19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 April 2021
19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak

Halodoc, Jakarta - Nutrisi yang baik sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang tepat. Dokter gizi anak seringkali jadi tempat pertama yang dikunjungi para orangtua ketika anak susah makan, memiliki berat badan yang kurang ideal, atau memiliki gejala malnutrisi (kurang gizi). 

Tentu kebutuhan gizi dan nutrisi anak merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, apalagi di tahun-tahun pertama kehidupan anak. Perlu diketahui, nutrisi berpengaruh pada perkembangan fisik anak, adanya malnutrisi menyebabkan risiko terganggunya kecerdasan Si Kecil. Lantas, kondisi apa saja yang mengharuskan orangtua membawa Si Kecil ke dokter gizi anak?

Baca juga: Ingin Anak Aktif Bergerak, Asupan Protein itu Perlu

Kondisi yang Memerlukan Penanganan Dokter Gizi Anak

Pemeriksaan kesehatan gizi anak oleh dokter gizi anak bertujuan untuk memastikan SI Kecil mendapatkan asupan gizi yang tepat. Pemeriksaan gizi anak direkomendasikan untuk semua anak-anak tanpa memandang usia anak, dan pemeriksaan ini mirip dengan pemeriksaan pediatrik biasa namun berfokus pada kebiasaan makan anak dan gizinya. 

Dokter gizi anak biasanya juga bekerja sama dengan dokter anak dan spesialis lainnya untuk memastikan Si Kecil menerima nutrisi yang tepat. Kondisi yang ditangan oleh dokter gizi anak yaitu seputar:

  1. Penyakit celiac
  2. Fibrosis kistik
  3. Kolestasis nutrisi parenteral total kronis.
  4. Gangguan pertumbuhan atau perkembangan anak.
  5. Diabetes
  6. Diet (khusus atau terapeutik)
  7. Gangguan makan
  8. Esofagitis eosinofilik (alergi)
  9. Kegagalan tumbuh kembang pada bayi
  10. Gangguan makan
  11. Tabung makan
  12. Alergi makanan dan obat
  13. Kegagalan pertumbuhan
  14. Modifikasi gaya hidup, termasuk diet dan olahraga.
  15. Gangguan lipid
  16. Malnutrisi
  17. Nutrisi neonatal
  18. Obesitas
  19. Nutrisi parenteral total

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Cara Biar Anak Agar Tumbuh Tinggi

Perlu orangtua ketahui, saat Si Kecil mengalami masalah terkait gizi dan nutrisi, sebaiknya tidak menunda untuk datang ke dokter gizi anak. Tugas dokter gizi anak tidak hanya menangani kondisi kesehatan tertentu di atas, tapi juga meliputi:

  • Memberikan edukasi kepada orangtua tentang gizi dan metabolisme anak.
  • Memberikan susunan terapi nutrisi dan pola makan sesuai kebutuhan anak.
  • Melakukan pemeriksaan diagnostik komprehensif pada anak-anak yang mempunyai masalah dengan metabolisme dan memberikan rencana pengobatan yang sesuai. 
  • Memberikan resep jumlah nutrisi berupa karbohidrat, protein, mineral, lemak, serat, vitamin, dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.
  • Meninjau status gizi dan kondisi metabolisme tubuh Si Kecil.

Itulah pentingnya membuat jadwal temu dengan dokter gizi anak di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Konsultasi ini setidaknya sekali setahun untuk memastikan bahwa Si Kecil menerima nutrisi lengkap pada usia pertumbuhannya. Tindakan ini juga membantu dokter untuk mengidentifikasi dan menangani, jika Si Kecil mengalami kekurangan gizi atau mengalami kondisi terkait gizi lainnya. 

Pastikan Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

Baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Cara memastikannya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur, dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Nah, untuk memperoleh gizi seimbang ini, Si Kecil perlu mengasup berbagai kelompok makanan yang berbeda. Apa saja? Idealnya makanan harus terdiri dari beragam jenis nutrisi, termasuk protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral penting. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai kondisi yang ditangani dokter gizi anak. Ingatlah, untuk jangan ragu atau menunda kunjungan pada dokter gizi anak dan jadikan pemeriksaan gizi anak sebagai jadwal tahunan. 

Referensi:
Cleveland Clinic Children. Diakses pada 2021. Nutrition
Geisinger. Diakses pada 2021. Pediatric nutrition
Children’s National. Diakses pada 2021. Pediatric Nutrition


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan