• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Hal yang Bisa Memicu Trypophobia?

Apa Saja Hal yang Bisa Memicu Trypophobia?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika kamu merasa tidak nyaman hingga merinding saat melihat kumpulan lingkaran seperti sarang lebah, kemungkinan besar kamu mengidap gangguan trypophobia. Saat melihat objek lingkaran tersebut, perasaan yang lebih cenderung dirasakan adalah jijik dibandingkan takut. Namun, apa saja sebenarnya beberapa hal yang menjadi pemicu trypophobia? Berikut ulasan lengkapnya!

Berbagai Pemicu Trypophobia

Trypophobia adalah perasaan takut pada kumpulan lubang kecil, benjolan, hingga pola tertentu. Gangguan ini juga dapat menimbulkan perasaan mual, gatal, berkeringat, gemetar, hingga serangan panik. Bukan hanya melihat objek secara langsung, seseorang yang mengidap gangguan ini juga dapat kambuh saat menemukan gambar di internet atau media cetak yang mampu memicu perasaan tidak nyaman.

Baca juga: Fobia Lubang atau Tonjolan Kecil Tanda Idap Trypophobia

Namun, apakah trypophobia termasuk dalam fobia sesungguhnya?

Fobia adalah sesuatu yang dapat menyebabkan rasa takut dan khawatir sehingga cukup mengganggu rutinitas sehari-hari. Pada trypophobia, gangguan ini tidak memenuhi standar tersebut sehingga tidak termasuk kategori fobia. Selain itu, kelainan ini juga tidak termasuk gangguan mental karena kecenderungan yang timbul lebih ke arah perasaan jijik dibandingkan rasa takut itu sendiri.

Lalu, hal apa saja yang dapat menjadi pemicu terjadinya trypophobia?

Kebanyakan beberapa benda yang dapat memicu gangguan ini memiliki bentuk tumpukan lingkaran kecil-kecil, layaknya sarang lebah. Nah, beberapa benda seperti itu adalah:

  • Plastik gelembung.
  • Karang.
  • Lubang pada daging yang busuk.
  • Mata serangga.
  • Buah delima.
  • Lubang atau kerikil pada beton.
  • Lubang udara di sepotong roti.
  • Kepala bunga teratai.
  • Gangguan kulit, seperti luka, bekas luka, dan bintik-bintik.

Jika kamu mengalami rasa takut atau jijik terkait segala benda yang disebutkan sebelumnya, bisa dipastikan kamu mengidap trypophobia. Kamu hanya perlu menghindari untuk melihat semua objek tersebut agar perasaan tidak nyaman dapat dihindari. Jika lingkungan pekerjaan banyak tumpukan benda yang menyerupai pola tersebut, ada baiknya untuk berdiskusi dengan ahli medis profesional.

Baca juga: Kenali dan Cara Mengatasi Trypophobia

Apabila kamu ingin memeriksakan diri untuk mengetahui kebenaran apabila mengidap trypophobia hingga cara tepat untuk menanganinya, kamu dapat mengatur pertemuan dengan psikolog profesional di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan pemeriksaan kesehatan hanya dengan menggunakan smartphone di tangan!

Cara Diagnosis Trypophobia

Faktanya, dokter tidak tahu banyak tentang trypophobia dan tidak mudah untuk mendiagnosisnya. Seorang psikolog atau dokter akan bertanya tentang gejala yang dirasakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari. Ahli medis mungkin akan memberikan kuisioner yang perlu diisi untuk menilai seberapa parah rasa cemas, dan takut yang timbul saat melihat objek dengan kumpulan bolongan tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat mengambil beberapa tes mandiri yang tersedia secara online, termasuk juga Implicit Trypophobia Measure yang banyak digunakan untuk diagnosis. Sebagai catatan, sebelum tes dilakukan, kamu harus paham jika isinya akan menyertakan gambar yang mengganggu bahkan untuk orang yang normal. Jika diagnosisnya tepat dan kamu merasa butuh bantuan, segera temui ahli medis untuk penanganan lebih lanjut.

Setelah mendapat diagnosis, kebanyakan orang berusaha untuk mendapatkan pengobatan. Langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi trypophobia?

Trypophobia bukanlah kelainan yang nyata, sehingga tidak ada pengobatan yang pasti untuk dilakukan. Meski begitu, beberapa penelitian menyebutkan jika beberapa antidepresan ditambah dengan dilakukannya terapi bicara, seperti terapi perilaku kognitif dapat sangat membantu agar menjadi lebih baik. Metode terapi ini dapat mengubah ide negatif yang dapat menyebabkan ketakutan atau perasaan cemas tersebut.

Baca juga: 3 Fakta tentang Fobia Lubang alias Trypophobia yang Perlu Diketahui

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang dapat menjadi pemicu trypophobia. Jika kamu merasa takut atau jijik saat melihat objek tersebut, kemungkinan besar benar jika kamu mengalami masalah ini. Selama tidak menimbulkan masalah yang besar pada kehidupan sehari-hari, pengobatan mungkin belum perlu dilakukan.

Referensi:
Very Well Mind. DIakses pada 2021. Trypophobia or the Fear of Holes.
Web MD. Diakses pada 2021. Trypophobia.