23 May 2018

Diet Tepat untuk Hidradenitis Suppurativa

Diet Tepat untuk Hidradenitis Suppurativa

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu makan mungkin berdampak pada hidradenitis suppurativa. Hidradenitis suppurativa adalah penyakit kulit jangka panjang berupa benjolan di bawah kulit di dekat kelenjar keringat seperti di ketiak atau di antara bokong. Sampai saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab hidradenitis suppurativa. Kelenjar keringat dan folikel-folikel rambut yang tersumbat dipercaya sebagai penyebab utamanya. Bagi pengidap hidradenitis suppurativa, diet jenis makanan tertentu baik untuk mengurangi dampaknya. Seperti apa diet yang tepat untuk hidradenitis suppurativa?

Mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Akibatnya gesekan di daerah benjolan yang disebabkan oleh penyakit ini sering muncul menjadi berkurang. Kehilangan berat badan juga bisa mengurangi aktivitas hormonal yang berdampak baik terhadap hidradenitis suppurativa yang sedang kamu alami. Selain itu, pola makan yang baik dapat membantu membangkitkan perasaan nyaman terhadap diri sendiri dan melawan efek hidradenitis suppurativa terhadap harga diri kamu, lho.

Enggak ada diet spesifik yang telah terbukti dapat menyembuhkan hidradenitis suppurativa. Sebab, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun, diet berikut ini bisa membantu kamu mengurangi dampaknya:

  • Tinggalkan Produk Susu. Susu, keju, dan produk susu lainnya dapat meningkatkan kadar insulin yang akan menyebabkan kelebihan produksi hormon androgen, hormon penyebab hidradenitis supurativa. Menghilangkan susu dari daftar makanan akan mengurangi pegembangan dan gejala hidradenitis suppurativa.
  • Makan Sedikit Gula. Bila dikombinasikan dengan olahraga ringan, membatasi makanan dengan tambahan gula, seperti soda, sereal dan permen, dapat mengurangi kadar insulin yang akan mengurangi gejala hidradenitis suppurativa.
  • Menghindari Makanan yang Mengandung Ragi. Menghindari produk dengan ragi bisa membantu meningkatkan penyembuhan kulit.

Oh ya, bicarakan dengan dokter sebelum kamu berencana melakukan perubahan signifikan pada pola makan kamu ya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, mungkin akan memerlukan waktu berbulan-bulan. Jadi, kamu harus tetap konsisten melakukannya. Biar selalu termotivasi menjaga diet, kamu bisa berdiskusi bersama dokter favorit di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat.

Di aplikasi Halodoc, selain bisa bertanya tentang penyebab hidradenitis suppurativa, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin lewat layanan Apotek Antar, serta cek lab tanpa harus keluar rumah, lho. Mudah dan praktis kan? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.