4 Gejala Mastitis yang Kerap Diabaikan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Januari 2023

“Ada berbagai gejala mastitis yang kerap diabaikan oleh ibu menyusui. Beberapa di antaranya rasa nyeri hingga pembengkakan payudara.”

4 Gejala Mastitis yang Kerap Diabaikan Wanita4 Gejala Mastitis yang Kerap Diabaikan Wanita

Halodoc, Jakarta – Menyusui menjadi salah satu momen yang bisa meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan anak. Namun, saat menyusui, ibu bisa mengalami mastitis yang bisa mengganggu proses pemberian air susu ibu (ASI). Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yang dapat menyebabkan rasa nyeri.

Jika tidak diatasi dengan baik, mastitis dapat menyebabkan munculnya abses pada payudara. Untuk mencegah kondisi ini, ada beberapa gejala yang perlu ibu ketahui. Segeralah temui dokter bila mengalami gejala mastitis, agar proses menyusui bisa berjalan secara optimal.

Gejala Mastitis pada Ibu Menyusui

Peradangan pada jaringan payudara dapat terjadi karena penyumbatan saluran susu. Hal ini bisa terjadi ketika ibu tidak mengosongkan payudara saat menyusui. Selain itu, puting yang mengalami luka membuat bakteri pada permukaan kulit atau mulut bayi, masuk ke dalam jaringan payudara yang memicu peradangan.

Lalu, apa saja gejala yang akan dialami oleh wanita dengan kondisi ini? Berikut gejala yang terjadi pada pengidap mastitis, yaitu:

1. Nyeri

Biasanya, pengidap mastitis akan mengalami rasa nyeri pada payudara yang mengalami peradangan. Nyeri akan semakin memburuk ketika ibu mulai menyusui atau tidak sengaja menyentuh payudara.

Namun, saat mastitis sebaiknya jangan hentikan proses menyusui. Tetaplah menyusui karena ini dapat meredakan peradangan yang terjadi pada jaringan payudara.

2. Payudara membengkak

Pembengkakan payudara juga terjadi pada bagian payudara yang mengalami peradangan. Mastitis bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudara. Biasanya, payudara yang mengalami pembengkakan juga akan mengalami kemerahan dan terasa hangat ketika disentuh. 

3. Muncul benjolan

Peradangan terjadi akibat penyumbatan pada saluran susu. Nah, penyumbatan ini bisa berupa benjolan jika kamu menyentuh payudara secara lembut. Benjolan pada payudara ini akan membesar dan nyeri bila dibiarkan tanpa penanganan. 

4. Rasa tidak nyaman pada tubuh

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Bahkan, tidak jarang mastitis dapat menyebabkan demam pada pengidapnya. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit agar gejala akibat mastitis dapat membaik.

Itulah beberapa gejala mastitis yang kerap diabaikan oleh ibu menyusui. Selalu lakukan proses menyusui secara rutin dan konsisten untuk mencegah mastitis pada ibu menyusui. 

Pastikan proses pelekatan bayi saat menyusu pada payudara tepat, sehingga bayi mampu mengonsumsi ASI dengan baik. Setelah proses menyusui selesai, ibu bisa melanjutkan proses pengosongan payudara dengan melakukan pumping jika dirasa payudara belum benar-benar kosong. 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan kedua payudara secara bergantian saat menyusui. Pastikan untuk tidak merokok selama kehamilan dan proses menyusui berlangsung. Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko mastitis.

Apakah Mastitis Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?

Tetap menyusui, mengompres hangat, dan mengonsumsi obat antibakteri bisa menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mastitis. Kondisi ini dapat membaik dalam waktu beberapa hari.

Mastitis juga tidak akan meningkatkan risiko kanker payudara. Meskipun keduanya memiliki gejala yang hampir serupa, tetapi keduanya sangat berbeda. Selain mengalami nyeri, kanker payudara juga disertai gejala lain, seperti perubahan kulit pada payudara hingga puting yang masuk ke dalam. 

Sebaiknya jangan ragu untuk mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan medis yang diperlukan dan konsultasi tanya dokter menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Mastitis.

NHS. Diakses pada 2023. Mastitis.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Mastitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan