4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Penyakit Hati

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Juli 2021
4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Penyakit Hati4 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Penyakit Hati

“Hati merupakan organ tubuh yang perlu selalu dilindungi karena fungsinya yang vital. Jangan sampai kamu membiarkan terjadinya penyakit hati. Salah satu cara untuk cegah penyakit hati adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Hati adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang perlu dijaga keberlangsungannya. Organ ini memiliki banyak manfaat yang vital bagi tubuh, seperti menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit hati adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan!

Beberapa Cara Cegah Penyakit Hati Melalui Gaya Hidup Sehat

Hati atau liver memainkan peran yang penting dalam sistem pencernaan di tubuh. Segala sesuatu yang kamu minum ataupun makan akan melewati organ tubuh ini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hati untuk tetap sehat dan dapat melakukan fungsinya seperti semestinya. Cara paling mudah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat.

Baca juga: 5 Penyakit Hati yang Perlu Diketahui

Hati berguna untuk membantu tubuh membersihkan darah dengan membuang bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, organ ini juga membantu memproduksi cairan yang disebut empedu dengan fungsi untuk memecah lemak dari makanan. Fungsi hati lainnya adalah menyimpan gula yang berguna untuk memberikan dorongan energi saat tubuh membutuhkannya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah penyakit hati untuk terjadi. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hati tetap sehat:

1. Hentikan Konsumsi Alkohol

Cara pertama untuk cegah penyakit hati adalah dengan menghentikan konsumsi alkohol. Minuman dengan kandungan ini dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut sehingga menimbulkan sirosis yang dapat mematikan. Jika tetap ingin mengonsumsi alkohol, ada baiknya untuk tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas untuk wanita.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu juga perlu untuk rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan untuk mempertahankan berat badan yang ideal guna mencegah kemungkinan terjadinya penyakit hati berlemak non-alkohol yang juga dapat menimbulkan sirosis. Dengan memberikan tubuh nutrisi yang tepat, dan menghindari makanan cepat saji adalah pilihan yang perlu kamu jalani.

Baca juga: Apa Penyebab Utama Penyakit Hati Kronis?

3. Berolahraga secara Teratur

Sama seperti semua organ tubuh lainnya, hati juga dapat terjaga kesehatannya jika kamu berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko akumulasi lemak di sekitar hati. Jika hati berlemak, organ tersebut dapat mengalami peradangan, jaringan parut, sirosis, atau bahkan kanker hati. Maka dari itu, pastikan untuk berolahraga secara rutin.

4. Hindari Efek Samping Obat

Beberapa obat-obatan, termasuk obat kolesterol, terkadang memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penyakit pada hati. Selain itu, obat penghilang rasa sakit acetaminophen juga dapat melukai hati jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Pastikan ke dokter terkait efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi secara rutin.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Lemak Hati?

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk cegah penyakit hati. Faktanya, semua hal yang disebutkan bukan hanya dapat menjaga hati untuk tetap sehat, tetapi juga beberapa organ penting lainnya. Selain itu, kamu juga perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara rutin setiap tahunnya guna memastikan tubuh tetap sehat.

Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan pada beberapa rumah sakit ternama yang bekerja sama dengan Halodoc. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa menentukan sendiri tempat pemeriksaan serta jamnya untuk menemukan jadwal yang tepat. Nikmati kemudahan ini hanya dengan mengunduh aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Care Hospitals. Diakses pada 2021. Lifestyle Changes to Keep your Liver Healthy.
Web MD. Diakses pada 2021. How Not to Wreck Your Liver.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan