• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Antiperadangan hingga Perangi Kanker, Ini 6 Manfaat Biang Kunyit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Antiperadangan hingga Perangi Kanker, Ini 6 Manfaat Biang Kunyit

Antiperadangan hingga Perangi Kanker, Ini 6 Manfaat Biang Kunyit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Desember 2022

“Manfaat biang kunyit datang dari kandungan kurkuminnya. Selain antiperadangan dan memerangi kanker, biang kunyit juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori.”

Antiperadangan hingga Perangi Kanker, Ini 6 Manfaat Biang KunyitAntiperadangan hingga Perangi Kanker, Ini 6 Manfaat Biang Kunyit

Halodoc, Jakarta –  Kunyit dan biang kunyit pada dasarnya adalah dua hal yang sama, hanya bentuknya saja sedikit berbeda. Biang kunyit bentuknya bulat dan ukurannya jauh lebih besar ketimbang kunyit. Jadi, baik kunyit dan biang kunyit memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda.

Beberapa manfaat biang kunyit adalah antiperadangan dan kanker. Biang kunyit juga memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak. Sebagian besar manfaat kunyit tak lain dari bahan aktif utamanya kurkumin. Informasi selengkapnya mengenai manfaat biang kunyit untuk kesehatan bisa kamu baca di sini!

Manfaat Biang Kunyit untuk Kesehatan

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kurkumin sebagai senyawa utama pada biang kunyit, ternyata bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker. Kurkumin bekerja untuk membunuh sel kanker, mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), dan mengurangi metastasis (penyebaran kanker).

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kunyit tidak hanya bermanfaat memerangi kanker melainkan juga antiperadangan. Biang kunyit pun punya segudang manfaat lainnya, yaitu: 

1. Meningkatkan Memori

Kurkumin dapat membantu menguatkan memori serta meningkatkan kinerja daya ingat pada orang dewasa tanpa demensia. Pasalnya, kurkumin pada biang kunyit dapat mengurangi efek peradangan otak. Sifat antioksidan, kurkumin juga menurunkan risiko penurunan neurokognisi, yaitu kemampuan untuk berpikir dan bernalar.  

2. Mengurangi Rasa Sakit

Biang kunyit juga memiliki manfaat untuk mengobati radang sendi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak biang kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. 

3. Melawan Radikal Bebas

Biang kunyit memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dengan menetralisirnya. Efek antioksidan pada kunyit juga dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan kemampuannya membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, biang kunyit juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Biang kunyit dapat membantu menetralisir tekanan darah tinggi yang memiliki sumbangan besar pada penyakit jantung.

Mengonsumsi kurkumin buat orang yang menjalani operasi bypass arteri koroner, dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

5. Mengelola Kadar Kolesterol

Kunyit juga dapat membantu bila digunakan bersama dengan obat untuk mengelola kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin aman dan direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap penyakit jantung, terutama yang punya masalah dengan kolesterol yang tinggi. 

6. Membantu Melawan Depresi

Jika kamu mengalami depresi, protein yang dikenal sebagai brain-derived neurotrophic factor (BNF) berkurang. Depresi juga bisa menyebabkan gangguan pada hippocampus. Kedua hal ini memiliki peranan untuk pembelajaran dan memori. Depresi lambat laun akan membuat otak menyusut.

Untungnya, kurkumin dapat meningkatkan kadar BNF dan dapat membalikkan perubahan. Kurkumin sama efektifnya dengan fluoxetine, yakni sejenis obat antidepresi. Kurkumin juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin yang merupakan bahan kimia di otak pengatur suasana hati dan fungsi tubuh lainnya.

Akan tetapi, penggunaan biang kunyit untuk pengobatan lebih baik bila digunakan yang dalam bentuk suplemen. Biang kunyit dalam bentuk suplemen lebih mudah diserap ke dalam aliran darah. Biasanya dikarenakan kandungan piperin yang merupakan zat alami dan dapat membantu penyerapan kurkumin.

Itulah informasi mengenai manfaat biang kunyit sebagai antiperadangan, memerangi kanker, dan manfaat lainnya. Kalau kamu tertarik ingin membeli suplemen kurkumin, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Turmeric.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin.