• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Minuman Sehat untuk Menambah Energi Sebelum Olahraga

3 Minuman Sehat untuk Menambah Energi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Minuman Sehat untuk Menambah Energi Sebelum Olahraga

Minum cukup cairan sebelum olahraga membantu menjaga konsentrasi dan kinerja, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah peningkatan denyut jantung dan suhu tubuh yang berlebihan. Air kelapa, kopi hitam murni, dan air lemon madu adalah jenis minuman sehat yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga.”

Halodoc, Jakarta –  Minum cukup cairan sebelum olahraga membantu menjaga konsentrasi dan kinerja, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah peningkatan denyut jantung dan suhu tubuh yang berlebihan. 

Jika kamu tidak mengonsumsi cairan yang cukup sebelum olahraga, suhu tubuh dan detak jantung akan meningkat, karena jumlah total air dalam tubuh berada bawah tingkat normal. Tubuh juga tidak dapat mengatur panas dengan baik. Performa dalam olahraga juga tidak sebaik sebagaimana seharusnya.

Adakah minuman sehat yang direkomendasikan untuk menambah energi sebelum olahraga? Berikut ini beberapa pilihannya, yaitu: 

Baca juga: Banyak Berkeringat Saat Olahraga Berarti Membakar Kalori Lebih Tinggi?

1. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Air kelapa dapat membantu kamu untuk merasa lebih energik dan meningkatkan kinerja atletik.

Elektrolit adalah ion yang ditemukan dalam darah, urine, dan cairan tubuh lainnya seperti keringat. Tubuh akan kehilangan elektrolit saat kita berkeringat dan ini perlu segera diganti. Air kelapa adalah sumber cairan yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang selama berolahraga.

2. Kopi

Minum kopi sekitar 45-60 menit sebelum berolahraga memungkinkan kafein mencapai efektivitas puncaknya. Kafein memiliki manfaat yang baik sebelum berolahraga bila dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Untuk menambah energi sebelum olahraga, kamu direkomendasikan untuk minum kopi hitam yang tidak mengandung karbohidrat. 

Hindari minum kopi yang mengandung sirup dan perasa tambahan, yang biasanya tinggi kalori dan gula. Minuman ini tidak hanya berpotensi menghambat tujuan kebugaran berolahraga, tetapi juga lebih sulit untuk dicerna.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi di Pagi Hari

3. Air Lemon dan Madu

Minum air lemon madu bisa menjadi salah satu upaya untuk menambah energi sebelum olahraga. Lemon dan madu adalah dua bahan dengan banyak manfaat kesehatan. Mengombinasikan keduanya dapat meningkatkan kesehatan.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang penting dilakukan saat berolahraga. Konsumsi air lemon madu sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum berolahraga dapat membantu menjaga hidrasi dan energi. Walaupun manis, madu tidak akan membuat tubuh melemah, seperti konsumsi makanan manis lainnya. 

Mengetahui Tanda Dehidrasi saat Olahraga

Mendapatkan asupan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah olahraga dapat membantu kamu terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi saat olahraga tidak hanya akan menggagalkan latihanmu tetapi juga dapat mengganggu kesehatan secara menyeluruh. Apa saja tanda dehidrasi saat olahraga?

Baca juga: 4 Dampak Kurang Minum Saat Mudik

1. Sakit kepala

2. Kelelahan

3. Perubahan suasana hati

4. Waktu respon yang lambat 

5. Saluran hidung kering

6. Bibir kering atau pecah-pecah

7. Urine berwarna gelap

8. Kram otot

9. Kelemahan

10. Kebingungan

11. Halusinasi.

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, kamu perlu meningkatkan asupan cairan. Jika kamu tidak segera melakukan rehidrasi, kinerja fisik dan mental akan sangat mungkin terpengaruh.

Kehilangan cairan yang setara dengan dua persen massa tubuh (misalnya, penurunan 1,4 kg pada orang dengan berat badan 70 kg) sudah cukup untuk menyebabkan penurunan kinerja yang dapat dideteksi. Kehilangan cairan lebih dari dua persen akan memungkinkan kamu mengalami mual, muntah, diare, dan masalah gastrointestinal lainnya.

Informasi selengkapnya mengenai dehidrasi dan minuman sehat yang direkomendasikan untuk menambah energi sebelum olahraga bisa ditanyakan langsung lewat aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Gracefoods.com. Diakses pada 2021. 5 Reasons to Hydrate With Coconut Water During and Post Exercise
Healthline. Diakses pada 2021. Should You Drink Coffee Before Your Workout?
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Honey Lemon Water
The Better India.com. Diakses pada 2021. 6 Ways a Dollop of Honey Is the Perfect Boost to Your Workout Routines