4 Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2022

“Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kurap. Beberapa di antaranya cuka sari apel dan minyak pohon teh.”

4 Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami4 Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Kurap merupakan kondisi kulit yang terjadi karena infeksi jamur dengan jenis tinea. Jamur ini dapat hidup di jaringan kulit yang mati, termasuk juga kuku dan rambut.

Kurap yang punya nama lain ringworm dapat menimbulkan bercak merah, sisik, hingga gatal pada kulit. Saat masalahnya lebih parah, kulit terlihat seperti memiliki lingkaran atau cincin merah. 

Bahan Alami yang Ampuh Atasi Kurap

Untuk mengatasi gangguan ini, lakukan beberapa langkah sederhana ini.

Bahan-bahan yang digunakan juga tak terlalu sulit untuk ditemukan. 

1. Cuka Sari Apel

Bahan alami ini mampu mengatasi kurap adalah cuka sari apel. Sebab, kandungan dari bahan ini memiliki sifat antijamur yang kuat.

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan cairan ini ke area yang terdampak.

Pertama, rendam bola kapas ke cuka sari apel, lalu oleskan langsung ke kulit yang terserang kurap. Lakukan ini tiga kali sehari.

2. Minyak Pohon Teh

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak pohon teh untuk atasi kurap, lho. Kandungan dari minyak ini berguna sebagai antijamur dan antibakteri. Dengan begitu, infeksi kulit jamur akibat kurap bisa diatasi.

Cukup dengan oleskan minyak ini pada kulit yang terserang kurap, lakukan cara ini 2-3 kali per hari. Pada seseorang yang memiliki kulit sensitif, encerkan minyak ini terlebih dahulu dengan minyak kelapa. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur yang ampuh untuk mengatasi infeksi dari kurap.

Obat ini digunakan secara topikal diterapkan di kulit yang terserang kurap secara rutin.

Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa hingga agak cair lalu dioleskan hingga menyerap. Lakukan cara ini paling tidak tiga kali sehari.

4. Kunyit

Bahan alami lainnya yang ampuh untuk atasi kurap adalah kunyit.

Fungsi sifat antibakteri dan antiinflamasinya mampu atasi infeksi akibat gangguan pada kulit ini. Kunyit juga efektif untuk menghambat pertumbuhan jamur.

Untuk penerapannya, haluskan kunyit dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terserang kurap, lalu biarkan hingga mengering.

Pilihan lainnya adalah dengan mengonsumsi air yang mengandung kunyit setiap harinya.

Bahan-bahan alami di atas perlu kamu lakukan secara hati-hati, dan sebaiknya tanya pada dokter spesialis kulit untuk lebih lanjutnya.

Cukup dengan download aplikasi Halodoc, penggunaan fitur tanya dokter untuk mendapatkan jawaban langsung dari dokter tepercaya.

Untuk mendapatkan kemudahan ini, segera gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Home Remedies for Ringworm.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Are there any home remedies for ringworm?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan