• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Hal Ini saat Mengalami Serangan Panik di Malam Hari

Lakukan Hal Ini saat Mengalami Serangan Panik di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lakukan Hal Ini saat Mengalami Serangan Panik di Malam Hari

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu terbangun dari tidur pada malam hari dengan kondisi napas yang berat dan berkeringat? Kondisi ini bisa menandakan kamu mengalami serangan panik di malam hari. Serangan panik sendiri adalah kondisi di mana seseorang merasakan rasa takut dan cemas secara tiba-tiba.

Baca juga: Sering Mudah Panik? Bisa Jadi Serangan Panik

Kondisi ini memang bisa terjadi kapan saja, termasuk malam hari. Serangan panik di malam hari dikenal juga sebagai nocturnal panic attack. Namun, hingga saat ini serangan panik di malam hari belum diketahui secara pasti penyebabnya. Hampir sama dengan serangan panik di siang hari, kondisi ini menimbulkan sejumlah gejala. Tidak ada salahnya cari tahu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan panik di malam hari!

Kenali Penyebab Serangan Panik di Malam Hari

Rasa panik yang dialami seseorang merupakan hal normal yang terjadi ketika ada pemicu yang menyebabkan rasa takut serta cemas. Bukan hanya pada siang hari, terkadang serangan panik pun dapat muncul pada malam hari. Sebuah penelitian dalam Journal of Psychiatric Research, mengatakan bahwa serangan panik yang muncul pada malam hari umumnya berkaitan erat dengan pola tidur yang kurang baik.

Kurang tidur bisa memicu seseorang mengalami serangan panik. Tidak hanya itu, saat seseorang sedang berada dalam kondisi stres dan tertekan akibat adanya masalah tertentu, maka kondisi ini bisa memicu serangan panik. Stres dalam tubuh membuat adrenalin dalam tubuh meningkat. Inilah yang memicu kesulitan tidur dan akhirnya mengalami serangan panik.

Inilah Gejala Serangan Panik di Malam Hari

Hampir sama dengan serangan panik pada siang hari. Serangan panik di malam hari juga menyebabkan beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Secara umum, serangan panik akan menyebabkan pengidapnya mengalami perasaan cemas, kesulitan berkonsentrasi, dan mengalami rasa tidak nyaman pada area pencernaan.

Tidak hanya itu, serangan panik di malam hari dapat menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan tidur, peningkatan detak jantung, napas menjadi lebih berat dan pendek, berkeringat, gemetar, dan juga pusing.

Baca juga: Trauma Bisa Sebabkan Orang Kena Serangan Panik

Lakukan Ini untuk Mengatasi Serangan Panik di Malam Hari

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi serangan panik di malam hari, seperti:

  1. Bantu diri sendiri untuk lebih tenang. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan.
  2. Pikirkan hal-hal positif yang akan terjadi.
  3. Setelah kamu menjadi lebih tenang, fokus untuk membuat rileks bagian tubuh dan otot.
  4. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi air putih agar kamu menjadi lebih tenang.
  5. Lakukan gerakan tubuh yang ringan dari dalam rumah untuk menenangkan pikiran dan tubuh.
  6. Jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa melakukan hal yang menyenangkan untuk sementara, misalnya mendengarkan lagu atau melakukan meditasi.
  7. Setelah lebih tenang, kamu bisa kembali ke kamar dan beristirahat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan panik di malam hari. Biasanya, serangan panik akan menghilang setelah pemicu dapat diatasi. Jika serangan panik dialami berulang, tidak ada salahnya kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan kamu.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Serangan Panik dan Serangan Kecemasan

Serangan panik yang terjadi secara berulang tentunya memerlukan penanganan medis, baik melalui terapi maupun penggunaan obat-obatan. Jangan khawatir jika kamu membutuhkan obat dengan cepat. Kamu bisa gunakan Halodoc dan beli obat di apotek terdekat dari rumah. Praktiskan? Dengan menunggu di rumah, kamu bisa mendapatkan obat yang kamu butuhkan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Nocturnal Panic Attacks: What Causes Them?
Healthline. Diakses pada 2021. How to Ease Anxiety at Night.
Journal of Psychiatric Research. Diakses pada 2021. Relationship of Anxiety Disorder, Sleep Quality, and Functional Impairment in a Community Sample.
Healthline. Diakses pada 2021. Why You Might Be Waking Up with a Panic Attack.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Know About Panic Attack at Night.