Alergi Juga Bisa Diturunkan dari Orang Tua

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alergi Juga Bisa Diturunkan dari Orangtua

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami gatal-gatal disertai ruam merah pada kulit usai menyantap suatu makanan? Jika iya, itulah yang dinamakan alergi. Dalam istilah medis, alergi dijelaskan sebagai serangkaian gejala yang timbul sebagai respon dari sistem imun tubuh terhadap zat tertentu, yang disebut alergen. Banyak pendapat mengatakan alergi merupakan sesuatu yang diturunkan dari orang tua (genetik). Benarkah demikian?

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya alergi. Mulai dari genetik, lingkungan, kekurangan vitamin D, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat. Namun, anak yang lahir dari orang tua yang memiliki alergi kacang, memiliki risiko tujuh kali lebih besar untuk memiliki alergi yang sama, dibandingkan anak lain yang orangtuanya tidak alergi kacang. Hal ini menunjukkan bahwa faktor keturunan merupakan faktor yang menyebabkan seseorang memiliki alergi terhadap sesuatu.

Lebih lanjut, alergi makanan cenderung lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Data menyebutkan bahwa persentase alergi makanan pada anak-anak mencapai 8 persen, sedangkan pada orang dewasa hanya sebesar 5 persen. Seiring bertambahnya usia dan kuatnya daya tahan tubuh, alergi makanan pada sebagian anak akan menghilang dengan sendirinya. Meski pada sebagian anak lainnya ada pula yang tetap memilikinya hingga dewasa.

Apakah Jenis Alergi Anak Akan Selalu Sama dengan Orang Tuanya?

Beberapa gen yang diduga berkaitan erat dengan alergi. Data juga menunjukkan bahwa risiko alergi anak meningkat sekitar 2-4 kali lipat pada mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan alergi. Risiko alergi anak diketahui lebih tinggi apabila ibu atau kedua orang tuanya memiliki alergi.

Namun, apakah jenis alergi yang dimiliki anak akan sama dengan orang tuanya? Ternyata tidak. Kondisi yang diturunkan hanya risiko atau kemungkinan alergi, bukan jenis alerginya. Artinya, jika orang tua memiliki alergi, anak memiliki kemungkinan alergi yang lebih tinggi. Namun, jenis alergi yang dimiliki dapat berbeda antara anak dan orang tua.

Apakah Bisa Disembuhkan?

Hingga saat ini, semua obat yang digunakan untuk alergi sebenarnya hanya mampu meredakan reaksi alergi yang muncul, bukan menyembuhkan sepenuhnya. Jika seorang anak memiliki alergi yang diturunkan secara genetik dari orang tuanya, umumnya anak tersebut akan terus memiliki alergi tersebut hingga dewasa. Meskipun tidak bisa dihilangkan, kambuhnya alergi bisa dicegah. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang bakal berisiko memicu timbulnya alergi anak.

Misalnya jika alergi telur, itu artinya kamu tak boleh lagi mengonsumsi telur dan makanan yang mengandung telur. Konsumsi makanan sehat dan jangan lupa berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit. Lalu, jika misalnya kamu alergi debu, jaga selalu kebersihan rumah dan sering-seringlah mengenakan masker. Untuk mengetahui dan memastikan jenis alergi yang diidap, pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan.

Itulah sedikit penjelasan tentang alergi yang ternyata bisa diturunkan dari orang tua. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: