• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Bedanya Basal Cell Carcinoma dan Squamous Cell Carcinoma?

Apa Bedanya Basal Cell Carcinoma dan Squamous Cell Carcinoma?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, jika kamu ingin berjemur sebaiknya perhatikan waktu dan durasi yang baik untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Jangan sampai kamu malah salah waktu dan mengalami gangguan kesehatan kulit, salah satunya adalah kanker kulit.

Baca juga: Kenali Tahi Lalat yang Menandakan Kanker Kulit

Kanker kulit menjadi salah satu jenis kanker yang menyerang jaringan kulit. Ada beberapa tanda yang menjadi gejala awal dari perkembangan sel kanker pada kulit, seperti muncul bercak dan tahi lalat dalam ukuran dan bentuk yang tidak normal.

Kenali Lebih Banyak Mengenai Karsinoma

Kanker kulit memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan kanker kulit melanoma. Umumnya yang paling sering terjadi adalah kanker kulit karsinoma dengan jenis karsinoma sel basal dan juga karsinoma sel skuamosa. Meskipun jarang terjadi, kanker kulit jenis melanoma lebih berbahaya dibandingkan kedua jenis kanker kulit karsinoma.

Baca juga: Sering Terpapar Sinar Matahari Sebabkan Karsinoma Sel Skuamosa?

Dilansir dari Medical News Today, kanker kulit karsinoma merupakan kanker kulit non melanoma. Karsinoma merupakan jenis kanker kulit yang menyerang jaringan epitel yaitu jaringan yang berada di bawah kulit. Kanker kulit karsinoma memiliki dua jenis kanker kulit yang berbeda. Apa perbedaannya?

  • Karsinoma Sel Basal

Umumnya, munculnya karsinoma sel basal ditandai dengan beberapa tanda yang cukup khas, yaitu munculnya benjolan yang rentan mengeluarkan darah dan bertambah besar dari hari ke hari. Benjolan yang umumnya tidak terasa sakit tersebut akan muncul pada beberapa bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti pada wajah, leher, maupun bagian tangan.

Benjolan yang muncul umumnya berbeda tiap pengidapnya. Namun, sebaiknya waspada jika muncul ruam datar yang memiliki sisik dan berwarna kemerahan pada beberapa bagian tubuh yang kerap terpapar sinar matahari. Munculnya lesi yang berwarna putih dan tanpa tepian yang jelas perlu diwaspadai sebagai tanda dari kanker kulit karsinoma sel basal.

Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Kini membuat janji dengan dokter bisa melalui aplikasi Halodoc, sehingga pemeriksaan kesehatan menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

  • Karsinoma Sel Skuamosa

Karsinoma sel skuamosa ditandai dengan munculnya bercak kemerahan pada kulit yang disertai dengan bagian yang bersisik. Umumnya, tanda akan muncul pada beberapa bagian tubuh yang kerap terpapar sinar matahari. Namun, karsinoma sel skuamosa dapat muncul pada beberapa bagian tubuh lainnya yang tidak terpapar sinar matahari langsung, seperti dalam mulut, kelamin, hingga anus. Terkadang pengidap karsinoma sel skuamosa juga mengalami munculnya benjolan yang terasa keras dan padat. 

Baca juga: Ini Penyebab Karsinoma Sel Skuamosa

Lalu, apa perbedaan diantara kedua jenis kanker kulit karsinoma ini? Dilansir dari Medical News Today, kanker kulit karsinoma sel basal berkembang pada bagian sel basal yang merupakan sel kulit bundar yang terletak pada area epidermis kulit di bawah sel skuamosa. Sedangkan karsinoma sel skuamosa membentuk sebagian besar sel kanker pada lapisan atas kulit yang dikenal sebagai epidermis.

 Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. What to Know About Carcinoma
Web MD. Diakses pada 2020. What is Carcinoma?