Aturan Aman Penggunaan Gadget pada Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
penggunaan gadget pada anak

Halodoc, Jakarta – American Association of Pediatrics (AAP) melaporkan bahwa anak-anak menghabiskan rata-rata tujuh jam sehari untuk menggunakan media. Ini termasuk televisi, laptop, smartphone, dan alat elektronik lainnya. Padahal, sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan media terlalu dini dan berlebihan bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak, lho.

Baca juga: Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Milenial

Berikut adalah beberapa dampak buruk penggunaan gadget pada anak:

  • Rentan mengalami ketergantungan pada gadget.
  • Memengaruhi kemampuan berbicara dan bersosialisasi.
  • Memengaruhi perkembangan kesehatan mental dan sosial.
  • Berisiko terpapar pengaruh buruk dari internet, termasuk rentan menjadi korban bullying.

Aturan Aman Penggunaan Gadget pada Anak

Berikut adalah beberapa aturan penggunaan gadget pada anak sesuai anjuran yang dikeluarkan oleh American Association of Pediatrics (AAP):

Baca juga: Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

1. Usia di Bawah 18 Bulan

Si Kecil hanya boleh menggunakan fitur video chatting dan video call pada gadget. Ini bertujuan untuk membantu Si Kecil memahami pentingnya untuk tetap saling berkomunikasi dengan keluarga meski jarak memisahkan. Dengan begitu, Si Kecil akan belajar bahwa gadget adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi.

2. Usia 18-24 Bulan

Tips aman bermain gadget di usia ini adalah tentang pentingnya pendampingan. Sebab tanpa pendampingan orangtua, Si Kecil akan kesulitan untuk memahami apa yang ia pada gadget. Bantu Si Kecil untuk memilih program/aplikasi yang edukatif dan berkualitas baik. Namun, dibanding menghabiskan waktu lama dengan gadget, ibu bisa mengajak Si Kecil melakukan aktivitas yang lebih interaktif. Aktivitas ini bisa membantu menstimulasi perkembangan otak Si Kecil, termasuk kemampuan berbicara dan bersosialisasi.

3.  Usia 2-5 Tahun

Berikut adalah beberapa aturan aman bermain gadget di usia 2-5 tahun:

  • Batasi waktu Si Kecil bermain gadget, yaitu maksimal 2 jam per hari. Tetapkan juga kapan dan dimana Si Kecil boleh dan tidak boleh menggunakan gadget.
  • Jangan izinkan Si Kecil bermain gadget saat makan, waktu belajar, dan satu jam sebelum tidur. Matikan televisi dan hindari gadget dari Si Kecil di waktu-waktu tersebut.
  • Pilih program televisi yang edukatif, informatif, dan tidak mengandung kekerasan. Pastikan ibu selalu mendampingi Si Kecil saat ini menonton televisi atau menonton video melalui smartphone.
  • Jangan memberikan Si Kecil gadget saat rewel. Jika dibiasakan, ini akan memengaruhi perkembangan pengendalian emosinya.
  • Jangan meletakkan televisi di kamar Si Kecil agar tidak memengaruhi kualitas dan kebiasaan tidur Si Kecil.
  • Pastikan juga Si Kecil tetap melakukan aktivitas fisik yang interaktif. Misalnya, membaca atau bermain bersama keluarga dan teman sepermainannya.

4. Usia 6 Tahun dan Lebih

Tetap batasi waktu dan jenis tayangan yang Si Kecil lihat melalui gadget. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa penggunaan gadget tidak memengaruhi kualitas tidur, aktivitas fisik, dan perilakunya. Agar komunikasi tetap terjalin, ibu bisa menyediakan waktu khusus untuk berbincang dengan Si Kecil. Misalnya, saat makan siang/malam, di dalam kendaraan, atau di kamar tidur. Pastikan juga ibu memberitahu Si Kecil tentang batasan dalam penggunaan gadget, termasuk tentang etika dan cara menghargai orang di dunia nyata dan maya.

Itulah beberapa aturan penggunaan gadget pada anak. Kalau Si Kecil tidak bisa lepas dari gadget, ibu bisa berbicara dengan dokter Halodoc. Sebab melalui Halodoc, ibu bisa berbicara dengan dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!