• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Perbedaan Gejala Rematik dan Penyakit Asam Urat?

Apa Perbedaan Gejala Rematik dan Penyakit Asam Urat?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Perbedaan Gejala Rematik dan Penyakit Asam Urat?

Halodoc, Jakarta - Rematik dan penyakit asam urat adalah dua penyakit yang terbilang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu, penyakit-penyakit ini juga bisa dibilang mirip satu sama lain sehingga sulit untuk membedakannya. Tidak sedikit orang yang salah diagnosis kedua penyakit tersebut, padahal penanganannya berbeda satu dengan yang lainnya. Salah satu cara yang dapat terlihat adalah perbedaan gejala antara rematik dan penyakit asam urat. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Beda Gejala dari Rematik dan Penyakit Asam Urat

Memang, banyak orang yang melihat jika rheumatoid arthritis dan gangguan asam urat tidak jauh berbeda. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan gangguan berupa rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian yang menyulitkan untuk bergerak. Perbedaannya adalah rematik disebabkan oleh penyakit autoimun saat sistem kekebalan menyerang sendi sendiri. Sedangkan penyakit asam urat, terjadi karena peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga: Benarkah Penyakit Asam Urat Bisa Diturunkan dalam Keluarga?

Selain itu, usia seseorang juga dapat memberi petunjuk terkait gangguan yang menyerangnya. Memang, rheumatoid arthritis atau rematik dapat menyerang semua orang, tetapi lebih berisiko pada wanita di usia reproduksi subur. Sedangkan pada penyakit asam urat, masalah ini terjadi pada salah satu dari dua tahap kehidupan, yaitu akhir dua puluhan/awal, tiga puluh dan tujuh puluhan, hingga delapan puluhan.

Jika penyakit asam urat terjadi pada usia yang lebih muda, umumnya hal tersebut disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti konsumsi daging-dagingan dan asupan alkohol yang berlebih. Namun, jika masalah ini terjadi saat lanjut usia, kemungkinan disebabkan oleh kerusakan ginjal atau kondisi kesehatan lainnya yang dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Nah, berikut ini beberapa hal yang membedakan gejala dari rematik dengan asam urat yang tinggi di dalam tubuh:

Gejala dari Penyakit Asam Urat

  • Nyeri yang Berpindah-pindah: Asam urat dapat menyerang jempol kaki, tetapi juga dapat terjadi pada pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari. Lokasi tempat terjadinya gangguan ini dapat berbeda-beda tiap kambuh. Kamu mungkin saja mengalami masalah di jempol kaki kanan, tetapi besok terjadi pada pergelangan tangan.
  • Demam: Seseorang yang mengidap penyakit asam urat juga kerap menimbulkan gejala berupa demam. Hal ini dapat disebabkan beban peradangan akibat kekambuhan dan respons tubuh yang kuat, karena terlalu banyaknya asam urat didalam tubuh sehingga timbul demam.
  • Tophi: Sejalan dengan waktu, pengidap asam urat kronis dapat mengembangkan benjolan kecil dan keras di persendian yang terserang. Benjolan yang disebut juga dengan tophi adalah konsentrasi dari kristal asam urat yang menumpuk. Saat terjadi pada ginjal, seseorang dapat mengalami batu ginjal.

Baca juga: Apa Perbedaan Gejala Rematik dan Penyakit Asam Urat?

Gejala dari Rematik

  • Gejala yang simetris: Pada rematik, nyeri sendi biasanya memengaruhi kedua sisi tubuh. Gejala yang terjadi biasanya dimulai dari persendian kecil di tangan dan kaki yang akhirnya berkembang, hingga menimbulkan rasa nyeri pada pergelangan tangan, lutut, siku, pinggul, dan bagian tubuh lainnya.
  • Tubuh Kaku di Pagi Hari: Seseorang yang mengidap gangguan ini dapat merasakan nyeri paling parah di pagi hari. Periode kekakuan yang terjadi dapat berlangsung satu jam atau bahkan lebih. Gerak aktif dapat meringankan gejala rematik, sehingga seseorang merasa lebih baik jika melakukan lebih banyak aktivitas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan gejala dari rheumatoid arthritis (rematik) dengan penyakit asam urat (gout). Jika kamu mengalami salah satu dari semua gejala di atas, ada baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Jangan tunggu sampai masalah yang terjadi semakin parah agar lebih mudah untuk diatasi.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Rematik dan Asam Urat?

Kamu juga dapat memastikan gejala yang dirasakan apakah terjadi karena rematik atau penyakit asam urat pada dokter dari Halodoc. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dari akses kesehatan langsung mendapatkan jawaban dari ahli medis profesional. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mengunduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Creaky Joints. Diakses pada 2020. Gout vs. Rheumatoid Arthritis: What’s the Difference?
Healthline. Diakses pada 2020. Rheumatoid Arthritis vs. Gout: How Do You Tell the Difference?