• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang pada Anak

4 Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang adalah hal yang tidak nyaman baik bagi orang dewasa atau anak-anak. Ya, anak-anak bisa mengalami sakit pinggang, meskipun penyakit ini dikaitkan dengan masalah usia paruh baya. Beberapa alasan sakit pinggang mungkin umum terjadi pada anak-anak, termasuk bobot badan yang lebih tinggi dan tingkat obesitas yang lebih tinggi. 

Perlu orangtua ketahui, intensitas olahraga sepanjang tahun dan meningkatnya berat tas punggung yang dikenakan anak ke sekolah juga faktor penyebab sakit pinggang. Orangtua perlu memperhatikan gejala pada anak sehingga tahu masalah sakit pinggang dapat diatasi. 

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Menstruasi

Penyebab Anak Mengalami Sakit Pinggang

Berikut ini penyebab yang memungkinkan anak mengalami sakit pinggang, yaitu:

  • Membawa Tas Punggung Sekolah yang Terlalu Berat

Tas sekolah anak yang terlalu berat menjadi beban berlebih pada tulang belakang anak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit punggung yang umum terjadi pada anak. 

  • Postur Tubuh yang Salah

Meskipun terlihat sepele, tapi postur tubuh, terutama saat duduk dapat mempengaruhi struktur tulang belakang dan menyebabkan sakit pinggang. Di samping itu, postur duduk yang salah dapat memengaruhi tulang belakang dalam menopang bobot tubuh. Jika Si Kecil duduk terlalu lama dalam posisi yang salah, misalnya membungkuk dan miring, maka keluhan sakit pinggang dapat terjadi. 

  • Cedera saat Olahraga

Ini juga hal yang harus orangtua perhatikan. Olahraga penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, tapi jika dilakukan secara berlebihan dan teknik yang salah justru dapat membuat anak mengalami cedera dan mengeluhkan sakit pinggang. Olahraga meningkatkan risiko sakit pinggang yaitu sepak bola, berkuda, senam, dan angkat beban. 

Baca juga: Langkah Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

  • Indikasi Penyakit Serius

Hal yang perlu orangtua waspadai yaitu ketika sakit pinggang anak merupakan gejala dari penyakit serius. Penyakit yang perlu diwaspadai termasuk tumor dan infeksi tulang belakang. Hanya saja untuk memastikan hal ini ibu harus bertanya pada dokter terlebih dulu. 

Selain itu, sakit pinggang pada anak juga dapat disebabkan oleh obesitas dan kebiasaan duduk saat belajar atau menonton terlalu lama. Umumnya sakit pinggang pada anak bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. 

Sakit pinggang pada anak-anak dan remaja sebenarnya bukanlah hal yang aneh, bahkan cenderung lebih umum dari waktu ke waktu. Hal ini karena perubahan aktivitas anak pada zamannya, dan sebagian lagi karena perubahan kondisi anak. 

Jika Si Kecil mengeluhkan sakit pinggang, terutama jika berhubungan dengan gejala-gejala tertentu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Bila perlu temui dokter di tempat praktik untuk menjalankan pemeriksaan langsung. 

Setelah mengetahui penyebabnya, segera mulai pengobatan yang tepat dan pastikan gejala sakit punggung yang dikeluhkan anak segera membaik. Pastikan juga masalah penyakit pinggang tidak berlanjut. Jika gejalanya semakin mengkhawatirkan atau tidak biasa, mungkin diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab nyeri yang tidak biasa. 

Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui

Kabar baiknya, sebagian besar anak-anak dengan keluhan nyeri pinggang dapat disembuhkan dan tidak kambuh. Meskipun sakit pinggang mengganggu kegiatan anak, namun dengan program perawatan yang tepat, anak bisa kembali beraktivitas penuh tanpa masalah ketidaknyamanan pinggang yang berkelanjutan. 

Meskipun diketahui olahraga menjadi penyebab sakit pinggang pada anak, namun tetap dorong anak untuk terus berolahraga dengan intensitas yang sesuai dengan kemampuannya dan teknik yang tepat. Hal ini supaya anak tidak mengalami cedera atau sakit pinggang yang berulang. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Back Pain in Children & Teens
Very Well Health. Diakses pada 2020. 6 Causes of Back Pain in Children and When You Should Be Worried