4 Cara Kreatif Merayakan Hari Ibu di Rumah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Desember 2021
4 Cara Kreatif Merayakan Hari Ibu di Rumah4 Cara Kreatif Merayakan Hari Ibu di Rumah

“Ada banyak cara kreatif untuk merayakan Hari Ibu di rumah. Mulai dari memberikan hadiah, melakukan kegiatan bersama di rumah, hingga memanjakannya agar ibu dapat merelaksasi tubuhnya. Perlu diingat, kesehatan keluarga dimulai dari kesehatan ibu, lo!”

Halodoc, Jakarta - Di Indonesia, Hari Ibu pertama kali dideklarasikan dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, Jawa Tengah. Kongres ini menjadi wadah menyuarakan hak pendidikan dan menekankan peran perempuan dalam memajukan generasi penerus bangsa. Menyadari pentingnya peran perempuan bagi kemajuan bangsa, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden RI No. 316 Tahun 1953.

Nah, di hari yang spesial ini, kira-kira hadiah apa yang akan kamu berikan untuk ibu tercinta? Kalau masih bingung, berikut beberapa cara kreatif merayakan hari ibu di rumah. 

Tunjukkan Kasih Sayangmu di Perayaan Hari Ibu

Kasih sayang pada ibu sebenarnya bisa diungkapkan kapan saja. Namun, tak ada salahnya untuk kamu merayakan Hari Ibu untuk menunjukkan kasih sayang versi terbaikmu. Supaya tidak bingung, ada beberapa cara kreatif merayakan Hari Ibu di rumah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Memberi Hadiah

Kalau kamu masih ibu mengenai hadiah yang akan diberikan pada ibu tercinta, tanyakan saja langsung pada dirinya tentang benda yang sedang diinginkannya. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology menyebutkan seseorang lebih menghargai hadiah yang mereka minta dibanding yang didapat. Bagi kamu yang merasa malu untuk bertanya, pilihan hadiah di Hari Ibu yang bisa diberikan contohnya bunga, kue, aksesori (seperti tas), baju, hingga uang tunai.

2. Lakukan Tindakan Spesial

Kamu bisa melakukan apa pun untuk membahagiakan ibumu selain memberikan hadiah. Misalnya di Hari Ibu, semua pekerjaan rumah kamu selesaikan dan membiarkan ibu beristirahat sambil melakukan kegiatan yang disukainya. Di samping itu, kamu bisa membuat masakan spesial kesukaan ibu di momen ini.

3. Menghabiskan Waktu Bersama

Buat kamu yang super sibuk, sebaiknya menyediakan waktu khusus untuk ibu di momen spesial tersebut. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama ibu sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama di rumah. Misalnya, movie marathon, bernostalgia bersama, atau memasak menu makanan favorit bersama-sama. 

4. Manjakan Dirinya

Biarkan ibu mendapatkan waktu istirahat dan relaksasi. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan fisik dan emosional ibumu. Coba tawarkan juga gift treatment kesehatan atau beri dirinya produk skincare untuk perawatan kulit dirinya. Nah, Gift treatment kesehatan dan produk skincare kini bisa kamu pesan lewat aplikasi Halodoc. 

Dalam rangka perayaan Hari Ibu, Halodoc menawarkan beberapa promo untuk memanjakan sang ibu:

  • Discount up to 50 + additional Discount 10K untuk Paket Sehat Chat Obgyn.
  • Discount 22% max. 50K for Chat Obgyn Check Up.
  • Discount 25% up to 50K for Family booking Beauty Treatment, minimal untuk 2 orang.
  • Discount up to 60% + additional discount up to 50K for minimum purchase 150K for all medical products. 

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan promo-promo di atas untuk memanjakan ibu tercinta di Hari Ibu. 

Kasih Sayang Ibu pada Anak Tak Terbatas

Kasih sayang ibu pada anak tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang meneliti tentang hormon cinta ibu pada anaknya. Studi ini menyebutkan bahwa dalam keadaan bahaya, tubuh ibu melepaskan hormon oksitosin yang membuatnya siap menghadapi bahaya untuk melindungi buah hatinya. Kasih sayang ibu juga membuatnya rela melakukan apa pun demi kebahagiaan anaknya.

Perlu disadari juga, bahwa kesehatan dan kebahagiaan sebuah keluarga dimulai dari ibu yang sehat dan bahagia. Jadi penting sekali bukan untuk membuatnya bahagia? 

Nah, yuk tunjukkan kasih sayangmu pada ibu tercinta. Catat ya, promo perayaan Hari Ibu ini berlaku mual 16 - 22 Desember 2021. Jadi, jangan sampai ketinggalan. Segera cek kebutuhan medis di aplikasi Halodoc untuk merayakan Hari Ibu di rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. 10 Fun Things to Do on Mother's Day

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan