• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Perawatan yang Diberikan oleh Dokter untuk Menangani Sindrom Carpal Tunnel?

Apa Perawatan yang Diberikan oleh Dokter untuk Menangani Sindrom Carpal Tunnel?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apa Perawatan yang Diberikan oleh Dokter untuk Menangani Sindrom Carpal Tunnel?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah atau sedang mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau lemah pada bagian tangan? Hati-hati, bisa jadi keluhan tersebut menandakan adanya penyakit sindrom carpal tunnel. Sindrom ini terjadi ketika saraf di dalam pergelangan tangan tertekan atau terhimpit.



Ingat, nyeri pergelangan tangan atau sindrom carpal tunnel bukan cuma dialami oleh para lansia saja. Masalah ini bisa saja menyerang seseorang di usia produktif. Lo kok bisa? 

Alasannya sederhana, nyeri pergelangan tangan akibat sindrom carpal tunnel bisa disebabkan karena kebiasaan keliru. Contohnya, posisi kerja yang keliru. Oleh sebab itu, sindrom carpal tunnel tak jarang menjerat karyawan kantoran. 

Pertanyaannya, bagaimana pengobatan atau perawatan untuk menangani sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran?

Baca juga: Alami Carpal Tunnel Syndrome, Kapan Harus Ke Dokter Ortopedi?

Mengatasi Carpal Tunnel pada Karyawan Kantoran

Cara mengatasi sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran tak harus langsung melalui konsumsi obat-obatan. Menurut National Institutes of Health, untuk sindrom carpal tunnel di tahap awal, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk:

  • Memakai bidai (penyangga pada pergelangan tangan atau wrist support) di malam hari selama beberapa minggu. Jika cara ini tidak membantu, kamu mungkin juga perlu memakai wrist support tersebut di siang hari.
  • Hindari tidur dengan posisi kepala bertumpu pada pergelangan tangan.
  • Mengomperes area yang terdampak dengan air hagat atau dingin.

Cara untuk mengatasi sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran, dokter mungkin juga menyarankan kamu untuk melakukan beberapa perubahan di tempat kerja. Tujuannya untuk mengurangi stres pada pergelangan tangan. Perubahan yang disarankan meliputi:

  • Menggunakan perangkat khusus, seperti keyboard, berbagai jenis mouse komputer, alas mouse bantalan, dan keyboard drawers.
  • Minta seseorang untuk meninjau posisimu saat melakukan aktivitas pekerjaan. Misalnya, pastikan keyboard cukup rendah agar pergelangan tangan tidak tertekuk saat mengetik.
  • Membuat perubahan dalam tugas kerja, aktivitas rumah, dan jenis olahraga. Beberapa pekerjaan yang terkait dengan sindrom carpal tunnel termasuk yang melibatkan alat getar.

Andaikan cara-cara di atas tak membuahkan hasil yang maksimal, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk mengatasi keluhan sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran.

Obat yang digunakan untuk mengobati sindrom carpal tunnel contohnya antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. Selain itu, ada juga suntikan kortikosteroid yang diberikan ke area lorong karpal untuk meredakan gejala dalam jangka waktu tertentu.

Nah, kamu bisa kok membeli obat-obatan pereda nyeri untuk mengatasi sindrom carpal tunne menggunakan aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 

Baca jugaAlasan CTS Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Bagaimana bila keluhannya tidak mereda atau semakin berkembang? Nah, di tahap ini dokter mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan prosedur operasi. Operasi sindrom carpal tunnel juga dikenal dengan dekompresi lorong karpal. Proses pembedahan ini bisa dilakukan dengan operasi terbuka atau endoskopi. 

Posisi Keliru yang Menekan Saraf

Sindrom carpal tunnel ini disebabkan akibat tertekannya saraf di pergelangan tangan. Tekanan pada saraf ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya posisi kerja yang keliru. Nah, kebiasaan yang satu ini sering dilakukan oleh karyawan kantoran, khususnya mereka yang mesti duduk seharian. 

Padahal, posisi bekerja menggunakan tangan dalam posisi tidak benar dan dalam waktu lama, bisa menyebabkan nyeri pergelangan tangan. Bahkan, bisa memicu masalah kesehatan seperti sindrom carpal tunnel.

Sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran biasanya kondisi ini terjadi karena cara mengetik yang keliru. Contohnya, posisi yang tidak ergonomis di mana tangan bersandar pada bagian bawah pergelangan tangan, sehingga dalam waktu lama akan menekan saluran karpal. Nah, hal ini yang menyebabkan nyeri pergelangan tangan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Rentan Terkena CTS

Sebaiknya jangan menganggap remeh sindrom carpal tunnel, sebab nyeri yang ditimbulkan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Bahkan, bisa membatasi rentan gerakan tangan dan menimbulkan nyeri pada tulang, sendi, serta jaringan di sekeliling pergelangan tangan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi sindrom carpal tunnel pada karyawan kantoran dan cara mencegahnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Carpal Tunnel Syndrome.
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Carpal Tunnel Syndrome.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Carpal Tunnel Syndrome.