Apakah Menjaga Berat Badan Bisa Cegah Hidradenitis Suppurativa?

menjaga berat badan, hidradenitis suppurativa, benjolan di bawah kulit

Halodoc, Jakarta - Hidradenitis suppurativa adalah kondisi kulit yang sebenarnya jarang terjadi, tetapi sangat mengganggu jika dialami. Penyakit jangka panjangnya muncul berupa benjolan kecil dan terasa nyeri di bawah kulit. Umumnya, kondisi ini terjadi pada daerah yang sering mengalami gesekan antar kulit, seperti ketiak, selangkangan, di antara bokong, dan di bawah payudara. Benjolan tersebut dapat pecah dan berbau atau menyebabkan munculnya terowongan di bawah kulit.

Hidradenitis suppurativa terjadi saat lubang tumbuhnya rambut (folikel rambut) atau kelenjar keringat tersumbat dan mengalami peradangan. Hingga kini belum diketahui penyebab tersumbatnya. Faktor hormon dan respon sistem kekebalan tubuh dianggap berpengaruh menyebabkan kondisi ini. Terdapat berbagai faktor yang meningkatkan risiko terjadinya hidradenitis suppurativa, antara lain:

  • Usia. Meski gangguan ini dapat menimpa segala usia, hidradenitis suppurativa ini biasanya terjadi pada masa pubertas, terutama pada usia 20 hingga 29 tahun.
  • Genetik. Pada sepertiga kasus, hidradenitis suppurativa dapat dialami anggota keluarga lainnya, tetapi tidak terkait dengan buruknya kebersihan.
  • Jenis kelamin. Wanita lebih sering mengalami penyakit ini dibanding pria.
  • Orang-orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.
  • Perokok.
  • Mengidap penyakit diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit Crohn.

Baca juga: Diet Tepat untuk Hidradenitis Suppurativa

Perlu kamu ketahui pula bahwa hidradenitis suppurativa adalah kondisi turunan. Orang dengan riwayat penyakit ini dalam keluarga memiliki kemungkinan sekitar 30 persen untuk mengalami ini.

Menghindari berbagai faktor pencetus dari gangguan kulit hidradenitis suppurativa merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya hidradenitis suppurativa. Menjaga berat badan tetap ideal dan menjaga kebersihan kulit juga perlu kamu lakukan untuk menghindari gangguan kulit ini.  Beberapa langkah sederhana ini juga harus kamu lakukan di rumah untuk mencegahnya:

  • Pertahankan berat badan yang sehat dan ideal.
  • Gunakan pakaian yang longgar.
  • Mandi dengan air hangat.
  • Jangan cukur daerah yang meradang.
  • Bersihkan area yang mengalami hidradenitis suppurativa setiap hari dengan sabun antibakteri.
  • Berhenti merokok.

Baca juga: Kenalan dengan Hidradenitis Suppurativa, alias Bisul

Namun, jika kamu mengidap gangguan kulit ini, kamu harus segera melakukan penanganan. Langkah penanganan tergantung pada tingkat keparahan penyakit yang dialami. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri, mempercepat proses penyembuhan, dan mencegah penyebaran, seperti:

  • Lakukan pola hidup sehat bagi pengidap penyakit ini. Kompres hangat, jaga kebersihan daerah yang terkena, kenakan pakaian yang longgar, dan turunkan berat badan adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan potensi terjadinya hidradenitis suppurativa.
  • Pengobatan medis. Beberapa pilihan pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik, serta injeksi steroid atau inhibitor TNF. Pilihan antibiotik yang bisa digunakan yaitu antibiotik jenis eritromisin, dan klindamisin.
  • Pembedahan. Jika lesi kulit terjadi sudah cukup kronik dengan banyak jaringan parut, pengobatan dengan pembedahan bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Tips Mengurangi Ketidaknyamanan Hidradenitis Suppurativa

Apabila gangguan kulit ini sulit diatasi atau muncul gangguan kulit lainnya, maka sebaiknya kamu segera mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.