4 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Januari 2023

"Tubuh tidak bisa memproduksi asam folat sehingga kamu perlu memperolehnya melalui makanan. Ada beberapa contoh buah yang mengandung asam folat, yaitu jeruk, pepaya dan pisang."

4 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat4 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat

Halodoc, Jakarta – Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air. Hasil sintesis dari vitamin B ini punya segudang manfaat kesehatan. Sayangnya, tubuh tidak bisa menghasilkan folat secara alami sehingga kamu perlu mendapatkannya dari makanan. 

Beberapa makanan yang mengandung asam folat, contohnya sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli. Vitamin ini juga terdapat pada telur dan jeroan seperti hati sapi. Beberapa nutrisi bahkan membutuhkan produk biji-bijian tertentu untuk melakukan fortifikasi asam folat. Proses ini biasanya ditambahkan pada sereal, pasta, roti bahkan nasi. 

Selain dari sumber tersebut, asam folat alami bisa diperoleh dari sumber buah-buahan.  Berikut buah yang mengandung asam folat!

Jenis Buah yang Mengandung Asam Folat

Berikut jenis buah yang tinggi kandungan asam folatnya:

1. Jeruk

Dibalik rasanya yang masam, jeruk mengandung folat yang cukup tinggi. Satu buah jeruk besar saja sudah mengandung 55 mikrogram folat.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Sejumlah penelitian membuktikan kalau rutin mengonsumsi jeruk bisa menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Nah, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin ini dari jeruk lemon, jeruk limau, jeruk keprok dan jeruk bali. 

2. Pepaya

Kalau buah yang satu ini dikenal ampuh untuk memperlancar BAB. Ternyata, satu cangkir atau sekitar 140 gram pepaya bisa mengandung 53 mikrogram folat. 

Angka ini sudah memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan folat harian kamu. Bukan cuma folat saja, pepaya juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan. Semuanya bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Pisang

Pisang terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan energi secara signifikan. Nah, buah ini ternyata juga tinggi kandungan folatnya. Bahkan, pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan folat harian kamu.

Pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram folat, atau enam persen dari kebutuhan harian kamu. Buah ini juga mengandung nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan.

4. Alpukat

Teksturnya yang lembut dan rasanya seperti mentega membuat alpukat sering disandingkan dengan makanan lain. Dari semua buah yang mengandung folat, alpukat mengandung folat yang paling tinggi.

Setengah buahnya saja mengandung 82 mikrogram folat. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat juga bisa mencegah perkembangan penyakit jantung.

Ibu juga bisa mencukupi asupan asam folat selama proses kehamilan berlangsung dengan beberapa rekomendasi produk dalam artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil.

Sederet Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil di awal-awal trimester. Sebab, asam folat berperan besar dalam pembentukan tabung saraf bayi. Jika asupannya kurang, calon bayi berisiko tinggi mengalami spina bifida atau kelainan sumsum tulang belakang.

Selain untuk perkembangan tabung saraf, berikut manfaat asam folat lainnya:

  • Membantu tubuh untuk membuat dan memperbaiki DNA.
  • Menunjang proses sel tumbuh, membelah, dan bekerja dengan baik.
  • Menghasilkan protein tertentu
  • Membantu pematangan sel darah merah

Bahaya Kekurangan Asam Folat

Kekurangan folat dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti:

  • Anemia atau kekurangan sel darah merah
  • Peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu
  • Masalah  perkembangan pada janin 

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. 

segera periksakan diri ke psikolog Kalau kamu membutuhkan penanganan medis lanjutan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, gratis di Play Store dan App Store.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Folic Acid: Everything You Need to Know.
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid).
National Library of Medicine. Diakses pada 2023. Promising Tropical Fruits High in Folates.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan