Cara Mengajarkan Cuci Tangan 6 Langkah pada Si Kecil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 September 2021
Cara Mengajarkan Cuci Tangan 6 Langkah pada Si KecilCara Mengajarkan Cuci Tangan 6 Langkah pada Si Kecil

“Menjaga kebersihan diri menjadi hal yang wajib dilakukan di masa pandemi ini, salah satunya adalah rajin mencuci tangan. Tentunya, sebagai orangtua, ibu juga perlu membiasakan Si Kecil untuk rajin mencuci tangan. Bagaimana caranya agar sang buah hati bisa terbiasa cuci tangan agar terhindar dari penyakit?”

Halodoc, Jakarta – Tangan adalah anggota tubuh yang sering menjadi sarana berpindahnya kuman, virus, atau bakteri penyebab masalah kesehatan. Sayangnya, anak belum memiliki pemahaman yang baik dan benar akan hal tersebut sehingga gemar menyentuh benda apapun yang dirasa asing baginya. Artinya, ibu harus membiasakan Si Kecil untuk mencuci tangan dengan benar, yaitu cuci tangan 6 langkah. 

Sebenarnya, apa sih cuci tangan 6 langkah itu? Ini adalah cara membersihkan tangan yang direkomendasikan oleh WHO dan Kementerian Kesehatan. Ada enam langkah yang harus dilakukan saat mencuci tangan hingga kuman, bakteri, dan virus bersih dari tangan. Namun, tentu saja bukan hal yang mudah untuk membiasakan anak melakukan hal ini, ya, bu. Terlebih jika anak merasa kegiatan ini sangat membosankan. 

Baca juga: Ini Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun

Tips Mengajarkan Cuci Tangan 6 Langkah pada Anak

Meski anak mungkin enggan melakukannya, ibu tetap harus mengajarkan pada mereka bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Agar lebih mudah, ibu bisa mencoba beberapa tips berikut ini. 

  • Berikan Contoh pada Anak
berikan contoh pada anak

Orangtua adalah contoh terbaik untuk anak. Ibu pasti tahu jika anak sangat mudah mencontoh apa yang dilakukan atau diucapkan oleh orangtuanya. Jadi, berikan contoh bagaimana mencuci tangan 6 langkah pada mereka. Lakukan setiap kali ibu sampai di rumah sehabis beraktivitas di luar, sebelum makan, dan setelah menggunakan kamar kecil. Jadi, anak akan lebih mudah menirunya. 

Baca juga: Pentingnya Membiasakan Cuci Tangan pada Si Kecil

  • Jangan Lelah Mengingatkan
jangan lelah mengingatkan

Konsentrasi anak belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Jadi, tak heran jika ia mudah teralih atau terdistraksi dengan hal lain yang mungkin menurutnya lebih menarik. Jangan lelah untuk selalu mengingatkan ya, bu. Selalu tanya apakah ia sudah mencuci tangannya atau belum, jika belum, ingatkan untuk melakukannya. Temani dan dampingi Si Kecil jika memang diperlukan. 

  • Jadikan Cuci Tangan Aktivitas yang Menyenangkan
jadikan cuci tangan aktivitas yang menyenangkan

Anak-anak sangat suka bermain karena hal tersebut sangat menyenangkan. Nah, mengapa ibu tidak menjadikan cuci tangan sebagai aktivitas yang menyenangkan bersama anak? Ibu bisa mengajak anak bermain atau bernyanyi lagu-lagu gembira saat mencuci tangan. Bisa juga dengan bermain permainan yang seru untuk membuat anak mau melakukan kegiatan tersebut. 

  • Berikan Edukasi tentang Kuman dan Virus
beri edukasi tentang kuman dan virus

Anak belum mengerti tentang kuman dan virus serta apa bahayanya untuk kesehatan mereka. Jadi, berikanlah pemahaman dan edukasi tentang kuman dan virus dengan cara yang mudah dimengerti anak. Jelaskan pada mereka bahwa kuman dan virus menyebabkan penyakit, dan anak jadi tidak bisa bebas bermain jika tubuhnya tidak sehat. Inilah mengapa cuci tangan 6 langkah itu sangat penting. 

Baca juga: Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

  • Sabar dan Tidak Menyerah
sabar dan tidak menyerah

Tidak ada sesuatu yang bisa didapat secara instan, termasuk dalam melatih anak mencuci tangan. Tetap sabar dan jangan menyerah dalam mengajari mereka, ya, bu. Jika bukan ibu yang melakukan, tidak ada lagi yang bisa mengingatkan Si Kecil pentingnya cuci tangan, bukan? Tetap saja, ibu adalah pahlawan dan guru pertama anak-anak di rumah. 

Menjaga kesehatan anak dan keluarga sangatlah penting, terlebih di musim pandemi seperti sekarang ini. Tak ada salahnya untuk download aplikasi Halodoc di ponsel ibu, jika ibu atau anak sakit, tidak perlu lagi repot mengantre karena bisa buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Stanford Children’s Health. Diakses pada 2021. Teaching Kids to Wash Their Hands.
CDC. Diakses pada 2021. Handwashing: A Family Activity.
Verywell Family. Diakses pada 2021. How to Teach Hand Washing to Preschoolers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan