3 Tips Memilih Hadiah yang Cocok untuk Newborn

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2023

"Saat menjenguk bayi, kamu pasti ingin membawakan kado yang awet dan bermanfaat. Oleh sebab itu, pilih hadiah newborn yang praktis dan sesuai kebutuhan."

3 Tips Memilih Hadiah yang Cocok untuk Newborn3 Tips Memilih Hadiah yang Cocok untuk Newborn

Halodoc, Jakarta – Kelahiran seorang bayi ke dunia merupakan hal yang membahagiakan untuk kedua orang tuanya. Bukan hanya orang tuanya saja yang bersemangat untuk menyambut kehadiran Si Kecil, tetapi juga sanak keluarga dan kerabat. 

Nah, kalau kamu ingin menjenguk bayi kecil, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa bingkisan. Namun, memilih hadiah newborn seringkali bukan hal yang mudah. Kamu pastinya ingin memberikan barang yang awet dan bermanfaat. 

Tips Memilih Hadiah Newborn

Nah, berikut beberapa tips saat memilih hadiah newborn:

1. Berikan hadiah sesuai kebutuhan

Supaya kado yang kamu berikan benar-benar bermanfaat, ada baiknya bertanya terlebih dahulu apa yang dibutuhkan orang tua maupun Si Kecil.

Walaupun cara ini menghilangkan kesan kejutan, tetapi cara ini sangat membantu kamu untuk memberikan hadiah yang bermanfaat. 

2. Pilih barang yang praktis digunakan

Mengurus bayi bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, coba pikirkan barang-barang yang berguna namun praktis digunakan.

Orang tuanya pasti akan sangat berterimakasih pada orang yang bisa memudahkan pekerjaan mengurus bayi. 

3. Berikan barang dengan kualitas terbaik

Barang yang berkualitas bukan cuma membuat teman atau kerabat yang baru saja melahirkan akan berterima kasih, tetapi juga bisa membuat bayi merasa nyaman. Oleh sebab itu, belilah barang yang berkualitas.

Namun, barang yang berkualitas seringkali tidak murah. Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan budget yang kamu miliki.

Jangan memaksakan membeli barang yang murah tetapi kualitasnya kurang. Sebaiknya cari alternatif barang yang masih masuk dalam budget tetapi masih punya kualitas yang bagus. 

Ide Kado untuk Newborn

Kalau kamu masih tetap bingung memilih kado untuk bayi, berikut beberapa ide yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Perlengkapan mandi

Nah, barang yang satu ini umumnya praktis, bermanfaat dan tidak terlalu mahal. Kamu bisa membeli seperangkat alat mandi, seperti bak mandi, sabun, sampo, perlak, handuk, lap lembut, mainan mandi, dan lain-lain. 

2. Perlengkapan tidur

Selain perlengkapan mandi, perlengkapan tidur juga bisa menjadi ide yang bagus. Kamu bisa memberikan seperangkat bantal, kasur kecil atau selimut. Pastikan pilih bahan yang lembut supaya Si Kecil tetap nyaman, ya.

3. Skincare bayi

Ide kado ini sebenarnya masih masuk dalam rangkaian perlengkapan mandi. Akan tetapi, kamu bisa membelinya terpisah.

Biasanya, sebagian besar brand skin care bayi mempunyai satu paket lengkap perawatan kulit bayi. 

Nah, kamu bisa langsung memberikan paket lengkap tersebut supaya lebih praktis. Paket ini umumnya terdiri dari losion, minyak telon, krim ruam popok, hair lotion dan baby cologne.

Karena kulit newborn cenderung masih sensitif, sebaiknya pilih produk yang dirancang khusus untuk kulit bayi, ya!

4. Pakaian bayi

Pilihan kado yang paling mudah adalah pakaian bayi. Tersedia model dan aksesorisnya yang bisa kamu jadikan kado.

Namun, sebaiknya jangan membeli ukuran yang terlalu nge-pas ya. Naikan satu sampai dua ukuran supaya bisa dipakai lebih lama.

5. Peralatan MPASI

Tidak ada salahnya memberik kado peralatan MPASI untuk newborn. Sebab, jenis kado ini sudah pasti bermanfaat dan bisa dipakai lama.

Kamu bisa memberikan alat-alat MPASI seperti piring, mangkok, sendok dan garpu, gelas dan botol minum. Pastikan seluruh peralatan makan untuk Si Kecil BPA Free, ya.

Nah, kamu juga bisa memberikan high chair atau kursi makan bayi. Atau, kamu dapat memberikan kado saringan makanan, food container, slow cooker, baby food processor atau panci kecil untuk mempermudah ibunya dalam memasak MPASI.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan Si Kecil, hubungi dokter dan lakukan janji medis melalui aplikasi Halodoc saja.

Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2023. The 39 Best Newborn Baby Gifts of 2023.
Parents. Diakses pada 2023. Baby Gifts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan