Catat, Ini 15 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2024

“Ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Langkah ini merupakan kombinasi dari penggunaan bahan herbal, minyak esensial, dan perubahan gaya hidup.”

Catat, Ini 15 Cara Alami untuk Menghilangkan JerawatCatat, Ini 15 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

DAFTAR ISI

  1. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
  2. Rekomendasi Dokter untuk Bantu Atasi Jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini adalah kondisi yang umum terjadi, terutama selama masa remaja.

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat. Beberapa di antaranya genetika, diet, pola hidup tidak sehat, makanan yang dikonsumsi, perubahan hormon, dan infeksi kulit.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Setiap pori-pori terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak atau sebum. Kelebihan sebum bisa menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri pemicu jerawat.

Saat bakteri penyebab jerawat muncul, sel darah putih akan menyerang dan menyebabkan peradangan kulit berupa jerawat. Tak hanya jerawat, masalah ini juga bisa ditandai dengan terbentuknya komedo.

Kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Nah, berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

1. Putih telur 

Di dalam putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme. Jenis enzim ini bisa menyamarkan bekas jerawat kemerahan, mengangkat komedo dan menghaluskan tekstur wajah. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa memisahkan putih telur dari kuningnya dan campur dengan air lemon.

Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Terdapat juga molekul gula, asam amino, dan seng, yang dapat melembapkan kulit.

Studi Efficacy of a new non-drug acne therapy: Aloe vera gel combined with ultrasound and soft mask for the treatment of mild to severe facial acne, yang dipublikasikan Frontiers in Medicine, menemukan bahwa penggunaan lidah buaya sebagai masker dapat mengurangi jumlah jerawat dan kulit kering.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan area yang berjerawat. Kemudian, oleskan gel lidah buaya tipis-tips dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Untuk mengetahui manfaat lidah buaya lebih mendalam, kamu bisa baca artikel yang membahas “Ini 9 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

3. Bawang putih 

Bawang putih mengandung zat sulfur yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat ini dapat meredakan peradangan jerawat dan membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan rasa sakit yang ditimbulkan.

Caranya mudah, pertama-tama, potong bawang putih kecil-kecil. Kemudian, tempelkan pada jerawat atau bekasnya. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Jerawat bisa muncul akibat penggunaan urutan skincare yang salah. Kamu bisa mengetahui urutan yang tepat di sini: Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

4. Air perasan lemon 

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh menghilangkan jerawat membandel. Kandungan tersebut memiliki antioksidan kuat yang membantu mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Pertama-tama, bersihkan seluruh area wajah. Peras lemon dan aplikasikan airnya sebagai masker. Biarkan selama 10-15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Pakai secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Khasiat air perasan lemon lainnya bisa kamu baca lebih lanjut di artikel “Benarkah Air Lemon Bermanfaat untuk Perawatan Pengidap Penyakit Ginjal?

5. Mentimun 

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya dapat kamu lakukan dengan mentimun. Di dalamnya mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino yang mampu menghilangkan serta menenangkan peradangan jerawat. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengaplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

6. Madu 

Madu memiliki sifat antibakteri alami karena mengandung hidrogen peroksida. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri yang berperan dalam perkembangan jerawat, seperti Propionibacterium acnes

Untuk menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dulu. Lalu oleskan madu ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Khasiat madu yang lainnya bisa kamu telaah lebih lanjut di artikel: Kenali Manfaat Madu Hutan Bagi Kesehatan Tubuh

7. Cuka apel 

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan kapas dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Jangan membiarkannya terlalu lama menempel di kulit wajah. Sebab, cuka apel mengandung asam asetat yang dapat memiliki efek mengiritasi, dan merusak lapisan pelindung kulit.

Pemakaian skincare yang salah jadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Bagi pemilik kulit sensitif, Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari.

8. Tomat 

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Tak hanya memiliki zat antiinflamasi, buah ini juga efektif memperkecil ukuran pori-pori wajah.

