• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Halodoc, Jakarta – Mencuci tangan adalah kegiatan yang tampaknya sepele, tetapi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Kamu dianjurkan untuk membiasakan diri mencuci tangan, bukan hanya sebelum dan setelah makan, tetapi saat tangan kotor dan perlu dibersihkan. Misalnya, sehabis bermain dengan hewan peliharaan, setelah menggunakan toilet, memegang tanah, dan sebagainya. Cuci tangan juga sebaiknya jangan dilakukan secara asal. Bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun dengan cara yang benar agar kotoran dan kuman benar-benar hilang.

Baca juga: 5 Kebiasaan Kerja yang Bisa Picu Penyakit

Dengan kata lain, mencuci tangan adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Bukan hanya untuk diri kamu sendiri, tetapi juga orang lain. Yuk, simak informasi mengenai cara mencuci tangan yang tepat agar kesehatan kamu selalu dalam kondisi optimal!

Cara Penyebaran Kuman atau Bakteri Melalui Tangan

Tahukah kamu bahwa kuman penyakit paling sering masuk ke dalam tubuh melalui tangan? Itulah mengapa, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah sejak lama menganjurkan agar kita rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Oleh karena mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari berbagai bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit.

Dengan rajin mencuci tangan, kamu dapat mencegah penyakit pencernaan maupun pernapasan. Bukan itu saja, mencuci tangan juga dapat menghindari kamu dari infeksi bakteri yang dapat menyerang mata, infeksi kulit, bahkan demam.

Kuman serta bakteri dapat menyebar dari orang lain atau ke permukaan benda melalui beberapa cara:

  1. Saat kamu menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.
  2. Menyentuh makanan sebelum mencuci tangan.
  3. Menutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan tangan, kemudian menyentuh orang lain atau benda tanpa mencuci tangan.

Pentingnya mencuci tangan dengan sabun ini juga turut disadari oleh PBB, hingga organisasi Internasional tersebut mencanangkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau Global Handwashing Day yang diadakan setiap tanggal 15 Oktober. Hal ini bertujuan untuk menggalakkan gerakan mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat. Dengan cara tersebut, diharapkan tingkat kematian balita dan jumlah masyarakat yang terkena penyakit infeksi bisa berkurang.

Baca juga: 6 Merawat Kuku yang Simpel dan Gampang Diaplikasikan

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Namun ternyata, mencuci tangan dengan sabun saja tidak cukup, lho. Berikut ini cara mencuci tangan yang benar yang perlu kamu ketahui:

  1. Di bawah air yang mengalir, basahi kedua tanganmu dari telapak tangan sampai pertengahan lengan.
  2. Tuangkan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tanganmu hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Gosok kedua telapak dan punggung tanganmu secara bergantian.
  4. Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih.
  5. Bersihkan juga ujung jari kamu secara bergantian dengan cara mengatupkannya.
  6. Bersihkan kedua ibu jari tangan secara bergantian dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  7. Letakkan ujung jari-jari kamu ke telapak tangan, kemudian gosok secara perlahan. Lakukan juga hal yang sama dengan tangan yang satunya lagi.
  8. Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.
  9. Keringkan kedua tangan dengan menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih.
  10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup keran air.

Lalu, bolehkah kamu menggunakan hand sanitizer saat membersihkan tangan? Membersihkan tangan menggunakan sabun dan air adalah cara yang paling efektif. Akan tetapi, jika air dan sabun tidak tersedia, kamu boleh menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan kamu. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 60 persen. Namun, jika kamu akan menggunakan hand sanitizer pastikan tangan tidak terlihat kotor atau berminyak.

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Kamu bisa menggunakan jenis sabun apa saja untuk mencuci tangan, mulai dari sabun mandi, sabun biasa, sabun antiseptik, sampai sabun khusus cuci tangan yang biasanya berbentuk cair. Namun, sabun anti-bakteri dan sabun antiseptik lah yang paling sering digunakan untuk mencuci tangan karena kandungannya ampuh membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. Intinya, kamu perlu menggunakan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan agar kuman dapat dibasmi dengan baik.

Sebaiknya ketahui juga waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Kamu perlu mencuci tangan disaat seperti:

  1. Setelah menggunakan toilet atau mengganti popok anak.
  2. Sebelum dan setelah mempersiapkan makanan yang akan dimasak, apalagi daging atau sayuran.
  3. Sebelum dan setelah makan.
  4. Setelah batuk, bersin, atau menyentuh hidung saat bersin.
  5. Sebelum dan sesudah menyentuh luka.
  6. Setelah menyentuh hewan peliharaan, baik setelah memberi makan, bermain, atau membersihkan kandang.
  7. Setelah menyentuh sampah.
  8. Saat tinggal satu rumah dengan seseorang yang mengalami kondisi batuk, pilek, atau penyakit lainnya yang disebabkan virus atau bakteri.

Baca juga: Tetap Sehat di Musim Hujan? Bisa kok!

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mencuci tangan. Jika kamu mengalami gejala, seperti sakit perut, mual, atau diare setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Penanganan yang tepat tentunya dapat membuat kondisi kesehatan semakin membaik.

Referensi:
Readers Digest. Diakses pada 2021. 15 Diseases You Can Prevent Just by Washing Your Hands.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. When and How to Wash Your Hands.
National Health Service UK. Diakses pada 2021. How to Wash Your Hands.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Steps to Washing Your Hands Properly.