• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Keseringan Main Gadget Jadi Sulit Bersosialisasi?

Anak Keseringan Main Gadget Jadi Sulit Bersosialisasi?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Membicarakan teknologi yang berkembang saat ini tentunya akan banyak manfaat positif yang bisa kamu rasakan. Gadget menjadi barang elektronik yang tidak bisa lepas dari pandangan banyak orang, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Manfaat positif dari teknologi maupun gadget yang dirasakan, berdampingan dengan kondisi kecanduan gadget yang memberikan dampak buruk, khususnya pada anak-anak.

Baca juga: Si Kecil Kecanduan Gadget, Ini Dampaknya pada Kesehatan

Memberikan anak gadget bukanlah larangan, namun sebaiknya perhatikan waktu bermain anak menggunakan gadget agar tidak menjadi kebiasaan buruk. Ada berbagai dampak negatif yang mungkin terjadi pada anak yang kecanduan gadget. Selain bisa merusak kondisi mata, benarkah memberikan anak bermain gadget tanpa dibatasi dapat menyebabkan anak kesulitan bersosialisasi?

Kesulitan Bersosialisasi Hingga Penurunan Akademik

Mengenalkan anak pada gadget akan berdampak baik pada anak ketika orangtua selalu memerhatikan waktu dan konten yang disaksikan oleh anak. Melansir dari ID Tech, memberikan anak bermain dengan gadget membantu untuk meningkatkan daya berpikir dan kreativitas anak. Selain itu, anak mampu belajar berbagai bahasa baru yang mungkin ditemui dalam gadget yang ia gunakan.

Namun, anak tetap perlu pengawasan dan pendampingan orangtua selama bermain gadget. Pendampingan dalam penggunaan gadget pada anak menekan risiko anak mengalami kecanduan. Ada beberapa dampak yang mungkin dialami anak ketika terlalu sering menggunakan gadget.

Melansir dari Science Daily, anak-anak yang terlalu sering bermain gadget dapat mengalami keterlambatan dalam kemampuan berbicara. Jadi, sebaiknya ibu mengurangi waktu bermain anak dengan gadget dan mulailah untuk mengajaknya berbicara dengan baik. Jangan lupa untuk bertatap mata dengan anak ketika mengajaknya berbicara.

Baca juga: Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Milenial

Selain itu, terlalu banyak bermain gadget juga membuat anak lebih kesulitan untuk bersosialisasi. Mengapa hal ini terjadi? Bermain gadget dalam waktu yang cukup lama membuat anak berdiam diri pada satu tempat dan menyebabkan anak kurang kontak langsung dengan teman-teman sebayanya atau orang lain.

Kondisi ini yang menyebabkan anak merasa tidak nyaman ketika berada di antara orang baru. Ajak anak mengunjungi taman bermain atau rumah kerabat terdekat untuk mengisi waktu luang agar anak terhindar dari waktu bermain gadget. Selain itu, melansir Very Well Family, kecanduan gadget bisa membuat anak mengalami penurunan akademik. 

Keseringan bermain gadget juga bisa menyebabkan anak mengalami gangguan tidur. Sebaiknya hindari anak bermain gadget saat menjelang tidur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan anak mengalami insomnia.

Tentunya insomnia yang berkepanjangan pada anak-anak mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembanganya. Sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter ketika anak mengalami gangguan kesehatan. 

Hindari Anak Kecanduan Gadget

Ibu, tidak ada salahnya lebih bijak dalam mengatur waktu bermain gadget pada anak. Izinkan anak hanya menggunakan gadget selama dua jam dalam satu hari atau hanya bermain gadget di akhir pekan saja. Selain itu, buatlah peraturan untuk tidak menggunakan gadget saat waktu makan atau berkumpul dengan keluarga. Buatlah waktu berkumpul dengan keluarga untuk berkomunikasi secara langsung antar keluarga.

Baca juga: Waspada Bahaya Nomophobia Mengintai Anak

Sebaiknya ibu membuat permainan yang menyenangkan bagi anak untuk mengisi waktu luang agar anak dapat menghindari bermain gadget. Ibu bisa mengajak anak untuk berolahraga, seperti bermain sepeda atau berenang. Selain mengurangi dampak buruk teknologi, tumbuh kembang anak juga akan semakin sehat. 

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. The Harmful Effects of Too Much Screen Time for Kids
Science Daily. Diakses pada 2020. Handheld Screen Time Linked with Speech Delays in Young Children
ID Tech. Diakses pada 2020. Benefits of Technology and The Right Kind of Screen Time for Children