• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia dan Manfaatnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia dan Manfaatnya

4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2021
4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia dan Manfaatnya4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia dan Manfaatnya

“Kurma adalah salah satu buah yang populer di Indonesia dan banyak dicari saat bulan Ramadan. Di balik rasanya yang manis, berbagai jenis kurma ternyata punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya.”

Halodoc, Jakarta – Meski tumbuh subur di dataran Timur Tengah, kurma menjadi salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini banyak dicari pada bulan Ramadan sebagai camilan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kurma disukai oleh sebagian besar orang. 

Tak hanya lezat, kurma ternyata mengandung beragam nutrisi penting yang memberikan manfaat kesehatan. Dari sekian banyak jenis kurma, ada beberapa jenis yang paling populer di Indonesia. Nah, berikut jenis-jenis kurma yang populer di Indonesia serta manfaat kesehatan yang diberikannya. 

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Kurma untuk Kecantikan

Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

Ada banyak varietas kurma yang tumbuh subur di dataran Timur Tengah. Di Arab Saudi sendiri, diperkirakan ada 400 jenis kurma yang tumbuh subur di sana. Nah, dari sekian banyak jenisnya, berikut beberapa di antaranya yang paling populer untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia:

1. Ajwa

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar kurma yang satu ini. Pasalnya, kurma ajwa sangat mudah kamu temui di swalayan, pasar maupun toko oleh-oleh yang ada di Indonesia. Banyak orang menyebut kurma ajwa adalah varian kurma terbaik karena konon ini adalah kurma pertama yang dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Medjool

Selain ajwa, kurma medjool menempati urutan kedua kurma yang paling populer di Indonesia. Kurma medjool sering dianggap sebagai “ratu kurma” karena ukurannya yang besar. Bukan cuma di Indonesia, ternyata kurma medjool juga sangat populer di Timur Tengah. 

3. Sukkari

Kata “sukkari” sendiri berarti “gula”, sehingga kamu pasti paham mengapa kurma ini dinamai demikian. Kurma sukkari punya rasa yang sangat manis sehingga sering dijadikan topping makanan. 

4. Safawi

Kalau dibanding dengan jenis kurma lainnya, kurma safawi punya warna yang cenderung hitam pekat. Namun, bentuknya sama seperti kurma lainnya yaitu lonjong dan berukuran sedang. 

Baca juga: Sehat untuk Ibu Bermanfaat Bagi Anak, Ini Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui

Berbagai Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang manis, kurma juga menyimpan banyak nutrisi yang mampu memberikan manfaat kesehatan. Nah, berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi kurma:

1. Tinggi Serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar pencernaan berjalan dengan baik. Ternyata, kurma adalah salah satu buah dengan kandungan serat terbaik lo! Kandungan serat yang ada pada kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Saat kamu mengonsumsi kurma, serat di dalamnya bekerja dengan memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan punya peran besar dalam melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam kurma adalah flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan dinilai mampu mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan kanker. Sementara itu karotenoid dan asam fenolik mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit mata. 

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Konsumsi kurma dapat membantu untuk menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak, yang pada gilirannya mampu mencegah penyakit Alzheimer. Ketika plak menumpuk di otak, kondisi ini dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak.

Baca juga: Kurma Muda atau Kurma Biasa, Mana yang Paling Sehat?

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah yang satu ini mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Semua mineral tersebut telah dipelajari potensinya untuk mencegah kondisi yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis. 

Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu mungkin juga perlu mengonsumsi suplemen kalsium. Segera cek kebutuhan suplemen di Halodoc. Jangan tunda untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang di kemudian hari. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Proven Health Benefits of Dates.
Health. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Dates, According to a Nutritionist.