• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Lauk Bergizi untuk Pendamping Makan Capcay
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Lauk Bergizi untuk Pendamping Makan Capcay

4 Lauk Bergizi untuk Pendamping Makan Capcay

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Oktober 2021
4 Lauk Bergizi untuk Pendamping Makan Capcay4 Lauk Bergizi untuk Pendamping Makan Capcay

“Capcay dimasak dengan beberapa jenis sayuran, termasuk kol putih, brokoli, kapri, sawi, jamur, dan wortel. Selebihnya, kamu bisa menambahkan jagung muda, daun bawang, daging ayam, udang, cumi, dan sebagainya tergantung selera. Untuk mengonsumsinya, kamu membutuhkan lauk pendamping capcay.  Lantas, lauk apa yang cocok sebagai pendamping capcay?”

Halodoc, Jakarta – Di Indonesia, capcay menjadi menu sayur yang sangat familiar. Dari daerah aslinya Tiongkok, capcay berarti aneka ragam sayur. Banyaknya sayuran dalam capcay membuat sayur ini menjadi menu super sehat. Cara membuatnya sendiri tidak seribet yang dipikirkan. Kamu justru bebas memasukkan sayur apa saja yang disukai sebagai isian.

Menyantap capcay rasanya kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan lauk pendamping. Berikut ini beberapa jenis lauk bergizi yang bisa dikonsumsi sebagai pendamping capcay:

Baca juga: 5 Cara Mengolah Kacang Panjang agar Disukai Anak

1. Tahu Goreng Crispy

Tahu memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya, yaitu mengontrol gula darah, meningkatkan kekuatan tulang, memelihara fungsi dan kesehatan otak, menurunkan kadar kolesterol, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk membuat tahu goreng crispy, kamu membutuhkan 10 buah tahu putih, 250 mililiter air, 3 sendok makan tepung terigu, 1 sendok makan tepung tapioka, setengah sendok teh bawang putih bubuk, garam, kaldu bubuk, merica, dan 1 sendok teh baking powder. 

Pertama, kamu dapat mencampur seluruh bahan, kecuali tahu. Aduk rata, kemudian saring. Masukkan tahu, diamkan selama 5 menit agar bumbu meresap. Kemudian, goreng tahu di dalam minyak sedang. Goreng hingga tampak kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan. Tahu goreng crispy siap disantap.

2. Tempe Goreng

Tempe memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya, yaitu memperbaiki sel tubuh yang rusak, menurunkan risiko osteoporosis, mencegah anemia, menangkal radikal bebas, serta membantu menurunkan berat badan.

Untuk membuat tempe goreng, kamu membutuhkan 2 siung bawang putih geprek, 1 sendok teh garam, dan 2 tetes cuka. Kemudian, buat air rendaman tempe dengan mencampur bawang putih geprek, garam, cuka, dan air. Potong-potong tempa dan rendam beberapa saat dalam air tersebut. Kemudian, goreng tempe dalam minyak sedang hingga kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan. Tempe goreng siap disantap.

3. Ayam Bumbu Mentega

Ayam juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Contohnya membantu kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan hormon testosteron, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat ayam bumbu mentega, kamu membutuhkan 1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong beberapa bagian. Kemudian, siapkan 1 buah bawang bombay potong, 3 siung bawang putih cincang, 1 tangkai daun bawang potong, 1 buah jeruk nipis, mentega, gula, garam, merica, 5 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap inggris, 1 sendok makan saus tomat, 1 sendok teh saus tiram, dan air.

Kemudian, panaskan minyak goreng dan mentega. Goreng ayam hingga matang, lalu tiriskan. Panaskan 3 sendok makan mentega. Kemudian, tumis bawang putih cincang dan bawang bombay potong hingga harum. Lalu, masukkan kecap manis, kecap inggris, saus tomat, saus tiram, merica, dan garam hingga raya. 

Masukan ayam dan aduk rata dengan bumbu. Kemudian, tuang air secukupnya. Tunggu air mendidih. 

Baca juga: Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

4. Udang Goreng Tepung

Udang memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya, yaitu membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, mencegah efek penuaan dini, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah risiko osteoporosis.

Untuk membuat udang goreng tepung, kamu perlu menyiapkan 1 kilogram udang besar, lalu bersihkan. Kemudian, siapkan air jeruk nipis. Haluskan 1 buah jahe seruas ibu jari, 1 buah kunyit seruas ibu jari, 5 siung bawang putih, dan garam secukupnya.

Untuk adonan tepung, kamu perlu menyiapkan 400 gram tepung terigu, 200 gram tepung sagu, 1 sendok makan bawang putih bubuk, 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok teh ketumbar bubuk, setengah sendok teh merica bubuk, 2 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya), dan garam secukupnya.

Selanjutnya, lumuri udang yang sudah dikupas dengan air jeruk nipis dan bumbu halus. Diamkan 20 menit hingga bumbu meresap, lalu sisihkan. Untuk adonan tepung, campur semuanya, kemudian ayak. Tambahkan kuning telur, campur sedikit air, dan aduk rata. 

Balut udang dengan adonan tepung. Kemudian, lumuri udang ke dalam kocokan putih telur yang sudah diberi sejumput garam. Udang siap digoreng dalam minyak sedang hingga kecoklatan. Angkat. lalu tiriskan. Udang goreng tepung siap disantap.

Baca juga: 6  Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat dan rekomendasi lauk pendamping saat menikmati capcay yang bisa dicoba. Jika kamu adalah pengidap alergi bahan makanan tertentu yang ingin mencoba sejumlah menu tersebut, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Download di sini jika belum memiliki aplikasinya, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
IDN Times. Diakses pada 2021. 10 Lauk Pendamping Capcay Paling Nikmat, Bikin Kalap saat Makan.
Cookpad. Diakses pada 2021. Resep Teman Capcay.
CDC. Diakses pada 2021. Benefits of Healthy Eating.