Anak Alami Alergi, Atasi dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
anak-alami-alergi-atasi-dengan-5-cara-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Pernahkan Si Kecil menunjukkan tanda-tanda alergi, seperti bersin-bersin, gatal, dan muncul ruam merah pada kulit? Alergi adalah kondisi umum yang sering dialami anak-anak. Penyebabnya adalah karena sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi yang berlebihan terhadap suatu zat yang memicu alergi atau disebut juga alergen. Lalu, apa yang harus ibu lakukan bila anak alergi? Intip cara-cara mengatasi alergi pada anak di sini.

Sampai saat ini, penyebab alergi masih belum diketahui secara pasti. Namun, faktor genetik dipercaya sangat berpengaruh terhadap terjadinya alergi pada anak. Bila kedua orangtua memiliki riwayat alergi, maka risiko anak mengalami alergi meningkat hingga 70 persen. Faktor lain yang bisa menjadi penyebab alergi pada anak adalah makanan dan lingkungan. Namun, kebanyakan alergi anak lebih sering disebabkan oleh makanan dibandingkan lingkungan.

Baca juga: Alergi Juga Bisa Diturunkan dari Orang Tua

Untuk bisa memberikan penanganan yang tepat pada anak, ibu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan anak alergi. Dengan mengetahui penyebabnya, ibu bisa menghindarkan anak dari paparan zat pemicu alergi (alergen), sehingga reaksi alergi tidak akan muncul. Berikut ini 5 jenis alergi yang sering dialami oleh anak beserta cara mengatasinya.

1. Alergi Debu

Alergi debu adalah jenis alergi yang paling umum dialami oleh anak-anak. Debu sangat mudah dijumpai di dalam rumah, seperti pada mainan dan perlengkapan anak.

Cara mengatasinya:

Nah, bila Si Kecil memiliki alergi debu, ibu perlu membersihkan rumah secara rutin, mulai dari tempat tidur, ruangan, dan mainan Si Kecil. Hal ini agar tidak ada lagi tumpukan debu atau tungau yang bisa memicu reaksi alergi pada anak. Selain itu, hindari juga merokok di dekat anak. Bila perlu, pakaikan masker pada anak setiap kali mau keluar rumah.

2. Alergi Makanan

Selain debu, makanan juga merupakan penyebab alergi pada anak-anak yang paling umum. Makanan yang paling sering menyebabkan alergi, antara lain, kacang, telur, susu, ikan, dan kerang. Bila anak yang memiliki alergi makanan mengonsumsi makanan pemicu alergi, biasanya gejala yang akan muncul berupa muntah, gatal-gatal di area sekitar mulut, dan sakit perut.

Baca juga: Curiga Anak Kena Alergi Telur? Cari Tahu dengan 4 Tes Ini

Cara mengatasinya:

Bila penyebab alergi pada anak adalah makanan, maka hindarkan anak dari makanan yang berpotensi menyebabkan alergi, terutama kacang-kacangan. Ibu bisa menjadikan saran dokter sebagai acuan bila memang ragu akan jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi pada anak. Biasanya, alergi makanan bisa mereda saat anak beranjak dewasa, tapi bila terbawa sampai dewasa, sebaiknya tetap hindari makanan yang menjadi pemicu alergi tersebut.  

3. Alergi Dingin

Jenis alergi ini terjadi bila anak terpapar suhu udara yang dingin. Alergi dingin pada anak bisa dikenali dari gejalanya yaitu berupa kulit memerah, bengkak, dan gatal.

Cara mengatasinya:

Pakaikan baju yang tebal pada anak saat berada di suhu dingin dan berikan makanan atau minuman yang hangat untuk membuatnya merasa lebih nyaman.

4. Alergi Bulu Hewan Peliharaan

Memelihara hewan di rumah memang bisa memberi dampak baik pada anak. Namun hati-hati, bulu hewan peliharaan juga bisa menjadi pemicu alergi pada anak, lho. Ciri-ciri anak mengalami alergi bulu hewan, yaitu merasa gatal-gatal dan sesak napas setiap kali berdekatan dengan hewan.

Baca juga: 6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak

Cara mengatasinya:

Sebaiknya jangan biarkan anak berdekatan dengan hewan peliharaan atau biarkan hewan tetap di dalam kandang.

5. Alergi Zat Kimia

Beberapa anak mempunyai alergi terhadap zat kimia yang terkandung dalam deterjen atau produk pewangi baju. Biasanya, alergi ini menimbulkan ruam atau gatal pada seluruh tubuh.

Cara mengatasinya:

Gunakan deterjen atau pewangi yang berbahan aman dan tidak menimbulkan alergi. Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mengatasi alergi pada anak selain menghindari pemicunya (alergen). Bila gejala alergi semakin parah, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Untuk mengetahui penyebab alergi pada anak, ibu bisa membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili mealibu di sini. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.