• Home
  • /
  • Anak Main di Luar, Waspada 4 Luka Ini

Anak Main di Luar, Waspada 4 Luka Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
anak-main-di-luar-waspada-4-luka-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta - Sebelum gadget berkembang secara pesat seperti sekarang ini, anak-anak lebih suka menghabiskan aktivitas di luar rumah untuk sekedar bermain bola atau berlarian. Namun, seiring perkembangan zaman, gadget menguasai dunia anak dan hal ini perlu dibatasi.

Tidak jarang orangtua yang lebih suka Si Kecil bermain gadget ketimbang bermain di luar rumah, dengan alasan “takut jatuh atau takut kotor”. Padahal, memperbolehkan Si Kecil bermain dengan teman-teman di luar rumah akan memberikan manfaat penting bagi perkembangan dan pergaulannya.

Boleh Waspada, Tetapi Jangan Berlebihan

Membiarkan Si Kecil bermain bebas di luar ruangan memang berisiko membuatnya terluka karena jatuh. Namun, sebaiknya ibu tidak membatasinya, terutama jika mereka bermain hanya di sekitaran rumah. Beberapa hal yang harus ibu waspadai adalah:

  1. Jatuh terkena aspal jalanan.
  2. Tergores akar pohon.
  3. Lecet terkena perosotan.
  4. Gatal karena digigit serangga.

Ibu memang selalu khawatir ketika Si Kecil terkena sedikit luka. Lagi-lagi, ibu boleh saja waspada, tetapi jangan terlalu berlebihan, ya! Nah, jika Si Kecil mengalami luka-luka kecil karena aktivitas luar ruangan, ibu bisa memberikannya antiseptik yang dapat digunakan sebagai pembersih luka yang praktis dan modern.

Hansaplast Spray Antiseptik kini hadir dengan kandungan Polyhexamethylene Biguanide (PHMB) di dalamnya. PHMB merupakan kandungan antiseptik yang direkomendasikan oleh Consensus International dan menjadi standar medis untuk membersihkan luka. Para dokter biasa menggunakan zat antiseptik dengan kandungan PHMB karena efektif mencegah infeksi, tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak perih digunakan sehingga anak-anak akan merasa lebih nyaman.

Dalam hal ini, ibu bisa menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik dengan menyemprotkannya di area luka pada anak dengan jarak 10 sentimeter. Ibu bisa mengulanginya jika diperlukan.

Jangan lupa untuk menutup luka yang telah dibersihkan guna menjaganya dari kuman dan bakteri. Ibu juga harus rutin mengganti plester luka pada anak setelah menyemprotkan kembali Hansaplast Spray Antiseptik.

Namun, ibu jika Si Kecil mengalami luka parah dengan darah yang mengalir deras dari tubuh. Terkait hal ini, ibu harus segera memeriksakan Si Kecil di rumah sakit terdekat agar Si Kecil segera mendapatkan perawatan yang tepat untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

 

Anak Bermain di Luar Rumah, Ini Manfaatnya

Pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental dapat terlatih ketika mereka banyak berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil:

  • Merangsang pertumbuhan tulang anak. Vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari dapat membantu pertumbuhan tulang anak. Hal ini tidak akan didapatkan jika anak hanya berdiam diri di rumah dengan bermain gadget.
  • Anak jadi berolahraga. Mereka akan menyukai aktivitas berlarian di luar rumah dengan teman-teman. Hal ini akan membuat mereka aktif bergerak dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.
  • Melatih pola pikir. Jika anak bermain di luar, mereka akan menghadapi masalahnya sendiri. Hal ini akan melatih pola pikir untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, sehingga mereka bisa menjadi lebih mandiri.
  • Melatih rasa percaya diri. Berinteraksi dengan dunia luar dapat membangun rasa percaya diri anak, karena mereka akan bertemu dan berinteraksi dengan orang baru dan lingkungan baru.

Referensi:

Child Mind Institute. Diakses pada 2019. Why Kids Need to Spend Time in Nature

raisingchildren.net.au. Diakses pada 2019. Suitable for 0-8 Years. Outdoor Play.

National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine. Diakses pada 2019. Consensus on Wound Antisepsis: Update 2018.