• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anemia Dapat Sebabkan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Anemia Dapat Sebabkan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Anemia Dapat Sebabkan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

“Anemia dapat menyebabkan rambut rontok karena kekurangan zat besi. Zat besi memiliki peranan penting dalam memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin inilah yang membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tubuh. Ini termasuk juga sel-sel yang merangsang pertumbuhan rambut.”

Halodoc, Jakarta –  Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuhnya, atau tubuh mereka tidak dapat menggunakan zat besi dengan baik. Salah satu gejala anemia adalah kerontokan rambut. 

Kerontokan rambut karena anemia disebabkan karena simpanan zat besi yang rendah pada tubuh. Zat besi merupakan komponen penting dalam enzim yang disebut ribonucleotide reductase yang membantu pertumbuhan sel. Itulah sebabnya kekurangan zat besi dapat memicu kerontokan rambut. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Kekurangan Zat Besi Picu Rambut Rontok

Rambut rontok memiliki banyak penyebab, salah satunya adalah kekurangan zat besi. Ketika kamu tidak memiliki cukup zat besi, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh, termasuk sel-sel yang merangsang pertumbuhan rambut.

Baca juga: Kenali 4 Sayuran yang Bisa Jadi Penambah Darah

Kerontokan rambut akibat kekurangan zat besi dapat terlihat seperti kerontokan rambut pada umumnya. Contohnya seperti garis rambut di dahi yang semakin mundur, atau kebotakan di area tengah rambut. 

Jika kamu mengalami kerontokan rambut, kamu mungkin melihat lebih banyak rambut berguguran di saluran pembuangan kamar mandi atau di sisir. Dalam kasus yang lebih lanjut kamu mungkin menemukan melihat bintik-bintik botak di kulit kepala.

Sebagian besar kerontokan rambut yang terkait dengan kekurangan zat besi termasuk anemia adalah kondisi yang tidak permanen. Cara terbaik untuk mengatasi kerontokan rambut adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasari masalah tersebut. 

Pemberian suplemen zat besi ataupun penanganan langsung kondisi anemia adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kerontokan rambut. Informasi selengkapnya mengenai anemia dapat sebabkan rambut rontok bisa ditanyakan langsung melalui aplikasi Halodoc!

Anemia defisiensi zat besi adalah salah satu jenis anemia yang bisa mengakibatkan rambut rontok. Bila kamu mengidap kondisi ini, penanganan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Baca juga: Makanan Penambah Darah untuk Pengidap Anemia

1. Pemberian Suplemen Zat Besi

Dokter akan merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi suplemen zat besi setiap hari untuk membantu tubuh memulihkan kadar zat besi dari waktu ke waktu. Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen zat besi. Soalnya suplemen zat besi dapat menyebabkan efek samping pada tubuh. Seseorang mungkin harus mengonsumsi suplemen zat besi selama 3 hingga 6 bulan sebelum simpanan zat besinya mencapai tingkat normal.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Cara Perawatan Rambut Rontok untuk Wanita

2. Suntikan zat besi

Dokter dapat merekomendasikan suntikan zat besi untuk meningkatkan kadar zat besi lebih cepat. Orang yang mengidap anemia berat mungkin juga memerlukan suntikan zat besi atau zat besi intravena. 

3. Perubahan pola makan

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan kaya zat besi termasuk daging merah, ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. 

Selain kekurangan zat besi akibat anemia, ada banyak penyebab rambut rontok lainnya. Contohnya termasuk perawatan rambut yang kamu gunakan sehari-hari, ketidakseimbangan hormon, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, sampai mengidap penyakit menular seksual. Yuk, konsultasikan kondisi rambut rontokmu dengan dokter langsung di Halodoc!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2021. Hair Loss: Who Gets and Causes
Medical News Today. Diakses pada 2021. Can an Iron Deficiency Cause Hair Loss?
Healthline. Diakses pada 2021. Iron Deficiency and Hair Loss