penyakit kanker.

  • Baik untuk Pencernaan

Manfaat blewah selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Buah ini sangat menghidrasi karena memiliki kandungan air yang berlimpah. Kandungan ini membantu saluran pencernaan menjadi hidrasi, mendetoksifikasi tubuh, dan mengeluarkan racun serta limbah dari dalam tubuh. Blewah pun sangat mudah dicerna, sehingga aman untuk lambung dan saluran cerna.

  • Rendah Kalori

Kaya nutrisi membuat blewah menjadi buah yang direkomendasikan untuk diet. Tidak hanya itu, buah ini masuk dalam kategori rendah kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan. Hal ini membantu, terutama untuk pelaku diet yang sering mengalami kurangnya asupan nutrisi, pencernaan yang bermasalah, dan imunitas tubuh yang melemah.

Baca juga: 7 Nutrisi yang Sering Terlupakan Saat Sedang Diet

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan berwarna oranye, termasuk blewah adalah sumber karoten yang tinggi. Kandungan ini mampu mengurangi risiko terkait masalah kesehatan yang menyerang kulit. Bahkan, beta-karoten juga mampu membantu mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari pada kulit.

  • Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Sangat banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, dan stroke atau serangan jantung. Kondisi ini biasanya diawali dengan peradangan kronis yang tidak diinginkan dan stres oksidatif kronis. Konsumsi buah blewah ternyata bisa membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan ini.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

  • Membantu Pemulihan Otot dan Mengembalikan Stamina Tubuh

Nutrisi yang dimiliki blewah menawarkan kalium elektrolit dalam jumlah sedang. Kalium sendiri merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Kalium yang ditemukan dalam blewah adalah nutrisi penting bagi para atlet. Nutrisi ini membantu melemaskan pembuluh darah , menurunkan tekanan darah dan mencegah kram otot.

Nah, itu tadi berbagai manfaat blewah untuk kesehatan yang menjadikannya buah pilihan untuk menu diet ketika berbuka puasa. Jika kamu ingin tahu menu untuk berbuka puasa lainnya, tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kapan saja dan di mana saja, bertanya pada dokter bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Download dan pakai aplikasi Halodoc sekarang!