• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Hipnoterapi Ampuh Mengatasi Gangguan Kecemasan?

Apakah Hipnoterapi Ampuh Mengatasi Gangguan Kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apakah Hipnoterapi Ampuh Mengatasi Gangguan Kecemasan?

“Hipnoterapi sudah lama dikenal bisa membantu masalah kesehatan tertentu. Cara kerjanya adalah dengan memberi sugesti atau kepercayaan pada pasien, sehingga mengurangi rasa nyeri, takut, stres, dan membuat perasaan lebih rileks.”

Halodoc, Jakarta – Hipnoterapi alias terapi hipnosis merupakan metode pengobatan alternatif yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan fisik maupun mental. Prosedur ini dilakukan oleh tenaga ahli, sehingga tidak boleh sembarangan. Lantas, apa saja manfaat dari pengobatan ini? Benarkah terapi hipnosis ampuh mengatasi gangguan kecemasan?

Jawabannya bisa. Pasalnya, saat ini metode pengobatan alternatif banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah mental, termasuk gangguan kecemasan. Pada hipnoterapi, tenaga ahli atau terapis akan melakukan sejumlah prosedur untuk memasuki alam bawah sadar seseorang. Kemudian, terapis memberikan sugesti tertentu yang bertujuan untuk mengatasi masalah yang dialami.

Baca juga: Inilah Bedanya Gejala Serangan Panik, Manik, dan Psikosis

Mengenal Prosedur Hipnoterapi untuk Pengobatan

Hipnosis disebut bisa membantu mengatasi gangguan pada kesehatan mental. Hal ini terjadi karena hipnosis merupakan jenis terapi yang bisa membantu meredakan stres, rasa takut, hingga perasaan cemas. Nah, hal itu disebut bisa membantu meredakan dan mengatasi gejala dari serangan panik atau gangguan kecemasan.

Terapi yang diberikan bertujuan untuk merangsang perubahan perilaku dan respons tubuh terhadap satu hal. Dengan begitu, pengidap gangguan kecemasan tidak lagi mudah mengalami gejala saat bertemu dengan hal-hal yang memicu perasaan takut atau cemas. Terapis akan memberikan sejumlah sugesti agar pengidap penyakit ini tidak lagi mudah terpicu rasa cemas.

Hipnoterapi bisa membantu memberi rasa rileks hingga meredakan nyeri. Terapi ini bisa membantu mengubah sikap, persepsi, serta perilaku seseorang terhadap sesuatu. Selain untuk mengatasi gangguan kecemasan, terapi ini juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan seperti insomnia, menurunkan berat badan, masalah seksual, depresi, fobia, kecanduan merokok, hingga asma.

Baca juga: Alasan Terapi Kognitif Bisa Atasi Serangan Panik

Cara Kerja Terapi

Seperti dikatakan sebelumnya, hipnoterapi dilakukan dengan cara memasuki alam bawah sadar seseorang. Terapi ini disebut bisa membantu mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau kondisi lain di alam bawah sadar seseorang. Dengan begitu, sugesti yang diberikan akan memberi ingatan berbeda terkait satu hal tertentu. Hal inilah yang dipercaya bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan.

Saat menjalani sesi terapi, kamu akan dibuat fokus dan rileks. Secara perlahan, terapis akan mendorong untuk menceritakan rasa sakit, takut, atau trauma yang dialami. Termasuk diminta untuk menceritakan awal mula serta kemungkinan alasan rasa takut tersebut. Setelah sesi terapi selesai, terapis akan mengajak berdiskusi dan menilai sejauh mana terapi bisa membantu mengubah perilaku hingga persepsi terhadap satu hal tertentu.

Apakah prosedur terapi ini cukup aman untuk dilakukan? Adakah efek samping yang mungkin muncul?

Sebelum menjalani hipnoterapi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu informasi tentang prosedur ini. Satu hal yang pasti, terapi tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab bisa memicu efek samping seperti menciptakan ingatan palsu saat sugesti diberikan, memicu pusing atau sakit kepala, serta membuat gejala penyakit justru semakin parah.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan gejala yang muncul dan kondisi tubuh. Pada beberapa kondisi, metode terapi ini mungkin tidak direkomendasikan, karena dikhawatirkan bisa memperparah gejala. Selain itu, efektivitas hipnoterapi mungkin akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Maka, penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya.

Baca juga: Dianggap Mirip, Ini Bedanya Anxiety Disorder dan Panic Attack

Jika masih penasaran tentang terapi hipnosis untuk masalah mental, kamu bisa menanyakannya pada dokter di aplikasi Halodoc. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan informasi akurat dari ahlinya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menanyakan seputar masalah kesehatan melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc di sini!

Referensi:
Verywell. Diakses pada 2021. How Hypnosis Can Help Ease Panic Disorder Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hypnosis.
Healthline. Diakses pada 2021. Hypnotherapy.