• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Buah yang Bermanfaat untuk Pencernaan Sehat

Ini 7 Buah yang Bermanfaat untuk Pencernaan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 7 Buah yang Bermanfaat untuk Pencernaan Sehat

Halodoc, Jakarta – Pencernaan punya peranan yang penting untuk kesehatan. Sebab, tugas utama organ-organ pencernaan adalah menyerap nutrisi dan menghilangkan limbah dari tubuh. Munculnya masalah pencernaan seperti, kembung, kram, bergas, sakit perut, diare dan sembelit bisa disebabkan oleh banyak hal, seringkali akibat pola makan yang tidak sehat. 

Serat dan probiotik adalah dua zat yang sangat dikenal manfaatnya untuk melancarkan pencernaan. Nah, buah-buahan berikut ini diketahui kaya akan serat serta nutrisi-nutrisi lain yang mampu menyehatkan pencernaan, yaitu:

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

1. Apel

Apel adalah kaya akan kandungan pektinnya, yaitu sejenlis serat yang mudah larut. Ketika pektin melewati usus kecil, nutrisi ini kemudian dipecah oleh bakteri baik yang hidup di dalam usus besar.

Proses ini yang meningkatkan volume tinja, sehingga kamu akan terhindar dari masalah sembelit dan diare. Melansir dari Healthline, pektin dalam buah apel telah terbukti mengurangi risiko infeksi usus, serta peradangan pada usus besar.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah khas daerah tropis, seperti di Indonesia. Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Papain membantu proses pencernaan dengan cara memecah serat protein. Papain juga mampu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan kembung.

3. Bit

Buah bit atau kalo di Indonesia dikenal dengan sebutan terong belanda termasuk buah dengan kandungan serat yang baik. Satu cangkir atau sekitar 136 gram buah bit mengandung 3,4 gram serat. Serat ini memberi makan bakteri baik di usus besar dan mampu menambah volume feses. Beberapa cara populer untuk memakan bit termasuk dipanggang, dicampur dalam salad, diasamkan, atau sekedar dijus.

4. Alpukat

Alpukat adalah makanan super yang dikemas dengan serat dan nutrisi penting, seperti kalium. Kalium membantu meningkatkan fungsi pencernaan yang sehat dan rendah fruktosa. Kandungan fruktosanya yang rendah, sehingga kecil kemungkinannya untuk menyebabkan gas.

Baca juga: Inilah Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

5. Aprikot

Dilansir dari Hopkins Medicine, aprikot sarat dengan vitamin C yang penting untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan kulit. Selain itu, aprikot juga memiliki kandungan serat tinggi yang menjaga kehidupan bakteri baik di usus besar. Tak cuma mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus besar, serta mengonsumsi aprikot meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Kiwi

Makan buah kiwi dapat membantu fungsi pencernaan agar lebih baik. Hal ini semua berkat enzim yang disebut actinidin yang meningkatkan pencernaan protein. Kiwi juga dikenal memiliki efek pencahar ringan karena kandungan seratnya yang tinggi. 

7. Pisang

Pisang adalah buah yang murah meriah dan mudah ditemui di mana saja. Selain mudah didapatkan, pisang dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi yang tentunya menyehatkan usus, sehingga mempercepat proses pencernaan. 

Selain itu, pisang memiliki efek antasida yang melindungi perut dari bisul dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bisul perut. Antasida ini juga baik untuk mengurangi mulas akibat asam lambung.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Apabila kamu punya masalah pencernaan, kamu bisa coba mengonsumsi buah-buahan di atas untuk mengatasinya. Tapi jika tidak kunjung membaik, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc untuk mencari tahu opsi pengobatan lainnya yang aman. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 19 Best Foods to Improve Digestion.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the best foods to aid digestion?.
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. 5 Foods to Improve Your Digestion.