• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Multiple Sclerosis Bisa Picu Vertigo

Alasan Multiple Sclerosis Bisa Picu Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf pusat. Kondisi ini menimbulkan peradangan yang merusak mielin, pelindung yang menutupi sel-sel saraf. Pengidapnya akan mendapatkan lesi atau jaringan parut yang mengganggu transmisi sinyal saraf.

Multiple sclerosis ditandai dengan masalah penglihatan, mati rasa di sejumlah anggota badan, dan masalah keseimbangan. Selain itu, seseorang yang mengidap MS juga kerap pusing bahkan mengalami vertigo. Lantas, apa yang memicu vertigo pada pengidap multiple sclerosis? Ini penjelasannya

Baca juga: Ini Alasan Pengidap Multiple Sclerosis Bisa Idap Parestesia

Mengapa Multiple Sclerosis Picu Vertigo?

Rata-rata pengidap MS sering mengalami vertigo yang mengganggu keseimbangan. Vertigo terjadi ketika seseorang merasa pusing sehingga seperti berputar-putar. Saat vertigo melanda, pengidap MS kesulitan untuk melakukan aktivitasnya dan berisiko terjatuh. Melansir dari Healthline, munculnya vertigo disebabkan oleh jaringan parut yang menyulitkan saraf dalam sistem saraf pusat untuk mengirim pesan ke seluruh tubuh. 

Jaringan yang muncul di batang otak atau otak kecil, area otak yang mengontrol keseimbangan juga bisa menyebabkan vertigo. Vertigo juga bisa menjadi gejala dari masalah dengan telinga bagian dalam. Kemungkinan penyebab pusing atau vertigo lainnya termasuk penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit pembuluh darah, migrain, atau stroke

Apabila kamu mengalami vertigo, sebaiknya bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc terkait penanganan yang tepat. Kamu bisa menghubungi dokter, kapan saja di mana saja lewat aplikasi Halodoc.

Baca juga: Waspada, Neuralgia Trigeminal Disebabkan Multiple Sclerosis

Mengatasi Vertigo pada Pengidap Multiple Sclerosis

Vertigo bisa sangat mengganggu aktivitas pengidapnya dan membuat frustasi. Dikutip dari  Everyday Health, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengurangi vertigo, yaitu:

  • Periksa kembali obat-obatan yang dikonsumsi. Obat-obatan sering menimbulkan efek samping seperti sakit kepala ringan dan pusing. Periksa obat-obatan dengan dokter atau apoteker untuk memastikan kamu sudah meminumnya dengan benar dan tidak berdampak negatif pada tubuh.
  • Periksakan diri. Meskipun MS berpeluang tinggi menyebabkan vertigo, kamu mungkin tidak bisa selalu menganggap MS menjadi penyebab utamanya. Kondisi lain seperti stroke, infeksi, dehidrasi, gula darah rendah, penuaan, dan penyakit jantung juga dapat menyebabkan pusing. 
  • Obati vertigo. Biasanya dokter memberi obat tambahan sementara atau jangka panjang untuk mengobati vertigo atau penyebabnya.
  • Gunakan alat bantu. Karena vertigo bisa datang kapan pun tanpa bisa diduga, sebaiknya selalu sediakan alat bantu, seperti tongkat untuk menjaga keseimbangan. 
  • Tetap terhidrasi. Banyak minum air melancarkan peredaran darah yang pada gilirannya bisa mengurangi perasaan vertigo. 
  • Olahraga. Vertigo mungkin membuat kamu ingin tetap diam, tetapi aktif secara fisik dapat membantu mengurangi sensasi pada sebagai orang. Pilih kegiatan yang aman dilakukan saat kamu mengidap vertigo.

Baca juga: 4 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Multiple Sclerosis

Meskipun tidak dapat dihindari, bukan berarti kamu tidak dapat mengurangi intensitas vertigo. Terapkan pola hidup sehat, tidur cukup, rutin berolahraga dan melakukan tips di atas akan membantu untuk mengurangi intensitas vertigo yang kamu miliki. 

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Dizziness and Vertigo in Multiple Sclerosis.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Managing Vertigo When You Have MS.