Caranya dengan menempatkan potongan-potongan tomat ke seluruh wajah secara merata. Kemudian, biarkan selama 15.20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

9. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Kelebihan minyak kulit dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami. Pertama-tama, haluskan pepaya dan aplikasikan ke seluruh wajah. Biarkan 30 menit dan bilas dengan air.

10. Alpukat 

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan alpukat sebagai masker wajah. Di dalamnya mengandung vitamin E yang bekerja mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya dengan menghaluskan alpukat, lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

11. Jangan menyentuh jerawat

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya adalah jangan menyentuh jerawat. Sebab, kebiasaan ini bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Menyentuh atau memencet luka jerawat juga dapat memasukkan lebih banyak bakteri ke dalam lesi, menyebabkan infeksi lebih lanjut. Dampaknya, jerawat bisa menyebar dan semakin bertambah parah.

12. Tetap terhidrasi

Menjaga asupan cairan tubuh jadi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Sebab, saat kulit kering, kulit bisa teriritasi atau rusak, sehingga membuat jerawat semakin parah. 

Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dapat memastikan sel-sel kulit baru berkembang dengan baik saat proses penyembuhan luka.

Asupan umumnya sebanyak 2-3 liter per hari. Kamu bisa menyesuaikan dengan aktivitas harian.

Setelah peradangan jerawat membaik, kamu akan dihadapkan dengan bekas kehitaman yang sulit hilang. Ketahui cara mengatasinya di sini: Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

13. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan minyak pohon teh. Ini adalah minyak esensial yang diekstraksi dari daun Melaleuca alternifolia asal Australia.

Studi 2018 menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh ke kulit dapat mengurangi jerawat. Khasiatnya jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan benzoil peroksida.

Dengan minyak pohon teh, risiko kulit kering dan iritasi bisa diminimalisir. Minyak esensial ini juga dapat menjadi pengganti yang efektif untuk antibiotik topikal dan oral untuk pengobatan jerawat membandel.

14. Teh hijau

Teh hijau jadi cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya. Kandungan antioksidannya sangat tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.

Studi Green tea and other tea polyphenols: Effects on sebum production and acne vulgaris, yang dipublikasikan Antioxidants menemukan, polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Keduanya merupakan penyebab utama jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mengonsumsi 1.500 mg ekstrak teh hijau per hari. Lakukan cara ini setiap hari selama 4 minggu berturut-turut. 

15. Kelola stres

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat terakhir adalah dengan mengolola stres. American Academy of Dermatology mencantumkan stres sebagai kemungkinan penyebab timbulnya jerawat.

Stres menyebabkan peningkatan kadar hormon androgen. Androgen merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori, sehingga meningkatkan risiko jerawat. 

Tips untuk mengelola stres meliputi:

  • Mencukupi waktu tidur.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Membatasi konsumsi alkohol dan kafein.
  • Berlatih pernapasan dalam, yoga, atau meditasi

Rekomendasi Dokter untuk Bantu Atasi Jerawat

Jika bahan-bahan alami tersebut tak membuahkan hasil, kamu bisa bicara dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Berikut ini terdapat beberapa pilihan dokter yang bisa kamu hubungi untuk memberikan saran untuk mengatasi jerawat:

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir. Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Konsultasi dokter kulit di Halodoc bisa menjadi lebih hemat dengan menggunakan kode kupon berikut. Klik gambar di bawah ini untuk chat dokter kulit di Halodoc.

chat dokter kulit halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Fifteen Home Remedies for Acne.
Healthline. Diakses pada 2024. 13 Powerful Home Remedies for Acne.
Antioxidants. Diakses pada 2024. Green tea and other tea polyphenols: Effects on sebum production and acne vulgaris.
Frontiers in Medicine. Diakses pada 2024. Efficacy of a new non-drug acne therapy: Aloe vera gel combined with ultrasound and soft mask for the treatment of mild to severe facial acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan