29 June 2018

4 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

manfaat vitamin d, berjemur, menjaga kesehatan tulang

Halodoc, Jakarta – Saat bayi baru lahir, pasti kamu sering menyaksikan bayi-bayi yang sedang berjemur bersama ibunya di bawah sinar matahari pagi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena beberapa penelitian menyatakan bahwa kegiatan semacam ini memang perlu dilakukan untuk mendapatkan vitamin D secara langsung yang berguna untuk menjaga dan merawat kesehatan tulang.

Uniknya lagi, vitamin D ini berbeda dengan vitamin jenis lain dan dianggap sebagai pro-hormon. Mengapa demikian? Sebab, vitamin D sendiri mampu diproduksi oleh tubuh manusia dan sumbernya dari sinar matahari pagi yang terserap oleh kulit. Kegiatan berjemur ini sangat baik terutama untuk anak di bawah usia tiga tahun.

Ibu dapat mengajak Si Kecil bermain di bawah sinar matahari dari pukul 7 hingga 9 pagi, atau maksimal 30 menit setiap hari. Selain itu, ibu juga bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Manfaat vitamin D untuk kesehatan, antara lain:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D ialah nutrisi yang sangat penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam aliran darah. Oleh sebab itu, kedua zat tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan menguatkan gigi. Vitamin D juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk menghindarkannya dari rakhitis, yakni kondisi saat tulang tidak keras dan kokoh akibat kekurangan mineral di dalamnya, sehingga tulang akan rapuh dan aktivitasnya akan terganggu.

Selain itu, manula juga harus mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk menghindarkan mereka dari osteoporosis. Sehingga, manula dan anak-anak selain harus rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi juga harus memenuhi asupan vitamin D melalui makanan sehat yang tadi disebutkan.

Baca juga: 4 Latihan Perbaiki Struktur Tulang

  1. Meremajakan Kulit

Para wanita yang ingin kulit tubuhnya tetap terlihat sehat dan cantik harus rajin mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi semisal ikan, telur, dan margarin. Manfaat Vitamin D akan terasa jika jumlahnya tercukupi setiap hari. Vitamin D akan membantu peremajaan sel-sel kulit tubuhmu, sehingga kulit tubuhmu akan terlihat segar dan sehat. Jenis vitamin yang diperlukan tersebut yakni vitamin D2 dan D3 yang berperan besar dalam pencegahan penyakit seperti psoriasis.

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Dalam vitamin D terdapat molekul aktif yang disebut kalsitriol, yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dengan cara membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Kalsitriol juga berfungsi sebagai immunomodulator yang menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Maka dari itu, vitamin D yang terdapat dalam sayuran hijau dan beberapa makanan lain akan sangat baik untuk kamu konsumsi setiap hari. Penyakit ringan seperti flu, demam, pilek, dan sakit kepala akan terhindar dengan sendirinya berkat perlindungan dari vitamin D.

  1. Mencegah Kanker

Molekul kalsitriol yang sempat disebutkan sebelumnya juga ternyata mampu mengurangi perkembangan sel kanker dengan mematikan sel-sel kanker tersebut. Zat ini juga akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker dan mengurangi pertumbuhan, pertambahan, dan penyebarannya. Dengan begini, kamu akan tercegah dari kanker usus besar, kanker prostat, maupun kanker payudara.

Baca juga: 5 Manfaat Sehat untuk Mengobati Kanker Prostat

Masih banyak manfaat vitamin D untuk tubuh, lho. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, sebaiknya kamu bertanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video/Voice Call atau Chat dengan dokter ahli untuk langsung mendapatkan jawaban. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!