4 Manfaat Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2022

“Ada beberapa manfaat mahkota dewa, salah satunya adalah berpotensi sebagai obat diabetes. Sementara itu, buah ini dapat diolah melalui beberapa cara, seperti dijadikan teh.”

4 Manfaat Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya4 Manfaat Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Halodoc, Jakarta – Mahkota dewa atau simalakama merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Indonesia. Buah yang berasal dari tanaman herbal dengan nama latin Phaleria macrocarpa ini, memiliki bentuk bulat berwarna merah merona (pada kondisi mentah). Namun, ketika masih mentah, buah mahkota dewa akan berwarna hijau. Nah, buah ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

Sebab, buah mahkota dewa diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi penting, seperti flavonoid. Kendati demikian, buah ini tidak dapat dikonsumsi secara langsung, karena perlu diolah terlebih dahulu. Lantas, kira-kira apa saja manfaat buah mahkota dewa dan cara mengolahnya? Simak infonya di sini!

Manfaat Buah Mahkota Dewa 

Ekstrak P. macrocarpa telah digunakan sejak bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional yang dievaluasi secara ilmiah juga. Ekstrak buah ini dilaporkan memiliki sejumlah sifat obat yang berharga. Misalnya seperti antikanker, antidiabetes, anti-hiperlipidemia, antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antioksidan dan efek vasorelaxant. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah mahkota dewa yang jarang diketahui: 

1. Berpotensi sebagai obat diabetes

Perlu diingat bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Nah, salah satu manfaat buah mahkota adalah diyakini berpotensi sebagai obat diabetes. Sebab, kandungan saponin pada buah mahkota dewa diklaim dapat berfungsi selayaknya insulin. Insulin sendiri berfungsi untuk mengatur kadar gula darah pada tubuh. 

2. Obat asam urat

Manfaat dari mengonsumsi buah mahkota dewa selanjutnya adalah diduga kuat dapat mengobati penyakit asam urat. Sebab, mahkota dewa memiliki kandungan polifenol, yang dapat membantu menghambat produksi asam urat secara efektif pada tubuh. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengingat masih berlangsungnya pandemi COVID-19, menjaga daya tahan tubuh tentunya perlu senantiasa dilakukan. Nah, perlu diketahui bahwa buah mahkota dewa juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berdasarkan kandungan saponin dalam buah tersebut. 

4. Bermanfaat untuk berbagai masalah medis lainnya

Selain berpotensi sebagai obat diabetes, obat asam urat, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, buah mahkota dewa juga bermanfaat untuk berbagai masalah medis lainnya. Berikut adalah masalah medis tersebut: 

  • Mengobati flu dan batuk. 
  • Meredakan sakit kepala. 
  • Mampu menurunkan kolesterol. 
  • Membantu proses detoksifikasi (pembuangan racun) pada tubuh. 
  • Mengatasi gejala alergi. 
  • Membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti eksim, jerawat, bisul, hingga gatal-gatal. 

Bagaimana Cara Mengolahnya?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah mahkota dewa tidak dapat dikonsumsi sembarangan, dan perlu diolah terlebih dahulu. Salah satu cara untuk mengolah buah ini adalah dijadikan sebagai teh. Untuk membuatnya, kamu bisa mengiris buahnya menjadi potongan yang kecil dan tipis. 

Selanjutnya, buanglah biji buah tersebut, karena bijinya mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh. Setelahnya, keringkan irisan buah tersebut, lalu rebus irisan buahnya selama lima hingga 10 menit. Jika sudah, konsumsi teh tersebut selagi masih hangat. 

Itulah beberapa manfaat dari mahkota dewa dan bagaimana cara mengolahnya. Untuk manfaatnya sendiri, salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari buah ini adalah berpotensi menjadi obat diabetes. Jika kamu ingin mencoba mahkota dewa, pastikan untuk mengolahnya dengan benar seperti dijadikan teh, dan pastikan untuk tidak mengonsumsi bijinya. 

Mahkota dewa memang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, kamu juga perlu memenuhi nutrisi penting lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang atau mengonsumsi suplemen. 

Nah, jika saat ini kamu membutuhkan suplemen, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Merdeka. Diakses pada 2022. 20 Manfaat Mahkota Dewa Bagi Tubuh, Begini Cara Mengolahnya. 
NIH. Diakses pada 2022. Phytochemistry and medicinal properties of Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl. extracts. 
Hindawi Journals. Diakses pada 2022. Antioxidants, Phytochemicals, and Cytotoxicity Studies on Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl Seeds. 
Dinas Kesehatan D.I. Yogyakarta. Diakses pada 2022. Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan