12 July 2018

7 Nutrisi yang Sering Terlupakan Saat Sedang Diet

nutrisi yang terlewat saat diet, nutrisi, diet, nutrisi diet, nutrisi saat diet

Halodoc, Jakarta – Diet menjadi cara paling mudah untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Dibarengi dengan olahraga, tubuh pun akan terbentuk dengan sempurna. Namun, asupan nutrisi harian adalah hal yang paling sering terlupa. Padahal, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi meski sedang membatasi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut tujuh asupan nutrisi yang sering terlupa ketika sedang menjalankan diet:

Vitamin A

Karbohidrat, protein, dan lemak bukan menjadi nutrisi terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Masih ada vitamin A yang terbagi menjadi dua, karotenoid dan retinol. Seperti beta karoten, kedua jenis vitamin A ini membantu menjaga kesehatan mata, pertumbuhan jaringan tubuh, dan meningkatkan daya tahan.

Kalium

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kalium juga sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, kalium juga membantu menjaga fungsi saraf, kesehatan otot, dan meningkatkan kesuburan. Agar asupan harian kalium terpenuhi, tambahkan kentang, brokoli, atau ubi jalar dalam menu diet kamu.

Vitamin E

Nutrisi yang terlewat saat diet lainnya adalah vitamin E. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin E juga bagus untuk kesehatan kulit, membantu indra penglihatan berfungsi lebih baik, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Berbagai makanan sumber vitamin E juga kaya akan lemak sehat, seperti almond, biji bunga matahari, atau selai kacang.

Baca juga: 6 Trik Tetap Langsing Meski Makan Fast Food

Serat

Sumber makanan yang kaya akan serat biasanya mengenyangkan, tetapi tidak membuat kamu cepat gemuk karena rendah kalori. Inilah mengapa orang yang sedang diet dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, seperti biji-bijian dan kacang. Nutrisi ini membantu menurunkan kolesterol tubuh, mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit mematikan, seperti diabetes, jantung, dan kanker, serta meningkatkan kerja usus agar lebih optimal.

Magnesium

Saat sedang menjalani program diet, jangan pernah lupa untuk memenuhi asupan magnesium pada tubuh. Magnesium akan membantu tubuh menangkal berbagai gangguan kesehatan, seperti misalnya osteoporosis, diabetes, kram otot, dan tekanan darah tinggi. Bayam adalah sumber makanan yang tinggi akan magnesium.

Vitamin C

Fungsi utama vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Nutrisi ini membantu kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan musiman, seperti misalnya flu. Sayur dan buah adalah sumber makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi yang juga baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh serta memenuhi asupan mineral tubuh lainnya. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan terbaik.

Baca juga: Diet Tepat untuk Hidradenitis Suppurativa

Kalsium

Ingin tulang lebih kuat dan sehat? Konsumsilah makanan sumber kalsium, seperti salmon, tahu, atau susu. Terpenuhinya asupan harian kalsium pada tubuh meski sedang diet juga baik untuk kesehatan jantung serta darah tinggi. Fungsi otot pun akan semakin maksimal dengan asupan kalsium.

 

Itu tadi tujuh nutrisi yang terlewat saat diet. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak lupa untuk memasukkan ketujuh nutrisi tersebut agar program diet yang kamu jalankan bisa memberikan hasil yang maksimal. Jika kamu ingin menunjang daya tahan tubuh dengan membeli vitamin, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Halodoc.

Caranya, download aplikasi Halodoc dan pilih Apotek Antar. Pilih vitamin yang ingin kamu beli dan tuliskan alamat tujuan pengantaran. Dalam waktu satu jam, pesanan kamu akan diantarkan. Selain membeli vitamin atau obat, aplikasi ini juga bisa melayani tanya dokter dan cek lab, lho!