• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Buah Pisang Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Alasan Buah Pisang Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Buah Pisang Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Halodoc, Jakarta – Pisang memiliki kandungan rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Buah ini juga kaya akan serat, vitamin C, potasium, mangan, dan B6 yang baik bagi kesehatan. Fakta lainnya adalah, satu buah pisang mengandung sekitar seperempat dari kebutuhan harian B6 tubuh. Buah ini menjadi camilan yang cocok dinikmati saat bepergian karena praktis. Apakah buah ini dapat dikonsumsi untuk mengatasi GERD? Temukan jawabannya di sini.

Baca juga: Kurang Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Dampaknya pada Tubuh

Mengatasi GERD Jadi Salah Satu Manfaat Buah Pisang

Pisang termasuk buah bersifat basa, yang berarti memiliki kandungan asam rendah. Buah ini baik dikonsumsi bagi pengidap GERD atau maag karena mengandung kadar pH sekitar 4,5–5,2. Buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung sekaligus meringankan gejala GERD yang muncul. Warna kuning pada kulitnya menandakan jika buah ini memiliki kandungan tinggi kalium di dalamnya.

Tekstur halus ketika dikunyah membuat buah ini mampu membantu memulihkan fungsi asam lambung para pengidap GERD. Pisang yang ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan mampu membentuk lapisan pelindung untuk mencegah kemungkinan naiknya asam lambung. Buah ini memiliki kandungan tinggi serat, yang mampu mencegah munculnya masalah gangguan pencernaan para pengidap asam lambung.

Pisang memang terasa manis saat matang, tetapi mengandung nilai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri adalah ukuran dampak makanan pada kadar gula darah dalam tubuh. Buah ini mampu menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan pengidap GERD, sehingga mampu mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Sampai di sini, apakah kamu ingin mencoba buah ini sebagai camilan?

Baca juga: Inilah Buah-Buahan yang Cocok untuk Diet

Manfaat Buah Pisang Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pisang tidak sebatas mengatasi GERD saja. Berikut ini beberapa manfaat buah pisang lainnya bagi kesehatan tubuh: 

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang berperan penting dalam mengelola atau menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Kalium membantu meredakan ketegangan pembuluh darah yang menjadi penyebab utama naiknya tekanan darah. 

2. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Kandungan kalium dalam pisang mampu menjaga kesehatan ginjal. Manfaat yang satu ini dapat kamu nikmati jika rutin mengonsumsi pisang sebanyak 4–6 buah dalam satu minggu.

3. Mengontrol Gula Darah Dalam Tubuh

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pisang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Hal tersebut berarti, gula alami dari pisang akan dilepas secara perlahan ke dalam darah, sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan tinggi serat dalam buah pisang dapat membuat rasa kenyang bertahan lama. Hal tersebut akan membantu mengontrol nafsu makan, sehingga penyerapan lemak ke dalam sel dapat terkontrol. Kandungan magnesium dalam buah ini dapat membantu memecah sel lemak dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan berat badan.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit mengendur. Untuk mencegahnya, coba untuk mengonsumsi buah pisang secara teratur, ya. Kandungan vitamin C dan B6 di dalamnya merupakan antioksidan yang mampu mencegah sejumlah tanda penuaan tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang mengandung antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan karotenoid, yang mampu melindungi serta memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A dan C  mampu menjaga kesehatan mata dan kulit. Buah ini juga mengandung lutein yang dapat menurunkan risiko kerusakan mata akibat penuaan.  

Baca juga: Ini 7 Buah yang Bermanfaat untuk Pencernaan Sehat

Gejala GERD yang kambuh memang dapat mengganggu aktivitas. Namun, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak makan buah, ya. Coba untuk masukkan pisang ke dalam menu makan sehari-hari, mengingat banyak sekali manfaat yang diperoleh bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat pisang bagi kesehatan, kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:

Health Center. Diakses pada 2021. Why Bananas are a Good Choice for People with Acid Reflux.

Health Xchange. Diakses pada 2021. ​​​​​​​6 Good Reasons to Eat a Banana Today.

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas.