4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Agustus 2021
4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

“Bekas jerawat biasanya tertinggal di kulit setelah jerawat hilang. Sebenarnya, tidak selalu jerawat di kulit wajah akan meninggalkan bekas. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat kondisi ini bisa saja terjadi. Kamu mengalami hal yang sama? Jangan khawatir, ternyata ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya!

Halodoc, Jakarta – Bekas jerawat masih ada di wajah, padahal jerawatnya sudah hilang. Meski sebenarnya hal ini bukan masalah besar, bekas yang tertinggal di kulit bisa saja membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Alhasil, berbagai cara akan dilakukan untuk menghilangkannya dan membuat kulit wajah kembali bersih tanpa noda. 

Secara umum, ada sejumlah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat. Biasanya, perawatan dilakukan di salon kecantikan atau klinik khusus dengan bantuan tenaga profesional. Namun tahukah kamu, ternyata ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi ini. Selain lebih mudah, cara alami yang dilakukan juga cenderung lebih aman untuk kulit. 

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

Bahan Alami untuk Mengatasi Bekas Jerawat  

Menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan cara alami dan sederhana di rumah. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan:

  1. Lidah buaya, terdapat kandungan senyawa yang dapat mencerahkan area kulit gelap (aloin). Senyawa ini ada pada gel lidah buaya, sehingga kamu disarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya ke bekas jerawat yang sudah dibersihkan. 
  2. Lemon, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat. Hati-hati jika menggunakan lemon untuk kulit sensitif, karena bisa memicu iritasi. 
  3. Baking soda, bisa membantu mengelupas kulit mati. Hal ini berarti bisa membantu mengurangi bekas jerawat di kulit wajah. Campurkan dua sendok baking soda dan air, kemudian aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 10–15 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sebanyak 1–2 kali seminggu. 
  4. Madu, gunakan masker madu untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Mengoleskan madu ke kulit juga disebut bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Baca juga: 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Tips Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Meski menghilangkan bekasnya terdengar mudah, tetapi lebih baik untuk mencegah hal ini sejak awal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini, antara lain: 

  • Gunakan produk khusus kulit berjerawat;
  • Hindari alkohol tambahan pada produk pembersih wajah; 
  • Kenakan tabir surya setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar rumah;
  • Jangan menyentuh atau memencet jerawat;
  • Terapkan langkah pengobatan jerawat yang tepat;
  • Menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang,

Baca juga: Uniknya Cara Hilangkan Jerawat ala Wanita Korea

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan maupun mencegah bekas jerawat secara alami. Jika masih belum berhasil, kamu mungkin perlu mengganti produk pembersih wajah yang lebih cocok. Jika sudah mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai, belinya di aplikasi Halodoc saja. Pesanan kamu akan dikirim segera ke rumah. Download Halodoc di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Ways Lemons Can Solve Your Beauty Problems.
Healthline. Diakses pada 2021. Baking Soda for Acne Treatment.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Aloe Vera and Acne.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Prevent Pimples.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan