5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Oktober 2019
5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Berolahraga sudah terbukti memberi manfaat menyehatkan untuk tubuh secara keseluruhan. Rutin berolahraga bermanfaat untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, hingga disebut mampu meningkatkan kecantikan. Kok bisa?

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga disebut bisa membantu mempercantik kulit, sehingga bermanfaat untuk penampilan dan bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Berolahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. 

Baca juga: Ini yang Dilakukan Setiap Hari oleh Wanita Berkulit Sehat

Manfaat Berolahraga untuk Kecantikan Kulit 

Rutin berolahraga nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kecantikan. Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu alasan untuk meningkatkan semangat berolahraga. Lantas, apa alasan berolahraga bisa meningkatkan kecantikan? 

1. Keringat Membuat Kulit Bersih 

Olahraga membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Tahukah kamu, keringat yang keluar saat melakukan aktivitas fisik ternyata bisa membantu membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Hal ini terjadi karena keringat yang keluar dari pori-pori kulit akan membantu membawa keluar kotoran. Keluarnya keringat akan dibarengi dengan kotoran yang selama ini terkunci di dalam pori-pori kulit, sehingga kulit akan kembali bersih dan segar. Agar hasil maksimal, segera mandi dan bersihkan kulit setelah berolahraga agar kotoran tidak kembali menumpuk. 

2. Sirkulasi Darah Lancar

Berolahraga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan hal ini ternyata juga membawa dampak positif pada kulit. Saat peredaran darah lancar, tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Oksigen dan nutrisi yang cukup akan membuat kesehatan kulit terjaga, terlihat lebih cerah, dan lembap. 

Baca juga: Inilah 2 Dampak Mandi Setelah Olahraga

3. Otak Lebih Rileks 

Berolahraga bisa membuat otak dan tubuh lebih rileks. Hal itu ternyata bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu mengatasi jerawat. Munculnya jerawat tidak hanya tanda menumpuknya kotoran, tetapi juga bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami stres. Kondisi itu membuat hormon dan minyak pada tubuh menjadi tidak terkendali dan memicu jerawat. Nah, rutin berolahraga nyatanya bisa membantu menurunkan tingkat stres, sehingga akan berdampak pula pada pertumbuhan jerawat di kulit. Selain itu, berolahraga juga bisa memicu produksi hormon endorfin yang bisa membuat tubuh merasa lebih tenang dan bahagia.

4. Rambut Lebih Sehat

Selain pada kulit, manfaat berolahraga juga akan terasa pada rambut. Sirkulasi darah yang meningkat karena olahraga ternyata juga bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Selain kulit yang cerah dan bersih, nyatanya rambut yang indah juga bisa membantu meningkatkan kecantikan. Selain itu, Berolahraga juga bisa membantu menurunkan tingkat stres yang ternyata juga berdampak pada kesehatan rambut. 

5. Produksi Kolagen Meningkat

Olahraga bisa membuat seseorang tampak awet muda. Rutin berkeringat disebut bisa membantu menunda penuaan pada kulit. Hal ini merupakan dampak positif dari meningkatnya produksi kolagen pada kulit karena berolahraga. Agar manfaat berolahraga bisa didapatkan secara maksimal, pastikan untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan memaksakan diri. Bukannya menyehatkan, memaksakan diri melakukan aktivitas fisik malah bisa memicu gangguan pada kesehatan. 

Baca juga: Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download  Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Exercise for Healthy Skin.
Everyday Health. Diakses pada 2019. The Beauty Benefits of Exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan