• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Efek Samping yang Dapat Terjadi setelah Vaksin COVID-19

4 Efek Samping yang Dapat Terjadi setelah Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Efek Samping yang Dapat Terjadi setelah Vaksin COVID-19

“Sama seperti jenis vaksin lainnya, vaksin COVID-19 juga dapat menimbulkan efek samping. Efek samping setelah vaksin COVID-19 bisa terjadi ringan hingga berat. Namun, risiko efek samping berat sangat jarang terjadi.”

Halodoc, Jakarta – Vaksinasi menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi dari penularan COVID-19. Namun, banyak orang mengeluhkan efek samping setelah vaksin COVID-19, mulai dari yang ringan hingga berat. Apa saja efek samping yang dapat terjadi? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksinasi COVID-19?

Berbagai Efek Samping setelah Vaksin COVID-19

Adanya efek samping setelah vaksin COVID-19 justru tanda bahwa kekebalan tubuh bekerja membentuk antibodi. Berikut ini beberapa efek samping ringan yang paling umum terjadi setelah vaksinasi COVID-19:

  1. Merah, Bengkak dan Nyeri pada Area Suntikan
merah, bengkak, dan nyeri

Area lengan atas yang menjadi tempat disuntikkannya vaksin bisa mengalami kemerahan, bengkak, dan nyeri, selama beberapa hari setelah divaksin. Ini wajar dan sangat umum dialami.

Untuk meredakannya, kamu bisa mengompres area suntikan dengan handuk yang dicelup ke air es. Selain itu, lakukan juga gerakan peregangan ringan di area lengan. 

  1. Demam
demam

Demam juga merupakan efek samping yang umum dialami setelah vaksinasi COVID-19. Efek ini sebenarnya normal, karena menjadi tanda bahwa tubuh sedang bekerja membentuk kekebalan.

Baca juga: Mengenal Protokol Kesehatan 5M untuk Cegah COVID-19

  1. Sakit Kepala dan Nyeri Otot
sakit kepala

Selain demam, banyak orang yang juga mengeluhkan sakit kepala dan nyeri otot setelah divaksinasi COVID-19. Biasanya, efek ini akan hilang beberapa hari setelahnya. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu.

  1. Kelelahan
kelelahan

Tubuh jadi terasa lelah setelah divaksin COVID-19? Kabar baiknya, ini adalah efek samping yang wajar terjadi dan juga jadi tanda bahwa kekebalan tubuh bekerja membentuk antibodi.

Itulah beberapa efek samping setelah vaksin COVID-19 yang umum terjadi. Tidak perlu panik saat mengalaminya, ya. Kamu hanya perlu perbanyak minum air putih, makan makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup. 

Baca juga: Butuh Berapa Lama Waktu Penyembuhan Corona

Namun, jika efek samping yang terjadi tak kunjung sembuh, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Pada beberapa kasus, efek samping serius juga bisa terjadi, seperti syok anafilaktik. Bila terjadi kondisi ini, segera cari bantuan medis terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun, risiko efek samping serius sangat jarang terjadi.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Possible Side Effects After Getting a COVID-19 Vaccine.
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Coronavirus (COVID-19) Vaccines Side Effects And Safety.