• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Sebaiknya Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan

Alasan Sebaiknya Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Sebaiknya Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan

“Mencuci tangan dilakukan sebagai langkah pencegahan berbagai penyakit yang bisa menyerang pencernaan. Sebaiknya hindari cuci tangan dengan air kobokan karena dinilai tidak optimal dalam membersihkan kuman dan bakteri. Gunakan air mengalir agar tangan bersih dengan optimal.”

Halodoc, Jakarta – Cuci tangan adalah salah satu kebiasaan baik yang bisa membantu kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Umumnya, dengan mencuci tangan kamu bisa terhindar dari gangguan penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan.

Cuci tangan perlu dilakukan dengan tepat agar bakteri dan kuman penyebab penyakit dapat hilang dengan baik. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah mencuci tangan di bawah air yang mengalir. Sebaiknya hindari mencuci tangan berulang pada wadah air atau kobokan yang sama. Simak alasannya dalam artikel ini!

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan

Cuci tangan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan setiap saat, apalagi sebelum makan dan setelah melakukan berbagai aktivitas. Tangan yang kotor dapat memicu berbagai penyakit dan penyebaran penyakit dengan mudah. 

Bakteri dan kuman bisa menyebar saat kamu menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan kotor. Selain itu, saat kamu menyiapkan makanan dengan tangan kotor juga bisa memicu risiko penyebaran bakteri dan kuman. 

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan saat mencuci tangan adalah menggunakan sabun dan air yang mengalir. Sebaiknya hindari cuci tangan dengan air kobokan. Mencuci tangan dengan air kobokan membuat tangan yang telah dibersihkan pakai sabun dapat terkontaminasi kembali karena air kotor yang terdapat dalam kobokan.

Hal ini dapat membuat proses mencuci tangan menjadi tidak optimal. Bahkan, lebih berbahaya jika kamu mencuci tangan dengan air kobokan bersama orang lain. 

Selain itu, saat mencuci tangan menggunakan air kobokan kamu akan kesulitan untuk menggunakan sabun. Padahal, mencuci tangan menggunakan sabun sangat efektif untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada tangan. Tidak hanya itu, kotoran yang menempel pada tangan pun dapat dihilangkan dengan lebih mudah. 

Itulah alasan untuk menghindari cuci tangan dengan air kobokan. Pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir. Air yang digunakan bisa dengan suhu dingin atau hangat. Jangan menggunakan air panas karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Unik tentang Mencuci Tangan

Ikuti Langkah Ini untuk Cuci Tangan dengan Baik

Sebaiknya jangan asal mencuci tangan. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah ini agar kebersihan tangan menjadi lebih optimal.

  1. Kamu perlu melepaskan aksesoris yang berada di tangan agar proses cuci tangan berjalan lebih optimal.
  2. Setelah itu, basahkan tangan dibawah air yang mengalir. Bersihkan tangan dari kotoran yang menempel pada tangan.
  3. Kemudian, gunakan sabun dan ratakan di seluruh bagian tangan hingga ke pergelangan tangan.
  4. Gosok tangan dengan lembut hingga sabun yang digunakan berbusa. Pastikan kamu membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, bagian kuku, hingga sela-sela jari tangan.
  5. Bersihkan tangan dengan sabun minimal 20 detik agar proses pembersihan tangan menjadi lebih maksimal.
  6. Bersihkan tangan dan pastikan tidak ada sabun yang tertinggal pada tangan.
  7. Setelah bersih, keringkan tangan menggunakan kain bersih atau pengering tangan.

Jika kamu memiliki aksesoris di tangan, tidak ada salahnya untuk rutin membersihkan aksesoris yang kamu gunakan agar tidak menjadi penyebaran kuman dan bakteri.

Lalu, bagaimana jika tidak tersedia air mengalir di sekitarmu? Sebaiknya gunakan tisu basah dan tisu kering untuk membersihkan tangan, kemudian kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk menghilangkan bakteri dan kuman.

Baca juga: Cara Mengajarkan Cuci Tangan 6 Langkah pada Si Kecil

Namun perlu diperhatikan, penggunaan hand sanitizer tidak bisa dilakukan pada tangan yang berminyak, kotor akibat sisa makanan, dan kotoran lainnya yang masih bisa terlihat. Kamu juga tidak bisa menggunakan hand sanitizer secara berulang dalam waktu yang cukup panjang. 

Gunakan aplikasi Halodoc dan cari tahu lebih banyak manfaat cuci tangan bagi kesehatan pada dokter ahli. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Handwashing: Clean Hands Save Lives.
Better Health. Diakses pada 2021. Hand Washing – Why It’s Important?