Amankah Makan Asinan Setiap Hari?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Asinan, konsumsi makanan asam

Halodoc, Jakarta - Asinan merupakan sejenis makanan yang dibuat dengan cara dijadikan sebagai acar. Proses ini adalah proses pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka. Bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Prosesnya adalah mengawetkan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Makanan ini mirip dengan rujak. Perbedaan utamanya hanya ada pada cara penyajiannya. Rujak disajikan dalam keadaan segar, sementara asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar.

Makanan ini adalah makanan yang segar jika dimakan pada siang hari saat cuaca panas. Rasanya akan menjadi tambah segar ketika kamu menambahkan es batu pada asinan kamu. Namun, tahukah kamu jika asinan ini berbahaya jika dikonsumsi setiap hari? Hal ini terjadi karena kandungan dalam asinan yang mengandung cuka.

Cuka merupakan bentuk fermentasi dari bahan-bahan herbal yang mempunyai efek keasaman dan aroma yang berbeda-beda. Bahan satu ini dapat digunakan untuk pengolahan makanan serta pengobatan alternatif. Cuka atau yang populer dengan istilah kimia asam organik digunakan juga pada industri yang bergerak di bidang tekstil. Cuka sering dimanfaatkan untuk campuran produk seperti selulosa asetat dan beberapa macam serat bahan pakaian atau kain.

Bahayanya, belakangan ini cuka dipakai oleh banyak penjual makanan sebagai penambah keasaman makanan agar awet. Berikut ini adalah bahaya jika asinan yang mengandung asam dikonsumsi setiap hari:

 

  • Terganggunya Sistem Pencernaan

 

Sistem pencernaan akan mengalami hambatan, sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh ikut terhambat. Enzim yang mengatur kinerja pencernaan akan mengalami dehidrasi dan penurunan fungsinya.

 

  • Iritasi Usus

 

Dinding usus tidak akan kuat jika terus-menerus tersiram langsung oleh asam asetat dalam jumlah banyak. Kondisi ini akan mengakibatkan iritasi pada usus oleh enzim lipase yang akan mengganggu sistem pencernaan.

 

  • Iritasi Lambung

 

Tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak dinding lambung yang begitu lunak dan sensitif terhadap asam cuka. Pasalnya, dalam lambung sudah ada tingkat keasaman tertentu yang sebenarnya tidak boleh ada asam lain yang masuk. Dinding lambung yang mengalami panas akibat asam asetat mengakibatkan rasa perih karena teriritasi.

 

  • Merusak Enamel Gigi

 

Tingkat keasaman cuka yang tinggi bersifat erosi, menghancurkan, dan mengikis pelindung gigi bagian luar (enamel). Pengikisan  berupa rusaknya enamel gigi yang jika terus berkelanjutan akan mengakibatkan gigi cepat keropos dan mudah patah.

 

  • Asam Lambung Naik

 

Lambung memiliki kemampuan untuk menerima zat asam dari luar tubuh dalam jumlah tertentu. Jika melebihi asam alami yang ada pada lambung, hal yang akan terjadi adalah penumpukan gas melebihi ukuran lambung itu sendiri.

Akibatnya, lambung jadi mengembang dan terasa sesak. Pada akhirnya, kondisi ini akan membuat perut nyeri, mual, melilit, dan ingin muntah karena  mendapat tekanan dari dalam. Itulah proses mengapa asam lambung bisa naik.

 

  • Asam dalam Darah Meningkat

 

Pada dasarnya, darah memiliki keasaman sendiri yang fungsinya untuk menyeimbangkan kondisi sel darah merah dan putih. Jika keasaman tersebut tercemar dengan asam asetat, kadar keasaman dalam darah akan meningkat, yang mengakibatkan kelainan darah dan kerusakan fungsi darah.

 

  • Mengganggu Kinerja Jantung

 

Asam asetat dalam cuka dapat membuat pembuluh darah di jantung menjadi mengerut. Ini merupakan reaksi ketika pembuluh tidak menerima zat yang mempunyai kadar keasaman terlalu tinggi. Hal ini yang membuat kinerja jantung menjadi tidak normal ketika memompa darah.

Nah, ternyata sangat berbahaya mengkonsumsi asinan setiap hari. Untuk kamu yang ingin berdiskusi dengan dokter ahli terkait masalah kesehatan, kamu bisa download aplikasi Halodoc. Di sana kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter melalui Chat, Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat dengan layanan Apotek Antar. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: