Waspada, Neuralgia Trigeminal Disebabkan Multiple Sclerosis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Waspada, Neuralgia Trigeminal Disebabkan Multiple Sclerosis

Halodoc, Jakarta - Trigeminal neuralgia adalah jenis nyeri saraf di sisi wajah dan dapat menjadi gejala dari multiple sclerosis. Setiap orang dapat mengalami gangguan tersebut dengan cara yang berbeda-beda. Gejala dari nyeri saraf tersebut paling sering terasa di pipi atau rahang. Meski demikian, beberapa orang dapat mengalami rasa pada mata, telinga, dahi, serta mulut.

Gejala dari neuralgia trigeminal tersebut terasa seperti berasal dari satu atau lebih gigi, sehingga banyak orang mengunjungi dokter gigi ketika merasakannya. Penyakit tersebut umumnya hanya terjadi pada satu sisi wajah, walaupun dalam kasus yang jarang terjadi pada kedua sisi wajah dan tidak pada saat yang sama.

Pada sebagian orang, rasa sakit yang timbul akan terasa tajam dan tiba-tiba, seperti sengatan listrik. Namun, bagi pengidap lainnya rasa sakit yang terjadi mungkin akan terasa lebih lama atau terasa seperti ada sensasi terbakar. Hal ini biasanya terjadi sebagai serangan pendek mendadak yang berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit.

Serangan ini dapat terjadi beberapa kali sehari pada beberapa orang yang mengidap neuralgia trigeminal. Beberapa orang sadar bahwa serangan akan datang, tetapi bagi kebanyakan orang, serangan itu datang tanpa peringatan. Serangan dapat berlanjut selama berhari-hari atau berbulan-bulan, tetapi gejala tersebut juga dapat menjadi permanen.

Baca Juga : Mengidap Neuralgia Trigeminal, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Hubungan Neuralgia Trigeminal dengan Multiple Sclerosis

Pada seseorang yang mengidap multiple sclerosis, trigeminal neuralgia paling sering disebabkan oleh kerusakan pada selubung mielin di sekitar saraf trigeminal. Seseorang yang mengidap multiple sclerosis juga terkadang mengalami kompresi, yaitu pembuluh darah di tubuh menekan saraf di dalam tengkorak. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan penyebab dari gangguan tersebut, untuk menentukan perawatan yang akan dilakukan.

Selain itu, disebutkan bahwa empat dari setiap 100 orang yang mengidap multiple sclerosis akan mengalami trigeminal neuralgia dan 400 kali lebih sering dibandingkan seseorang yang tidak mengidap gangguan tersebut. Neuralgia trigeminal terkadang dapat menjadi gejala awal multiple sclerosis, yang semakin lama penyakitnya akan berkembang menjadi MS.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Mengidap Trigeminal Neuralgia

Jika kamu merasakan sakit pada satu gigi atau lebih, kamu dapat mengunjungi dokter gigi terlebih dahulu. Apabila disebutkan kamu mengidap multiple sclerosis atau trigeminal neuralgia, segeralah untuk melakukan pengobatan terkait gangguan tersebut.

Kedua penyakit tersebut dapat menimbulkan rasa sakit di sekitar telinga yang mirip dengan infeksi telinga. Jika hal tersebut terjadi, langsung temui ahli saraf untuk memastikan tentang gangguan yang menyerang kamu. Setelah itu, kamu dapat mengatasinya segera agar gejala yang parah dapat dihindari.

Baca Juga : Trigeminal Neuralgia Biasa Menyerang 8 Area Wajah Ini

Pengobatan Neuralgia Trigeminal

Belum ada tes khusus yang dapat dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada saraf tersebut, sehingga diagnosis dan perawatan yang dilakukan tergantung pada gejala yang timbul. Kamu dapat melakukan pemindaian MRI untuk memastikan apakah penyakit tersebut telah berkembang. Gangguan tersebut adalah kondisi jangka panjang dan belum ada pengobatannya.

Walau begitu, seseorang yang mengidap neuralgia trigeminal akan diberikan penghilang rasa sakit, seperti parasetamol, aspirin, atau ibuprofen. Biasanya, pengobatan awal dari gangguan tersebut adalah diberikan carbamazepine. Obat tersebut umumnya akan ditingkatkan secara perlahan hingga dosis yang efektif dapat tercapai.

Pengobatan lainnya adalah prosedur operasi. Terdapat beberapa prosedur bedah yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut. Jenis prosedur ini dapat memberi efek samping berbeda-beda pada setiap orang, serta dapat menyebabkan komplikasi. Maka dari itu, penting untuk mendiskusikannya dengan dokter untuk mendapatkan informasi tentang pengobatan ini.

Baca Juga : Prosedur Penanganan bagi Pengidap Trigeminal Neuralgia

Itulah hubungan antara trigeminal neuralgia dengan multiple sclerosis. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!