• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi Orang Dewasa

4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Kerusakan gigi pada orang dewasa ada banyak jenisnya. Tidak hanya itu, penyebabnya pun beragam, salah satunya kebiasaan sehari-hari. Nyatanya, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi orang dewasa. Jika dilakukan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin kebiasaan-kebiasaan tersebut memicu gangguan yang parah pada gigi, gusi, dan mulut. Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan gigi orang dewasa? 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan adalah hal yang penting dilakukan. Bukan tanpa alasan, gigi yang sehat bisa membantu melancarkan proses pengunyahan dan pengolahan makanan sebelum masuk ke saluran pencernaan. Tidak hanya itu, gigi yang sehat dan terjaga kebersihannya juga bisa menunjang penampilan. Hal ini bisa membuat seseorang tersenyum bebas tanpa terbebani. 

Baca juga: Adakah Efek Virus Corona pada Kesehatan Gigi dan Mulut?

Kebiasaan yang Merusak Gigi 

Sayangnya, kerusakan gigi pada orang dewasa sering terjadi karena hal yang tidak diduga, misalnya kebiasaan sehari-hari. Ada sejumlah kebiasaan yang bisa merusak gigi, di antaranya: 

1.Menggertakkan Gigi

Beberapa orang mungkin tanpa sadar sering menggertakkan gigi, biasanya saat tidur atau kedinginan. Hal ini juga sering dilakukan saat seseorang sedang merasa cemas, tertekan, atau stres. Tahukah kamu, ternyata hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan gigi pada orang dewasa. Kebiasaan ini bisa membuat gigi mengalami abrasi dan menjadi lebih sensitif. Menggertakkan gigi juga bisa memicu masalah pada rahang. 

2.Menggigit Sembarangan Benda

Saat sedang memikirkan sesuatu, kamu mungkin tanpa sadar menggigit benda seperti pulpen atau benda lainnya. Nah, kebiasaan ini juga sebaiknya ditinggalkan karena bisa merusak gigi. Risiko kerusakan juga meningkat karena kebiasaan menggunakan gigi tidak sesuai dengan fungsinya, seperti membuka tutup botol atau memecahkan benda tertentu. Kebiasaan ini bisa menyebabkan gigi retak bahkan patah.

Baca juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

3.Konsumsi Makanan Manis

Konsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa memicu kerusakan gigi pada orang dewasa. Selain makanan manis, disarankan juga untuk menghindari berlebihan dalam mengonsumsi makanan asam. Kebiasaan mengunyah makanan secara terus menerus disebut bisa memicu tumpukan plak yang pada akhirnya bisa menggerogoti gigi dan memicu kerusakan, misalnya gigi busuk atau berlubang. 

4.Merokok 

Orang dewasa yang aktif merokok lebih berisiko mengalami kerusakan gigi. Bukan tanpa alasan, kandungan yang ada di dalam rokok bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Merokok sudah diketahui bisa membuat gigi kuning hingga memicu bau mulut menjadi tidak sedap. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang, kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko penyakit serius. 

Selain menghentikan kebiasaan yang bisa merusak gigi dan kesehatan mulut, disarankan juga untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi. Untuk menurunkan risiko gigi rusak, biasakan untuk pergi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Hal ini juga bisa membantu mendeteksi kemungkinan gangguan atau masalah gigi sehingga bisa dengan cepat ditangani. 

Baca juga: Ini Jenis Perawatan Gigi Anak yang Wajib Dilakukan

Kamu juga bisa membicarakan seputar masalah kesehatan gigi dan mulut pada ahlinya di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter gigi melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan masalah yang dialami dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
WebMD. Diakses pada 2020. Slideshow: 15 Tooth Problems.
Healthline. Diakses pada 2020. Tooth Cavities.
Very Well Health. Diakses pada 2020. The Most Common Dental Problems.